Tujuan Dan Target Pembangunan Nasional

1. Pengertian Pembangunan

Pembangunan sanggup diartikan sebagai proses yang dijalankan oleh insan guna meningkatkan taraf kehidupannya, baik kebutuhan lahir maupun batin. Pembangunan sanggup diartikan sebagai suatu aktivitas guna terwujudnya suatu kemakmuran dan kesejahteraan bersama yang akhirnya kelak sanggup dirasakan oleh seluruh rakyat sebagai peningkatan taraf hidup lahir dan batin secara adil dan merata.

Kegiatan pembangunan di Indonesia, dilaksanakan dengan mendasarkan pada asas Trilogi Pembangunan yang mencakup beberapa aspek:
  1. Pemerataan pembangunan serta hasil-hasilnya guna menuju pada terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat.
  2. Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.
  3. Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.

Pembangunan di Indonesia dilakukan pada tiruana aspek kehidupan (politik, ekonomi, sosial budaya) dengan segala komponennya. Hal ini dimaksudkan semoga tiruananya berjalan seiring dan sejalan baik secara kuantitas maupun kualitasnya.

2. Tujuan Pembangunan Nasional

Pembangunan nasional di Indonesia ialah suatu upaya untuk meningkatkan kualitas insan (rakyat) Indonesia secara berkesinambungan yang didasari kepada kekuatan bangsa dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sesuai dengan dinamika internasional yang berkembang.

Pembangunan nasional di Indonesia ditujukan untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata secara material dan spriritual menurut Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pembangunan hendaknya dilandaskan pada suatu perencanaan yang menyeluruh, artinya pembangunan hendaknya dilaksanakan dengan sengaja dan ditentukan secara terang tujuan, arah, pelaksanaan dan samasukannya.

3. Samasukan Pembangunan Nasional

Pada setiap aktivitas pembangunan seharusnya memiliki samasukan yang sempurna sehingga sanggup berkhasiat secara efektif dan efisien. Samasukan pembangunan nasional yang dilaksanakan di Indonesia ialah membentuk insan Indonesia seutuhnya. Adapun yang dimaksudkan dengan insan seutuhnya adalah:
  1. berkecukupan, memiliki makna yaitu sanggup tercukupinya kebutuhan hidupnya (baik primer ataupun sekunder) secara layak dan manusiawi,
  2. kepuasan, mencakup adanya kegampangan, kontinu (berkesinambungan) dan stabil (tetap) baik dalam hal persediaan dan pelayanan kebutuhan hidupnya,
  3. ketentraman, yaitu tumbuh dan hadirnya rasa kondusif serta jaminan aturan guna kehidupan yang sesuai dengan tatanan yang ada, dan
  4. stimulasi, ialah dalam bentuk peluang yang memungkinkan setiap masyarakat sanggup mencapai hasil karya yang optimal sesuai dengan talenta dan kemampuannya.


Untuk bahan Geografi lainnya silahkan klik Gambar diberikut!

 Pembangunan sanggup diartikan sebagai proses yang dijalankan oleh insan guna meningkatkan Tujuan dan Samasukan Pembangunan Nasional

Demikianlah bahan tantang Tujuan dan Samasukan Pembangunan Nasional ini saya sampaikan, semoga bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Tujuan Dan Target Pembangunan Nasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel