Karakteristik Pengelolaan Pembelajaran Efektif

1. Pengelolaan kelas yang bervariasi (klasik, kelompok/berpasangan, dan individual)
• Klasikal : di awal pembelajaran dalam apersepsi, kontribusi tujuan, dan penugasan; di bab simpulan dalam perumusan kesimpulan/rangkuman dan kontribusi konfirmasi


• Kelompok/berpasangan: untuk kerja kooperatif (misalnya: diskusi pemecahan dilema bersama, membuatkan informasi, peer tutor)


• Individual: dilakukan pada bab inti berupa kontribusi kiprah kreatif sesuai potensi individu siswa. Pengelolaan individu juga dilakukan pada proses sesmen pencapaian kompetensi

2. Strategi pembelajaran yang mengaktifkan semua siswa, menumbuhkan kreativitas, berpikir, berbuat, efektif mencapai tujuan, dan menyenangkan (tidak menciptakan anak stres/tertekan)

3. Pemberian kiprah yang bermakna, yaitu:
• Memotivasi dan menantang untuk belajar


• Memberi ruang setiap siswa untuk menggali isu dan menuangkan gagasan sebagai bentuk aktualisasi pemikiran


• Mendorong siswa menghasilkan karya yang bervariasi (siswa berani menampilkan karyanya dalam banyak sekali bentuk) sesuai tujuan dan kompetisi yang ditetapkan,
a. Kualitas kiprah sesuai dengan bentuk pengelolaan kelas
b. Siswa difasilitasi untuk bertanggungjawab terhadap pencapaian kompetisi

Alur Pengelolaan Pembelajaran yang Efektif



Download di Sini

Belum ada Komentar untuk "Karakteristik Pengelolaan Pembelajaran Efektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel