Prinsip-Prinsip Pembelajaran Kontekstual

Beberapa prinsip dalam pembelajaran kontekstual antara lain:
1. Konstruktivisme
a. Pembelajaran berpusat pada siswa
b. Mendorong anak berguru secara aktif (learning by doing)
c. Pembelajaran sesuai konteks

2. Inkuiri
a. Siswa didorong untuk menggali gosip tambahan
b. Siswa terbiasa memecahkan masalah

3. Pertanyaan
a. Siswa diajak berpikir kritis (melihat sesuatu dari segi kasatmata dan negatif)
b. Siswa memakai pikirannya sendiri, tidak menyalin tanggapan dari buku atau guru

4. Masyarakat belajar
a. Siswa berguru bersama (berpasangan, kelompok kecil, dan klasik)
b. Interaksi dan komunikasi pemikiran antaranak menerima porsi lebih tinggi

5. Pemodelan
a. Guru tidak menjadi satu-satunya sumber belajar
b. Guru aktif belajar, bukan hanya mengajar
c. Guru memodelkan sikap berguru yang baik (aktif, kreatif, inovatif, dan reflektif)
d. Siswa berguru dari menjiplak dan mengkaji model

6. Penilaian otentik
a. Hasil berguru dihitung dari 0 (apa yang sudah sanggup dilakukan ketika ini), bukan dari 100 (berapa salahnya)
b. Mengutamakan bukti penguasaan yang utuh (kognisi, keterampilan, dan sikap)
c. Pengukuran secara informal (observasi dan percakapan informal) atau formal (portofolio, kinerja)


Download di Sini

Belum ada Komentar untuk "Prinsip-Prinsip Pembelajaran Kontekstual"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel