Materi Sosiologi Kelas X Pecahan 7.2 Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)

C. Mempresentasikan Laporan Penelitian dalam Diskusi Kelas
Tujuan dari acara diskusi ialah untuk memperkuat isi laporan sebelum laporan hasil penelitian dipresentasikan kepada kalangan yang lebih luas melalui acara publikasi. Melalui diskusi, peneliti berpeluang memperoleh banyak masukan perihal laporan penelitian yang telah disusunnya.

Jenis diskusi
1) Diskusi panel, ialah diskusi yang dilakukan oleh sekelompok orang yang membahas satu topik yang menjadi perhatian umum. Dalam diskusi ini biasanya dihadirkan beberapa pakar. Peserta diberikan kesempatan untuk bertanya.


2) Simposium, ialah pertemuan yang diselenggarakan untuk membahas prasaran-prasaran mengenai suatu masalah. Simposium menghadirkan beberapa pembicara dengan tinjauan yang berbeda-beda. Diskusi dilakukan sehabis masing-masing pembicara mengemukakan pendapatnya.
3) Seminar, ialah pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu duduk kasus di bawah pimpinan ketua sidang. Ketua sidang ini biasanya seorang pakar yang mempunyai kompetensi di bidangnya.

Pelaksanaan diskusi kelas
Agar diskusi sanggup berjalan lancar, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan diskusi, di antaranya adalah:
1) Mengikutsertakan seluruh siswa dalam diskusi secara aktif
2) Pembicaraan jangan hingga didominasi oleh beberapa orang saja
3) Ketertiban dalam diskusi perlu dijaga biar setiap siswa bersedia untuk mendengarkan apa yang sedang dibicarakan
4) Debat perlu diarahkan biar tidak dipakai sebagai sarana untuk mencari menang sendiri.
5) Setiap akseptor diberi iman untuk turut serta dalam diskusi
6) Dalam menyetujui dan menentang pendapat orang lain, para akseptor diskusi harus menjaga sopan santun sopan santun

Untuk memperlancar diskusi kelas, sebelumnya perlu diperhatikan hal-hal teknis berikut
1) Pilih salah satu di antara siswa untuk menjadi moderator atau pemimpin diskusi
2) Pilih seorang siswa untuk menjadi presentator (pemapar), yaitu orang yang memberikan isi laporan yang akan didiskusikan
3) Pilih seorang siswa untuk menjadi penanggap, yaitu orang yang menanggapi dan membahas isi laporan
4) Pilih seorang siswa untuk menjadi notulen, yaitu orang yang mencatat pertanyaan, hal-hal penting selama diskusi, dan hasil-hasil diskusi
5) Usahakan biar setiap akseptor diskusi mendapat makalah (laporan penelitian)

Tahapan presentasi dalam diskusi kelas
Agar sebuah presentasi yang dilakukan dalam lembaga diskusi kelas sanggup dilakukan dengan baik, ada beberapa tahap yang harus diperhatikan oleh presentator, yaitu tahap persiapan presentasi, pelaksanaan presentasi, dan sehabis presentasi.
1) Persiapan presentasi
Sebelum menyajikan sebuah presentasi, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan beberapa hal berikut.
a) Mengetahui tujuan presentasi
b) Mengetahui waktu yang disediakan
c) Menjaga mental biar tidak gugup dikala melaksanakan presentasi
d) Memeriksa lokasi dan peralatan presentasi

2) Pelaksanaan presentasi
Ketika Anda melaksanakan presentasi, ada dua hal pokok yang harus Anda perhatikan, yaitu teknik presentasi dan penggunaan alat audio visual
a) Teknik presentasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya adalah:
- Menciptakan suasana yang santai tetapi tetap serius
- Menjaga kontak mata dengan akseptor diskusi
- Memberi pementingan pada kata-kata kunci yang dianggap penting
- Melontarkan beberapa pertanyaan untuk memancing partisipasi akseptor diskusi
- Memberi waktu bagi akseptor diskusi untuk memberikan sejumlah pertanyaan dan masukan terhadap isi presentasi

b) Penggunaan alat audio-visual
Menyajikan presentasi dengan memakai media audio-visual sanggup dilakukan dengan memanfaatkan banyak sekali macam sarana. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan apabila kita menciptakan dan menampilkan tayangan/slide presentasi ialah sebagai berikut.
- Hindari penggunaan teks yang panjang alasannya ialah cenderung tidak menarik dan membosankan peserta
- Usahakan teks terang dan gampang dibaca
- Tampilan foto, ilustrasi, dan grafik data harus sanggup dilihat dengan jelas
- Multimedia, ibarat bunyi (audio), animasi, dan video yang hendak ditampilkan sebaiknya mendukung isi presentasi dan bukan sekedar hiasan saja

3) Setelah presentasi
Evaluasi dilakukan sehabis melaksanakan presentasi. Catatan mengenai saran dan kritik dari akseptor diskusi segera dibaca dan diperiksa ulang. Berdasarkan saran dan kritik tersebut, Anda sanggup melaksanakan perbaikan laporan hasil penelitian Anda.

Manfaat diskusi
1) Melatih mental siswa biar berani mengeluarkan pendapat dengan bebas tanpa ada tekanan dari siapa pun
2) Membina siswa biar sanggup berpikir secara kritis dan kreatif, serta menumbuhkan penemuan dalam dirinya
3) Memupuk rasa toleransi dan menghargai pendapat orang lain
4) Melatih siswa dalam mempraktikkan pengetahuan yang telah didapat di hadapan teman-temannya


D. Publikasikan Laporan Penelitian Melalui Media Cetak atau Elektronik
Publikasi ialah acara membuatkan informasi kepada masyarakat dengan banyak sekali macam media, baik cetak maupun elektronik. Memublikasikan laporan hasil penelitian ialah acara yang penting dalam rangkaian proses penelitian sosial-budaya. Melalui acara tersebut, banyak sekali penemuan hasil dari penelitian sanggup diketahui oleh publik, sehingga penelitian sosial sanggup memperlihatkan manfaat yang positif bagi masyarakat.

Maylor dan Blackmon menyampaikan bahwa dalam publikasi hasil penelitian peneliti hendaknya mempertimbangkan beberapa sopan santun penelitian berikut.
1) Menjaga diam-diam subjek penelitian dengan tidak memublikasikan informasi langsung dan rahasia
2) Data dan hasil analisis penelitian dipublikasikan dengan jujur
3) Berhati-hati dan teliti dalam menganalisis data untuk menjaga kualitas hasil penelitian

Publikasi laporan hasil penelitian sanggup dilakukan melalui banyak sekali media massa. Media massa berdasarkan Roger D. Wimmer dan Joseph R. Dominick mengacu pada banyak sekali media komunikasi yang secara bersamaan menjangkau banyak orang, termasuk koran, majalah dan iklan luar ruang, sementara media elektronik meliputi radio, TV, dan internet.

Sumber
Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2016. Sosiologi; Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial; untuk SMA/MA Kelas X. Esis Erlangga. Jakarta


Download

Soal-Soal
1. Soal Pilihan Ganda
2. Soal Esai
3. Soal Pilihan Ganda. Evaluasi Semester 2
4. Soal Esai. Evaluasi Semester 2

Tambahan
1. Glosarium Materi Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi 2016)
2. Silabus Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi) 
3. Program Tahunan Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi)
4. Program Semester Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi)
5. RPP Sosiologi Kelas X. Metode Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi) 

Media
1. Power Point
2. Video Penunjang
3. Materi Pengayaan Sosiologi. Penelitian Sosial

Perangkat Pembelajaran (Kur Revisi) New
1. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Silabus (Kur Revisi)
2. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi (Kur Revisi)
3
. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Analisis Keterkaitan KI dan KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran (Kur Revisi)

4. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL) (Kur Revisi)
5. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian (Kur Revisi)
6. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Format Penentuan Kriteria Ketuntasan (Kur Revisi) Semester 1 dan Semester 2
7. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Jurnal Guru Mengajar (Kur Revisi)
8. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Kalender Pendidikan (Kur Revisi)
9. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Analisis Alokasi Waktu (Kur Revisi)
10. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Analisis Kompetensi (Kur Revisi)
11. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Program Tahunan (Kur Revisi)
12. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Program Semester (Kur Revisi)
13. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. RPP 1 (Kur Revisi)
14. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. RPP 2 (Kur Revisi)
15. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. RPP 3 (Kur Revisi)
16. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. RPP 4 (Kur Revisi)

Lembar Penilaian Pembelajaran New
1. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. Lampiran Teknik dan Instrumen Penilaian
2. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPP Tes Tertulis PG
3. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPP Tes Tertulis Uraian
4. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPP Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
5. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPP Penugasan
6. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPK Unjuk Kerja
7. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPK Proyek
8. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPK Produk
9. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPK Portofolio
10. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. Rekapitulasi Lembar Penilaian


Kamus
1. Kamus Sosiologi
2. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Penulisan Laporan Penelitian

Teori-Teori Sosiologi Relevan Materi
1. Biografi dan Autobiografi Tokoh-Tokoh Sosiologi
2. Konstruksi Teoretis Teori-Teori Sosiologi
3. Polemik Internal Teori-Teori Sosiologi
4. Teori-Teori Sosiologi dari Klasik, Kontemporer, dan Postmodern

Teori-Teori Filsafat Relevan Materi
1. Biografi Filsuf
2. Aliran-Aliran Filsafat
3. Teori-Teori Filsafat dari Yunani, Modern, dan Postmodern
4. Teori-Teori Cultural Studies

Artikel Terkait Lainnya
1. Artikel Sosiologi Terkait Materi
2. Pengetahuan Umum Terkait Materi

Belum ada Komentar untuk "Materi Sosiologi Kelas X Pecahan 7.2 Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel