Komponen Lembar Kerja

Komponen LK/LT yang dikenal yakni ‘informasi’/’Konteks Permasalahan’ dan ‘Pertanyaan’/’Perintah’ dengan ciri-ciri sebagai berikut :

• Informasi/Konteks Permasalahan hendaknya ‘menginspirasi’ siswa untuk menjawab/mengerjakan tugas; tidak terlalu sedikit atau kurang terperinci sehingga siswa ‘tak berdaya’ untuk menjawab/mengerjakan tugas, tetapi juga tidak terlalu banyak sehingga mengurangi ‘ruang kreativitas’ siswa

Informasi sanggup dilengkapi dengan gambar, teks, tabel, atau benda konkret


• Pertanyaan/Perintah hendaknya memicu siswa untuk melaksanakan percobaan, menyelidiki, menemukan, memecahkan dilema dan/atau berimajinasi/mengkreasi.


Usahakan jumlah pertanyaan dibatasi paling banyak 3 buah sehingga LK/LT tidak ibarat ‘hutan belantara’ yang menjadi beban baca bagi siswa. Sering kita mengajukan banyak pertanyaan padahal ada pertanyaan yang sudah terkandung/’implisit’ dalam pertanyaan lain. Misal, jika sudah ada pertanyaan: “Mana bangkit yang paling panjang kelilingnya?” tidak perlu lagi ada pertanyaan: “Mana bangkit yang paling pendek kelilingnya?”

Bila guru mempunyai lebih dari 3 pertanyaan bagus, pertanyaan lebih tersebut hendaknya disimpan dalam pikirannya dan gres diajukan secara verbal kepada siswa sebagai suplemen jika diperlukan.


Download di Sini

Belum ada Komentar untuk "Komponen Lembar Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel