Richard Emerson

Sketsa Biografis
Richard Emerson lahir di Salt Lake City, Utah, 1925. Dibesarkan di erat pegunungan, sepertinya beliau tidak pernah pergi terlalu jauh dari sungai-sungai, puncak-puncak gunung, dan Gletser. Salah satu prestasi pribadinya yang paling bernilai tinggi ialah partisipasinya dalam pendakian gunung Everest yang sukses pada 1963. Aspek-aspek pengalaman itu terungkap di dalam publikasinya “Melintasi Everst” dalam Sierra Club Annual Bulletin edisi Desember 1963 dan di dalam sebuah aktikel yang terbit di dalam Sociometri pada 1966. Dia mendapatkan hadiah dari National Science Foundation untuk studi kinerja kelompok yang dilakukan di bawah tekanan berkepanjangan di dalam pendakian tersebut. Proyek itu membuatnya memperoleh Medali Hubbard, yang diberikan kepadanya oleh Presiden Kennedy mewakili National Geographic Society pada Juli 1963 (Cook, 2005).

Cintanya pada pegunungan dan kehidupan sosial pedesaan desa-desa pegunungan di Pakistan menjadi sumber ide sosiologis yang berkesinambungan bagi Richard Emerson selama kariernya. Studi-studinya atas prilaku antarpribadi, kinerja kelompok, kekuasaan, dan imbas sosial sering didorong oleh perjumpaan-perjumpaan pribadinya yang erat dengan tim-tim ekspedisi yang mengalami pemburukan intesionalitas kerja sama dan persaingan sebab tekanan lingkungan.


Setelah Perang Dunia II dan perjalanan kiprah dengan Tentara di Eropa Barat, beliau menyelesaikan B. A. –nya pada 1950 di Universitas Utah dan kemudian meneruskan studinya untuk menerima M.A. (1950) dan Ph.D. (1955) dari Universitas Minnesota, daerah bidang utamanya ialah sosiologi dan bidang minornya ialah psikologi. Disertasi doktoralnya diberi judul “Faktor-faktor Penentu Pengaruh di dalam Kelompok-kelompok Tatap Muka”.

Posisi akademik Emerson yang pertama ialah di Universitas Cincinnati (1955-1964). Pada ketika meninggalkan Cincinnati Emerson menulis,”Suatu tema yang berulang di dalam karya saya terkristal di dalam artikel hubungan-hubungan ketergantungan-kuasa. Akan tetapi, teori itu jelaslah merupakan watu loncatan untuk masa depan daripada suatu rangkuman mengenai masa lampau. Saya memiliki rencana-rencana yang agak spesifik baik untuk perluasan-perluasan teoritis maupun empiris ke dalam stratifikasi dan struktur kekuasaan komunitas. “Dia masih sibuk dengan dengan pekerjaan itu ketika beliau meninggal secara tidak terduga pada Desember 1982. Karyanya mengenai hubungan-hubungan ketergantungan kuasa (1986) sekarang ialah suatu kutipan klasik yang telah mempengaruhi banyak karya cukup umur ini mengenai kekuasaan di dalam sosiologi Amerika.

Dua potongan karya lainnya, sangat berpengaruh. Hal itu ialah dua pecahan karyanya mengenai teori pertukaran sosial yang ditulis pada 1967 dan berikutnya diterbitkan pada 1972. Karya tersebut dirampungkan di Universitas Wahington, ketika beliau bergabung dengan fakultas itu pada 1965. Dia tertarik ke Northwest, saya yakin, sebab daya tarik Olympics dan Cascades.


Pengaruh Emerson pada teori sosiologis mengkristal selama beliau berada di Universitas Washington daerah beliau berkolaborasi dengan Karen Cook selama sepuluh tahun (1972-1982) dalam pengembangan empiris teori pertukaran sosial. Mereka melakukan suatu agenda riset di dalam laboratorium pertama yang terkomputerisasi untuk melakukan riset tipe itu di Amerika Serikat. Pekerjaan tersebut dibiayai oleh tiga subsidi berturut-turut dari National Science Foundation.

Emerson dikenal oleh para mantan kolega dan mahasiswanya sebagai “pemikir”. Aspek personalitasnya itu ditangkap paling baik didalam sebuah kutipan dari sebuah artikel yang beliau tulis pada 1960 di dalam buku Robert Bowen The New Professors:”Jadi, apa nilai yang terdapat dalam studi akademik (yakni, ‘tidak praktis, terpisah-dari-kehidupan’) suatu topik? Orang-orang juga mengajukan pertanyaan itu. Pertanyaan-pertanyaan menyerupai itu sulit dijawab sebab orang-orang yang bertanya tidak pernah mendaki sebuah gunung dan tidak tertarik pada suatu topik. Saya menyampaikan mereka terpisah sangat jauh dari kehidupan”.

Sketsa biografis ini ditulis oleh Karen Cook


Download di Sini


Sumber.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Belum ada Komentar untuk "Richard Emerson"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel