Ruang Lingkup. Sosiologi Pendidikan (Sociology Of Education)
Merupakan bidang kajian sosiologi yang perintisannya selalu dikaitkan dengan sosiolog pendidikan berjulukan Lester Frank Ward* pada tahun 1883, yang menegaskan bahwa untuk memperbaiki masyarakat dibutuhkan pendidikan (Ballantine, 1983:11). Selanjutnya, Ward* menegaskan bahwa perbedaan kelas yang terjadi dalam masyarakat bersumber kepada perbedaan pemilikan kesempatan, terutama kesempatan dalam memperoleh pendidikan. Sebab perbedaan pemilikan kesempatan dalam memperoleh pendidikan tersebut mengarah pada monopoli pemilikan sumber-sumber sosial maupun keadilan. Dengan berasumsi bahwa intinya insan mempunyai kapasitas berguru yang sama, selanjutnya Ward* mendesak kepada pemerintah Amerika untuk mengadakan wajib belajar. Baru pada periode ke-20, muncul semangat yang berpengaruh untuk mendirikan sebuah cabang sosiologi yang dinamakan educational sociology (Brookover dalam Pavalko, 1976:6).
Perkembangannya ternyata bidang gres tersebut sangat pesat, hal ini terlihat pada tahun 1914, khususnya di Amerika Serikat telah 14 universitas yang mengadakan kegiatan perkuliahan bidang tersebut, di mana bidang educational sociology mengandalkan pada problem solving sosial sebagai metodenya (Adiwikarta, 1988:2).
Timbul ketidakpuasan atas educational sociology tersebut dari sosiolog lainnya, terutama Robert Angell terhadap nama disiplin itu, maupun terhadap metodenya sehingga pada tahun 1928, muncul istilah baru, yaitu sociology of education. Bagi Angell, sociology of education harus berbeda dengan educational sociology, dia tidak perlu menyajikan balasan sosiologis untuk mengatasi permasalahan sosial yang dihadapi dunia pendidikan. Bidang ini cukup bertugas untuk melaksanakan banyak sekali riset dan mengakibatkan institusi pendidikan sebagai sumber data ilmiah. Dengan demikian, yang menjadi sentra perhatian dalam sociology of education ialah penelitian dan hasilnya, bukan diskusi wacana penanggulangan problem pendidikan. Ternyata, perkembangan sociology of education tersebut jauh lebih pesat dan menerima pemberian besar dari Inggris, Prancis, dan Jerman. Menurut Brookover, bidang-bidang kajian bahan sociology of education tersebut meliputi (a) kekerabatan sistem pendidikan dengan sistem sosial lain; (b) kekerabatan sekolah dengan komunitas sekitarnya; (c) kekerabatan antarmanusia dalam sistem pendidikan; (d) efek sekolah terhadap sikap anak didik (Pavalko, 1976:14-16).
Download
Baca Juga
1. Lester F. Ward. Sekilas Pemikiran
2. Tokoh-Tokoh yang Mempengaruhi Perkembangan Ilmu Sosiologi
Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta
Baca Juga
Baca Juga
1. Lester F. Ward. Sekilas Pemikiran
2. Tokoh-Tokoh yang Mempengaruhi Perkembangan Ilmu Sosiologi
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta
Belum ada Komentar untuk "Ruang Lingkup. Sosiologi Pendidikan (Sociology Of Education)"
Posting Komentar