Soal Pendalaman Bahan Pilihan Ganda Kelas Xii Pecahan 4. Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]
1. Suatu unit atau kesatuan sosial yang terorganisasikan dalam kelompok-kelompok dengan kepentingan bersama disebut...
a. Komuniti
b. Komunitas
c. Organisasi
d. Kelompok sosial
e. Gemeinschaft
2. Pernyataan yang benar mengenai pengertian komunitas berikut ini adalah...
a. Sekelompok orang yang hidup bersama pada lokasi yang sama sehingga mereka telah berkembang menjadi sebuah “kelompok hidup” (group lives) yang diikat oleh kesamaan kepentingan (common interest)
b. Adanya interaksi yang intensif di antara anggotanya, dibandingkan dengan orang-orang di luar batas wilayah
c. Proses, cara, perbuatan membuat berdaya, yaitu kemampuan untuk melaksanakan sesuatu atau kemampuan bertindak yang berupa akal, ikhtiar atau upaya
d. Hubungan sosial terkait dengan kesamaan tujuan yaitu pemenuhan kebutuhan utama individu dan anggota pembentuk kelompok masyarakat
e. Kesatuan terkecil dari masyarakat
3. Upaya untuk memulihkan atau meningkatkan kemampuan suatu komunitas untuk bisa berbuat sesuai dengan harkat dan martabat mereka dalam melaksanakan hak-hak dan tanggungjawabnya selaku anggota masyarakat dikenal dengan istilah...
a. Pemberdayaan kelompok
b. Pemberdayaan komunitas
c. Pemberdayaan organisasi
d. Pemberdayaan desa
e. Pemberdayaan keluarga
4. Berikut ini pernyataan yang tidak benar perihal pengertian pemberdayaan komunitas adalah...
a. Upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat yang dalam kondisi kini tidak bisa untuk melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan
b. Upaya memampukan dan memandirikan masyarakat
c. Sekelompok orang yang hidup bersama pada lokasi yang sama
d. Upaya untuk menciptakan/meningkatkan kapasitas atau kemampuan masyarakat
e. Upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat golongan masyarakat yang sedang dalam kondisi miskin, sehingga mereka sanggup melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan
5. Yang tidak termasuk prinsip dasar dari konsep pemberdayaan komunitas adalah...
a. Pemberdayaan komunitas selalu melibatkan partisipasi masyarakat baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan yang dilakukan
b. Dalam melaksanakan jadwal pemberdayaan komunitas, kegiatan training merupakan unsur yang tidak bisa dipisahkan dari usaha pembangunan fisik
c. Usaha pemberdayaan harus sanggup memaksimalkan sumber daya, khususnya dalam hal pembiayaan baik yang berasal dari pemerintah, swasta maupun sumber-sumber lainnya
d. Kegiatan pemberdayaan masyarakat harus sanggup berfungsi sebagai penghubung antara kepentingan pemerintah yang bersifat makro dengan kepentingan masyarakat yang bersifat mikro
e. Pemberdayaan komunitas tidak memerlukan break-even dalam setiap kegiatan yang dikelolanya
6. Ruang lingkup pemberdayaan komunitas meliputi banyak sekali jadwal pemberdayaan berikut ini, kecuali...
a. Pemberdayaan lingkungan
b. Pemberdayaan humaniora
c. Pemberdayaan ekonomi
d. Pemberdayaan sosial budaya
e. Pemberdayaan politik
7. Faktor-faktor yang membuat masyarakat itu tidak berdaya adalah...
a. Powerless dan ketimpangan
b. Ideologi dan keyakinan
c. Kesukuan dan kepercayaan
d. Adanya keanekaragaman suku dan budaya
e. Klasifikasi dan diferensiasi sosial
8. Berikut ini yaitu pola ketimpangan struktural dalam kelompok primer di masyarakat, kecuali...
a. Golongan renta dan muda
b. Ketidaksetaraan gender
c. Buruh dan majikan
d. Perbedaan ras dan etnis
e. Golongan kaya dan miskin
9. Salah satu hal yang perlu dilakukan dalam kegiatan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi jadwal pemberdayaan masyarakat biar berjalan efektif adalah...
a. Mengenal masyarakat yang bersangkutan lebih dalam lagi
b. Kecukupan modal dan tenaga
c. Berada dalam satu wilayah
d. Harus sejalan dengan kebijakan pemerintah atau pengusaha
e. Melakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap faktor-faktor yang menjadi akar permasalahan sosial
10. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Pemberdayaan melalui perencanaan dan kebijakan yang dilaksanakan dengan membangun atau mengubah struktur dan forum yang bisa memperlihatkan jalan masuk yang sama terhadap sumber daya, pelayanan dan kesempatan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat
2) Pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan berbagi kapasitas mereka untuk bebas berekspresi dalam bentuk budaya publik
3) Pemberdayaan melalui aksi-aksi sosial dan politik yang dilakukan usaha politik dan gerakan dalam rangka membangun kekuasaan yang efektif
4) Pemberdayaan dilakukan dengan meningkatkan aksesibilitas dan kontrol terhadap acara ekonomi
5) Pemberdayaan melalui pendidikan dan penumbuhan kesadaran yang dilakukan dengan proses pendidikan dalam banyak sekali aspek yang cukup luas
Yang termasuk taktik pemberdayaan komunitas menurut pernyataan di atas adalah...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 2, dan 5
d. 1, 3, dan 4
e. 1, 3, dan 5
11. Strategi pendekatan yang digunakan dalam proses pemberdayaan komunitas atau masyarakat antara lain...
a. Pendekatan kesejahteraan, pembangunan, dan pemberdayaan
b. Pendekatan suku, agama, dan ideologi
c. Rasa senasib dan sepenanggungan
d. Sebangsa dan setanah air
e. Pendekatan etnis, sosial budaya, dan hukum
12. Pandangan hidup dan pengetahuan lokal yang tercipta dari hasil penyesuaian suatu komunitas yang berasal dari pengalaman hidup yang dikomunikasikan dari generasi ke generasi disebut...
a. Pengetahuan lokal
b. Kearifan budaya
c. Kearifan lokal
d. Kearifan tradisi
e. Kearifan sosial
13. Berikut ini merupakan wujud dari kearifan lokal kecuali...
a. Tradisi
b. Budaya
c. Mitos
d. Kepercayaan
e. Gaya hidup
14. Hal-hal yang bukan merupakan faktor penyebab semakin redupnya kearifan lokal adalah...
a. Ego-sentris
b. Kecintaan
c. Globalisasi
d. Kerusuhan
e. Konflik
15. Nilai-nilai sosial yang terkandung dalam kearifan lokal antara lain...
a. Kegotongroyongan, kekerabatan, musyawarah untuk mufakat, dan toleransi
b. Kearifan, kebijaksanaan, dan tenggang rasa
c. Memahami diri dan potensinya dan bisa merencanakan
d. Mampu mengarahkan dirinya sendiri
e. Bertanggung jawab atas tindakannya
16. Kultur masyarakat di Maluku Utara yang terbiasa membantu keluarga yang tidak bisa untuk membangun rumahnya merupakan salah satu pola kearifan lokal yang disebut...
a. Sifon
b. Barifola
c. Ruwatan
d. Tedak siten
e. Balimau
17. Pernyataan yang tidak benar mengenai kearifan lokal berikut ini adalah...
a. Kearifan lokal berasal dari dua suku kata yaitu kearifan (wisdom) dan lokal (local)
b. Kearifan lokal tidak selalu merujuk kepada pengetahuan lokal yang digunakan oleh masyarakat lokal untuk bertahan hidup dalam suatu lingkungannya yang menyatu dalam sistem kepercayaan, norma, budaya, dan diekspresikan di dalam tradisi dan mitos yang dianut dalam jangka waktu yang lama
c. Kearifan lokal merupakan modal sosial yang dipandang sebagai sumbu vital bagi perkembangan pemberdayaan ekonomi masyarakat
d. Kearifan lokal sanggup bermetamorfosis sebagai substansi ucapan maupun sebagai mudah kehidupan
e. Kearifan lokal (local wisdom) sanggup dimaknai sebagai pandangan hidup dan pengetahuan lokal yang tercipta dari hasil penyesuaian suatu komunitas yang berasal dari pengalaman hidup yang dikomunikasikan dari generasi ke generasi
18. Berikut ini merupakan tujuan pemberdayaan komunitas, kecuali...
a. Mewujudkan kehidupan yang sejahtera dan berdikari bagi masyarakat
b. Menciptakan masyarakat yang sadar lingkungan, sadar hukum, sadar akan hak dan kewajiban
c. Upaya penanggulangan kemiskinan
d. Mencegah masuknya budaya asing
e. Meningkatkan perekonomian masyarakat
19. Upaya pemberdayaan masyarakat sanggup dilakukan dengan salah satu cara berikut...
a. Memperkuat potensi atau daya yang dimiliki oleh rakyat dengan menerapkan langkah-langkah yang abstrak
b. Menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi masyarakat untuk berkembang
c. Memberdayakan rakyat tanpa melindungi dan membela kepentingan masyarakat lemah
d. Memusatkan perhatian pada pembangunan untuk meningkatkan ketergantungan pada pemerintah
e. Memberikan modal yang besar pada masyarakat biar bisa berdikari dan maju
20. Pemberdayaan komunitas berbasis nilai-nilai kearifan lokal akan membuat masyarakat yang berdaya, artinya...
a. Masyarakat yang merujuk kepada pengetahuan lokal yang digunakan oleh masyarakat lokal untuk bertahan hidup dalam suatu sistem kepercayaan, norma, budaya, dan diekspresikan di dalam tradisi dan mitos yang dianut dalam jangka waktu yang lama
b. Masyarakat yang sadar lingkungan, sadar hukum, sadar akan hak dan kewajiban
c. Masyarakat yang bisa memahami diri dan potensinya dan bisa merencanakan (mengantisipasi kondisi perubahan ke depan)
d. Masyarakat yang menghormati dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia
e. Masyarakat yang tahu, mengerti, paham, termotivasi, berkesempatan, memanfaatkan peluang, berenergi, bisa bekerja sama, tahu banyak sekali alternatif, bisa mengambil keputusan, berani mengambil risiko, bisa mencari dan menangkap informasi, serta bisa bertindak sesuai dengan situasi
Download Soal di Sini
Soal Esai dan Skala Sikap Klik di Sini
Kunci Jawaban Klik di Sini
Materi Ajar
Materi Kelas XII Bab 4. Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]
a. Komuniti
b. Komunitas
d. Kelompok sosial
Baca Juga
2. Pernyataan yang benar mengenai pengertian komunitas berikut ini adalah...
a. Sekelompok orang yang hidup bersama pada lokasi yang sama sehingga mereka telah berkembang menjadi sebuah “kelompok hidup” (group lives) yang diikat oleh kesamaan kepentingan (common interest)
b. Adanya interaksi yang intensif di antara anggotanya, dibandingkan dengan orang-orang di luar batas wilayah
c. Proses, cara, perbuatan membuat berdaya, yaitu kemampuan untuk melaksanakan sesuatu atau kemampuan bertindak yang berupa akal, ikhtiar atau upaya
e. Kesatuan terkecil dari masyarakat
3. Upaya untuk memulihkan atau meningkatkan kemampuan suatu komunitas untuk bisa berbuat sesuai dengan harkat dan martabat mereka dalam melaksanakan hak-hak dan tanggungjawabnya selaku anggota masyarakat dikenal dengan istilah...
a. Pemberdayaan kelompok
b. Pemberdayaan komunitas
c. Pemberdayaan organisasi
d. Pemberdayaan desa
e. Pemberdayaan keluarga
4. Berikut ini pernyataan yang tidak benar perihal pengertian pemberdayaan komunitas adalah...
a. Upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat yang dalam kondisi kini tidak bisa untuk melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan
b. Upaya memampukan dan memandirikan masyarakat
c. Sekelompok orang yang hidup bersama pada lokasi yang sama
d. Upaya untuk menciptakan/meningkatkan kapasitas atau kemampuan masyarakat
e. Upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat golongan masyarakat yang sedang dalam kondisi miskin, sehingga mereka sanggup melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan
5. Yang tidak termasuk prinsip dasar dari konsep pemberdayaan komunitas adalah...
a. Pemberdayaan komunitas selalu melibatkan partisipasi masyarakat baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan yang dilakukan
b. Dalam melaksanakan jadwal pemberdayaan komunitas, kegiatan training merupakan unsur yang tidak bisa dipisahkan dari usaha pembangunan fisik
c. Usaha pemberdayaan harus sanggup memaksimalkan sumber daya, khususnya dalam hal pembiayaan baik yang berasal dari pemerintah, swasta maupun sumber-sumber lainnya
d. Kegiatan pemberdayaan masyarakat harus sanggup berfungsi sebagai penghubung antara kepentingan pemerintah yang bersifat makro dengan kepentingan masyarakat yang bersifat mikro
e. Pemberdayaan komunitas tidak memerlukan break-even dalam setiap kegiatan yang dikelolanya
6. Ruang lingkup pemberdayaan komunitas meliputi banyak sekali jadwal pemberdayaan berikut ini, kecuali...
a. Pemberdayaan lingkungan
b. Pemberdayaan humaniora
c. Pemberdayaan ekonomi
d. Pemberdayaan sosial budaya
e. Pemberdayaan politik
7. Faktor-faktor yang membuat masyarakat itu tidak berdaya adalah...
a. Powerless dan ketimpangan
b. Ideologi dan keyakinan
c. Kesukuan dan kepercayaan
d. Adanya keanekaragaman suku dan budaya
e. Klasifikasi dan diferensiasi sosial
8. Berikut ini yaitu pola ketimpangan struktural dalam kelompok primer di masyarakat, kecuali...
a. Golongan renta dan muda
b. Ketidaksetaraan gender
c. Buruh dan majikan
d. Perbedaan ras dan etnis
e. Golongan kaya dan miskin
9. Salah satu hal yang perlu dilakukan dalam kegiatan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi jadwal pemberdayaan masyarakat biar berjalan efektif adalah...
a. Mengenal masyarakat yang bersangkutan lebih dalam lagi
b. Kecukupan modal dan tenaga
c. Berada dalam satu wilayah
d. Harus sejalan dengan kebijakan pemerintah atau pengusaha
e. Melakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap faktor-faktor yang menjadi akar permasalahan sosial
10. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Pemberdayaan melalui perencanaan dan kebijakan yang dilaksanakan dengan membangun atau mengubah struktur dan forum yang bisa memperlihatkan jalan masuk yang sama terhadap sumber daya, pelayanan dan kesempatan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat
2) Pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan berbagi kapasitas mereka untuk bebas berekspresi dalam bentuk budaya publik
3) Pemberdayaan melalui aksi-aksi sosial dan politik yang dilakukan usaha politik dan gerakan dalam rangka membangun kekuasaan yang efektif
4) Pemberdayaan dilakukan dengan meningkatkan aksesibilitas dan kontrol terhadap acara ekonomi
5) Pemberdayaan melalui pendidikan dan penumbuhan kesadaran yang dilakukan dengan proses pendidikan dalam banyak sekali aspek yang cukup luas
Yang termasuk taktik pemberdayaan komunitas menurut pernyataan di atas adalah...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 2, dan 5
d. 1, 3, dan 4
e. 1, 3, dan 5
11. Strategi pendekatan yang digunakan dalam proses pemberdayaan komunitas atau masyarakat antara lain...
a. Pendekatan kesejahteraan, pembangunan, dan pemberdayaan
b. Pendekatan suku, agama, dan ideologi
c. Rasa senasib dan sepenanggungan
d. Sebangsa dan setanah air
e. Pendekatan etnis, sosial budaya, dan hukum
12. Pandangan hidup dan pengetahuan lokal yang tercipta dari hasil penyesuaian suatu komunitas yang berasal dari pengalaman hidup yang dikomunikasikan dari generasi ke generasi disebut...
a. Pengetahuan lokal
b. Kearifan budaya
c. Kearifan lokal
d. Kearifan tradisi
e. Kearifan sosial
13. Berikut ini merupakan wujud dari kearifan lokal kecuali...
a. Tradisi
b. Budaya
c. Mitos
d. Kepercayaan
e. Gaya hidup
14. Hal-hal yang bukan merupakan faktor penyebab semakin redupnya kearifan lokal adalah...
a. Ego-sentris
b. Kecintaan
c. Globalisasi
d. Kerusuhan
e. Konflik
15. Nilai-nilai sosial yang terkandung dalam kearifan lokal antara lain...
a. Kegotongroyongan, kekerabatan, musyawarah untuk mufakat, dan toleransi
b. Kearifan, kebijaksanaan, dan tenggang rasa
c. Memahami diri dan potensinya dan bisa merencanakan
d. Mampu mengarahkan dirinya sendiri
e. Bertanggung jawab atas tindakannya
16. Kultur masyarakat di Maluku Utara yang terbiasa membantu keluarga yang tidak bisa untuk membangun rumahnya merupakan salah satu pola kearifan lokal yang disebut...
a. Sifon
b. Barifola
c. Ruwatan
d. Tedak siten
e. Balimau
17. Pernyataan yang tidak benar mengenai kearifan lokal berikut ini adalah...
a. Kearifan lokal berasal dari dua suku kata yaitu kearifan (wisdom) dan lokal (local)
b. Kearifan lokal tidak selalu merujuk kepada pengetahuan lokal yang digunakan oleh masyarakat lokal untuk bertahan hidup dalam suatu lingkungannya yang menyatu dalam sistem kepercayaan, norma, budaya, dan diekspresikan di dalam tradisi dan mitos yang dianut dalam jangka waktu yang lama
c. Kearifan lokal merupakan modal sosial yang dipandang sebagai sumbu vital bagi perkembangan pemberdayaan ekonomi masyarakat
d. Kearifan lokal sanggup bermetamorfosis sebagai substansi ucapan maupun sebagai mudah kehidupan
e. Kearifan lokal (local wisdom) sanggup dimaknai sebagai pandangan hidup dan pengetahuan lokal yang tercipta dari hasil penyesuaian suatu komunitas yang berasal dari pengalaman hidup yang dikomunikasikan dari generasi ke generasi
18. Berikut ini merupakan tujuan pemberdayaan komunitas, kecuali...
a. Mewujudkan kehidupan yang sejahtera dan berdikari bagi masyarakat
b. Menciptakan masyarakat yang sadar lingkungan, sadar hukum, sadar akan hak dan kewajiban
c. Upaya penanggulangan kemiskinan
d. Mencegah masuknya budaya asing
e. Meningkatkan perekonomian masyarakat
19. Upaya pemberdayaan masyarakat sanggup dilakukan dengan salah satu cara berikut...
a. Memperkuat potensi atau daya yang dimiliki oleh rakyat dengan menerapkan langkah-langkah yang abstrak
b. Menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi masyarakat untuk berkembang
c. Memberdayakan rakyat tanpa melindungi dan membela kepentingan masyarakat lemah
d. Memusatkan perhatian pada pembangunan untuk meningkatkan ketergantungan pada pemerintah
e. Memberikan modal yang besar pada masyarakat biar bisa berdikari dan maju
20. Pemberdayaan komunitas berbasis nilai-nilai kearifan lokal akan membuat masyarakat yang berdaya, artinya...
a. Masyarakat yang merujuk kepada pengetahuan lokal yang digunakan oleh masyarakat lokal untuk bertahan hidup dalam suatu sistem kepercayaan, norma, budaya, dan diekspresikan di dalam tradisi dan mitos yang dianut dalam jangka waktu yang lama
b. Masyarakat yang sadar lingkungan, sadar hukum, sadar akan hak dan kewajiban
c. Masyarakat yang bisa memahami diri dan potensinya dan bisa merencanakan (mengantisipasi kondisi perubahan ke depan)
d. Masyarakat yang menghormati dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia
e. Masyarakat yang tahu, mengerti, paham, termotivasi, berkesempatan, memanfaatkan peluang, berenergi, bisa bekerja sama, tahu banyak sekali alternatif, bisa mengambil keputusan, berani mengambil risiko, bisa mencari dan menangkap informasi, serta bisa bertindak sesuai dengan situasi
Download Soal di Sini
Soal Esai dan Skala Sikap Klik di Sini
Kunci Jawaban Klik di Sini
Materi Ajar
Materi Kelas XII Bab 4. Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]
Belum ada Komentar untuk "Soal Pendalaman Bahan Pilihan Ganda Kelas Xii Pecahan 4. Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]"
Posting Komentar