Pengertian Atau Definisi Pantai Dan Pesisir

1. Pantai

Pantai ialah kepingan dari permukaan bumi yang terdekat dengan perairan maritim dan dipengaruhi oleh kondisi cuaca dari laut. Pantai memiliki dua bentuk utama, yaitu pantai curam dan pantai landai. Pantai curam terdapat di tempat pepegununganan yang berbatasan eksklusif dengan laut, baik yang sejajar, maupun yang memotong garis pantai.

Bentuk permukaan pantai tidak selalu tetap, tetapi senantiasa mengalami perubahan, yang disebabkan oleh hal-hal sebagai diberikut.
  1. Gelombang, arus, dan pasang surut ialah tenaga pengikis, pengangkut, dan pengendapan material di pantai.
  2. Perubahan ketinggian relatif permukaan laut, lantaran pembekuan atau pencairan es, dan penaikan atau penurunan kepingan litosfer.
  3. Pengaruh acara insan menyerupai pembuatan pelabuhan, pengeenteng rawa-rawa, dan pengerukan muara sungai.

2. Pesisir

Pesisir yaitu kepingan dari pantai yang tergenang pada waktu air maritim pasang, dan kering pada waktu air maritim surut. Daerah ini pada waktu kering sanggup dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, dan tambak (udang dan garam) oleh masyarakat sekitar.


Pesisir ialah tempat yang mencakup pantai dan perluasannya ke arah darat hingga batas efek maritim tidak ada. Dilihat dari zonasinya, pesisir ini termasuk zona litoral lantaran kadang tempat pesisir tergenang air dikala pasang dan kering dikala surut. Pesisir dibagi menjadi tiga yaitu pesisir daratan, dataran aluvial, dan pulau penghalang. Pesisir daratan yaitu pesisir yang mengalami proses pengangkatan yang tiruanla berada di bawah maritim menuju bekas paparan benua. Pesisir dataran aluvial yaitu pesisir yang terbentuk oleh pengendapan material aluvium yang berasal dari daratan. Pesisir pulau penghalang yaitu pesisir dengan perairan dangkal lepas pantai yang luas dan terpisah dari lautan oleh pulau penghalang.

Untuk materi Geografi lainnya silahkan klik Gambar diberikut!

 Pantai ialah kepingan dari permukaan bumi yang terdekat dengan perairan maritim dan dipengaruh Pengertian atau Definisi Pantai dan Pesisir

Demikianlah materi tantang Pantai dan Pesisir ini saya sampaikan, supaya bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Atau Definisi Pantai Dan Pesisir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel