Soal-Soal Sosiologi Kelas Xi. Kompetensi Masyarakat Multikultural

1. Perhatikan ciri-ciri berikut
1) Terjadi pengkotak-kotakkan budaya antarkelompok
2) Toleransi antarkelompok sosial terbangun secara baik
3) Sering terjadi konflik antaranggota masyarakat
4) Integrasi sosial terbentuk menurut kesadaran bersama
5) Kesepakatan antarkelompok sosial dalam masyarakat sulit tercapai
Ciri-ciri masyarakat beragam ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

2. Perhatikan ilustrasi korelasi sosial antarkelompok berikut

Keterangan:
A : Islam, Jawa, Pelajar
B : Katolik, Batak, Pelajar
Hubungan sosial antarkelompok pada ilustrasi mengatakan konsekuensi masyarakat multikultural berupa...
A. Konflik sosial
B. Konsolidasi
C. Dominasi
D. Interseksi
E. Difusi

3. Akibat urbanisasi dan transmigrasi, masyarakat di aneka macam kawasan bersifat heterogen. Meskipun jumlah pendatang tidak sebanyak penduduk asli, antara pendatang dan penduduk orisinil sanggup saling berinteraksi, berbaur, dan hidup bersama. Bentuk konfigurasi masyarakat beragam menurut ilustrasi tersebut adalah...
A. Kompetisi seimbang
B. Mayoritas dominan
C. Minoritas dominan
D. Mutual akulturasi
E. Fragmentasi

4. Perhatikan aneka macam kondisi sosial berikut!
1) Masyarakat Indonesia terdiri atas bermacam-macam kebudayaan dari Sabang hingga Merauke
2) Pemerintah Indonesia mengakui enam agama yang dianut masyarakat
3) Indonesia terdiri atas aneka macam ras yang mendiami setiap daerah
4) Tingkat homogenitas masyarakat di perdesaan tinggi
5) Sikap tertutup masyarakat terhadap pendatang dan budaya baru
Penyebab terbentuknya masyarakat beragam ditunjukkan oleh kondisi pada angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

5. Masyarakat Karangsari terdiri atas aneka macam etnik menyerupai Madura, Batak, dan Tionghoa. Setiap etnik mempunyai kebudayaan berbeda. Upaya sempurna untuk membuat perilaku toleransi dalam masyarakat Karangsari ialah...
A. Mengelompokkan warga dalam etnik-etnik tertentu
B. Membatasi interaksi untuk mencegah konflik sosial
C. Memberikan batuan kepada etnik yang membutuhkan
D. Menghormati praktik kebudayaan dari kelompok etnik lain
E. Menggunakan tiap-tiap kebudayaan untuk membentuk budaya baru

6. Dilihat dari sisi keragaman, masyarakat perkotaan ternyata lebih beragam dibanding masyarakat pedesaan. Kondisi tersebut disebabkan oleh...
A. Adanya perilaku tertutup masyarakat terhadap budaya lain
B. Tingginya minat warga perkotaan melaksanakan urbanisasi
C. Banyaknya masyarakat yang melaksanakan imigrasi ke kota
D. Tingginya arus urbanisasi masyarakat ke kawasan perkotaan
E. Pesatnya perkembangan teknologi di seluruh daerah

7. Sikap kolaborasi antarkelompok sosial perlu dikembangkan dalam masyarakat multikultural. Tindakan tersebut bertujuan...
A. Menghormati perbedaan budaya antarkelompok
B. Menghargai perbedaan ideologi setiap kelompok
C. Menghormati perbedaan pandangan dari kelompok lain
D. Mencegah terjadinya konsensus antaranggota kelompok
E. Mendorong terciptanya korelasi serasi antarkelompok

8. Perhatikan pernyataan berikut
1) Antarkelompok sosial masih sering mengalami konflik sosial
2) Antarkelompok sosial dalam masyarakat sulit mencapai konsensus
3) Persatuan antarkelompok sosial dalam masyarakat
4) Antarkelompok sosial mempunyai kesadaran tinggi terhadap toleransi
5) Antarkelompok sosial menjalin integrasi di tengah perbedaan
Karakteristik masyarakat beragam ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

9. Perhatikan gambar korelasi antarkelompok berikut


Keterangan:
A = Madura, Karyawan, Islam
B = Batak, mahasiswa, Islam
Hubungan antarkelompok pada gambar mengatakan konsolidasi lantaran terjadi...
A. Pertentangan antaranggota kelompok
B. Pertemuan keanggotaan dari aneka macam seksi
C. Pembauran budaya membentuk identitas baru
D. Penguatan anggota pada kelompok masing-masing
E. Penguasaan salah satu kelompok terhadap kelompok lain

10. Warga kompleks Mawar mengadakan musyawarah setiap bulan. Seluruh elemen masyarakat diundang untuk mengikuti musyawarah. Dalam lembaga tersebut dibahas aneka macam kegiatan dan permasalahan berkaitan dengan lingkungan kompleks Mawar. Setiap warga diperbolehkan memberi tanggapan, usulan, dan masukan. Uraian tersebut mengatakan upaya mengatasi permasalahan dalam masyarakat multikultural yaitu...
A. Menerapkan semangat nasionalisme demi mempertahankan tanah air
B. Menumbuhkan perilaku tenggang rasa antaranggota kelompok demi menjaga persatuan
C. Menanamkan perilaku simpati untuk menyikapi aneka macam bentuk perbedaan sosial
D. Menumbuhkan perilaku toleransi antarumat beragama demi menjaga keharmonisan
E. Menerapkan perilaku demokratis demi pemenuhan hak asasi setiap anggota kelompok

11. Perhatikan beberapa faktor berikut
1) Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra
2) Beragam mata pencaharian digeluti masyarakat
3) Indonesia terdiri atas pulau-pulau dengan kebudayaan berbeda
4) Kesamaan latar belakang suku bangsa/etnik
5) Kesamaan ideologi antaranggota masyarakat
Faktor pendorong terbentuknya masyarakat multikultural di Indonesia ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

12. Setiap anggota masyarakat berhak mengajukan diri menjadi calon kepala desa dalam Pilkades. Baik kelompok minoritas maupun kelompok mayoritas mempunyai hak yang sama untuk mengajukan anggotanya menjadi calon kepala desa. Setia warga pun mempunyai kesamaan hak untuk menentukan calon kepala desa yang dianggap pantas menduduki jabatan tersebut. Bentuk konfigurasi masyarakat multikultural menurut ilustrasi tersebut ialah...
A. Kompetisi seimbang
B. Mayoritas dominan
C. Minoritas dominan
D. Mutual akulturasi
E. Fragmentasi

13. Beberapa Sekolah Menengan Atas di Aceh menyebabkan tari Saman sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler. Melalui kegiatan ekstrakurikuler tersebut, akseptor didik diajak mengenal dan memainkan kesenian tradisional masyarakat Aceh tersebut. Sebagai kepingan dari pendidikan multikultural, kegiatan tersebut bertujuan...
A. Menanamkan perilaku simpati terhadap budaya lokal
B. Mengenalkan budaya terkenal kepada akseptor didik
C. Menanamkan rasa cinta terhadap kesenian budaya lokal
D. Menumbuhkan perilaku antidiskriminasi antarpeserta didik
E. Membentuk eksklusif yang mempunyai perilaku toleransi

14. Salah satu ciri masyarakat beragam yaitu rentan terjadi konflik antarkelompok. Kondisi tersebut disebabkan oleh...
A. Kesamaan kepentingan antarkelompok
B. Perbedaan letak geografis dan wilayah
C. Kesamaan latar belakang kebudayaan
D. Perbedaan tujuan antarkelompok
E. Perbedaan iklim antardaerah

15. Perhatikan gambar berikut


Konsekuensi korelasi antarkelompok sosial menurut gambar adalah...
A. Disintegrasi
B. Konsolidasi
C. Interseksi
D. Asimilasi
E. Dominasi

16. Masyarakat multikultural tidak terlepas dari permasalahan sosial berupa konflik. Oleh lantaran itu, dibutuhkan upaya fasilitas yang sempurna untuk menuntaskan konflik dan mencegah disintegrasi sosial. Penerapan upaya tersebut ditunjukkan oleh tindakan...
A. Membiasakan membantu sesama tanpa memandang latar belakang
B. Mengumpulkan bantuan untuk menolong korban konflik
C. Menjunjung tinggi persamaan hak antarkelompok sosial
D. Menerima imbas gres yang tiba dari kelompok sosial lain
E. Menyelesaikan persoalan antarkelompok melalui jalur mediasi

17. Perhatikan faktor-faktor berikut
1) Terjadi ijab kabul antara wanita dan pria yang berbeda etnik
2) Perbedaan kenampakan alam yang ditempati masyarakat
3) Terjadi isolasi secara geografis antardaerah
4) Homogenitas penduduk yang tinggal di wilayah pedalaman
5) Antarkelompok menempati kawasan yang mempunyai topografi sama
Faktor pendorong terbentuknya masyarakat multikultural ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

18. Kelompok-kelompok suku sopan santun cenderung hidup dan tinggal di kawasan pedalaman hutan. Setiap kelompok mempunyai ciri khas. Meskipun sama-sama tinggal di hutan, setiap kelompok suku sopan santun mempunyai kawasan kekuasaan dan hidup dengan anggotanya masing-masing. Bentuk konfigurasi masyarakat yang dimaksud adalah...
A. Kompetisi seimbang
B. Mayoritas dominan
C. Minoritas dominan
D. Kelompok sosial
E. Fragmentasi

19. Dalam masyarakat beragam setiap kelompok dituntut mengatakan perilaku nasionalisme terhadap negara. Upaya yang sanggup dilakukan masyarakat untuk mengatakan perilaku tersebut adalah...
A. Melestarikan budaya gotong royong
B. Menjunjung tinggi bahasa persatuan
C. Memupuk kesadaran dalam bermusyawarah
D. Menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama
E. Menjalin komunikasi antarkelompok sosial

20. Perhatikan pernyataan berikut
1) Proses integrasi sosial antarkelompok sulit terjadi
2) Sikap inklusif berkembang dalam masyarakat
3) Masyarakat sadar untuk membuat integrasi sosial
4) Antarkelompok sulit mencapai janji akhir perbedaan pendapat
5) Toleransi antarkelompok sosial terjalin secara kuat
Karakteristik masyarakat multikultural ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

21. Perhatikan gambar berikut


Keterangan:
A = Mahasiswa dari Kalimantan
B = Mahasiswa dari Papua
C = Mahasiswa dari Sumatra
X = Mahasiswa Sosiologi di Universitas Indonesia
Hubungan di antara tiga kelompok berbeda pada gambar berpotensi mengalami...
A. Dominasi
B. Asimilasi
C. Akulturasi
D. Interseksi
E. Konsolidasi

22. Dominasi merupakan salah satu wujud korelasi sosial antarkelompok dalam masyarakat majemuk. Pernyataan yang mengatakan korelasi sosial tersebut...
A. Masyarakat lokal memperkenalkan budayanya kepada masyarakat transmigran melalui pertunjukan seni
B. Keanggotaan partai politik mempertemukan antarelemen masyarakat dalam satu organisasi
C. Antaranggota etnik saling menguatkan solidaritas apabila sedang berkonflik dengan etnik lain
D. Kebudayaan antarkelompok di perkotaan saling membaur sehingga membuat budaya baru
E. Kawasan Pecinan Semarang dihuni oleh mayoritas keturunan Tionghoa

23. Masyarakat multikultural identik dengan keberagaman kelompok dalam masyarakat. Meskipun demikian, antaranggota kelompok kadang mengalami interseksi. Pernyataan yang mengatakan interseksi adalah...
A. Mahasiswa perantau bergabung dalam perkumpulan mahasiswa sedaerah
B. Penggemar sepak bola dari aneka macam kawasan membentuk fans club untuk mempererat silaturahmi
C. Pengendara sepeda motor matic dan pengendara sepeda motor moge membentuk komunitas otomotif
D. Petani hidroponik desa X membentuk komunitas untuk saling bertukar ilmu mengenai teknik tanam secara hidroponik
E. Keturunan marga Hutagalung membentuk kelompok korelasi untuk mempererat silaturahmi antaranggota

24. Perhatikan pernyataan berikut
1) Antarkelompok mengalami segmentasi
2) Integrasi antarkelompok terjalin dengan baik
3) Antarkelompok kurang menyebarkan konsensus
4) Antarkelompok etnik menyebarkan konsensus
5) Menghargai perbedaan pendapat antarkelompok
Karakteristik masyarakat multikultural ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

25. Mayoritas penduduk Bali merupakan penganut agama Hindu. Oleh lantaran itu, Bali menerima sebutan sebagai Pulau Seribu Pura. Meskipun demikian, terdapat anggota masyarakat yang mempunyai latar belakang agama berbeda. Konfigurasi masyarakat menurut pernyataan tersebut adalah...
A. Kompetisi seimbang
B. Mayoritas dominan
C. Minoritas dominan
D. Kelompok sosial
E. Fragmentasi

26. Salah satu konsekuensi masyarakat multikultural ialah terjadinya konsolidasi. Konsolidasi mengatakan anggota masyarakat membentuk kelompok menurut kesamaan sifat setiap individu. Konsolidasi dalam masyarakat ditunjukkan oleh pilihan...
A. Pengajian Ahad pagi di masjid istiqlal dipadati jemaah dari aneka macam kawasan ibu kota
B. Sekolah Menengan Atas N 1 Sukasejati mempunyai akseptor didik dengan latar belakang kebudayaan berbeda
C. Keanggotaan partai politik terbuka bagi semua golongan, etnik, dan agama selama mempunyai visi sama
D. Peserta didik di aneka macam sekolah turut serta dalam karnaval budaya kawasan yang diadakan di alun-alun kota
E. Mahasiswa Yogyakarta yang kuliah di Jakarta membentuk Ikatan Mahasiswa Yogyakarta (IMAYO)

27. Perhatikan pernyataan berikut
1) Kesamaan kepentingan dan ideologi
2) Perbedaan iklim antardaerah
3) Perbedaan kondisi geografis antardaerah
4) Isolasi geografis yang dialami suatu wilayah
5) Kesamaan pendapat antarkelompok
Penyebab terbentuknya masyarakat multikultural ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

28. Perhatikan manfaat berikut
1) Antarkelompok sosial saling menghormati
2) Setiap kelompok menjunjung tinggi toleransi
3) Antarkelompok mempunyai kesadaran tinggi untuk berintegrasi
4) Mengurangi konsensus antarkelompok dalam masyarakat
5) Menyamakan budaya yang dianut antarkelompok
Manfaat masyarakat Indonesia menjunjung tinggi multikulturalisme ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

29. Kemajemukan dalam masyarakat mendorong terjadinya pertukaran budaya. Dalam masyarakat beragam tiap-tiap kelompok saling mempelajari budaya kelompok lain. Meskipun demikian, tiap-tiap kelompok tidak kehilangan jati diri kebudayaannya. Wujud korelasi antarkelompok tersebut yaitu...
A. Pertemuan akbar pengurus OSIS SMA/SMK se-Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan
B. Percampuran budaya Tionghoa dan Jawa dalam pekan raya grebeg Sudiro di Semarang
C. Pertemuan atlet-atlet dari aneka macam kawasan dalam kegiatan PON XIX di Jawa Barat
D. Pengajian rutin Minggu pagi yang diselenggarakan di masjid Istiqlal, Jakarta
E. Pembentukan Komunitas Mahasiswa Papua yang merantau di Yogyakarta

30. Dalam masyarakat beragam rentan terjadi pertentangan. Kondisi tersebut mengatakan rendahnya integrasi sosial antarkelompok. Faktor penyebab kondisi tersebut adalah...
A. Sulitnya mengubah sopan santun kebiasaan masyarakat
B. Sulitnya membuat konsensus antarkelompok
C. Berubahnya lingkungan fisik dalam masyarakat
D. Bertambah dan berkurangnya jumlah penduduk
E. Rendahnya ilmu pengetahuan anggota masyarakat


Download di Sini
Kunci Jawaban Klik di Sini

Belum ada Komentar untuk "Soal-Soal Sosiologi Kelas Xi. Kompetensi Masyarakat Multikultural"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel