Teori Analisis Data Miles Dan Huberman Lengkap Dengan Pengertian Dan Tahapan

Teori Miles dan Hubermen mengemukakan bahwa kegiatan dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus hingga tuntas, sehingga datanya jenuh. Ukuran kejenuhan data ditandai dengan tidak diperolehnya lagi data atau warta baru. Aktivitas dalam analisis mencakup reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing / verification). Berikut ini yaitu tahap dalam analisis data berdasarkan teori Miles dan Hubermen :

mengemukakan bahwa kegiatan dalam analisis data kualitatif dilakukan secara Teori Analisis Data Miles dan Huberman Lengkap dengan Pengertian dan Tahapan

#1. Tahap Analisis atau Pengumpulan Data

Proses analisis pengumpulan data sanggup dilakukan dengan banyak sekali macam cara melalui waancara, pengamatan, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh warta yang diharapkan untuk mencapai tujuan penelitian. Tahap analisis atau pengumpulan data ini sanggup dilakukan dengan memakai teknik wawancara, observasi, mengumpulkan data, dan lain sebagainya. 

#2. Tahap Reduksi

Reduksi data merupakan proses berpikir sensitif yang memerlukan kecerdasan dan keluasan serta wawasan yang tinggi. Tahap mereduksi data, peneliti akan dipandu oleh tujuan yang akan dicapai. Tahap ini  dilakukan dengan merangkum, menentukan hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, mencari tema dan polanya. Contohnya yaitu meringkaskan data kontak eksklusif dengan orang, insiden dan situasi di lokasi penelitian, pengkodean, pembuatan catatan obyektif, menciptakan catatan reflektif, menciptakan catatan marginal, penyimpanan data, membuatan memo, menganalisis antarlokasi dan pembuatan ringkasan sementara antar lokasi.

#3. Tahap penyajian

Penyajian data dilakukan untuk memudahkan memahami apa yang terjadi dan merencanakan kerja selanjutnya. Pada penyajian data, data yang diperoleh disajikan dalam bentuk teks narasi dan tabel. Melalui penyajian data tersebut, data sanggup tersusun dalam contoh hubungan sehingga akan semakin gampang dipahami. Pada tahapan ini dikembangkan model-model ibarat mendeskripsikan konteks dalam penelitian, cheklist matriks, mendeskripsikan perkembangan antar waktu, matriks tata peran, matriks konsep terklaster, matriks imbas dan pengaruh, matriks dinamika lokasi dan daftar kejadian.

#4. Tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi data

Pada tahap ini dilakukan penarikan kesimpulan dari hasil penyajian data. Penelitian kualitatif biasanya kesimpulan mungkin sanggup menjawab rumusan problem yang dirumuskan semenjak awal, tetapi mungkin juga tidak menjawab rumusan masalah. Kesimpulan awal yang dikemukakan sanggup bersifat sementara kalau masih mengalami perubahan dikala pengumpulan data berikutnya dan sanggup  bersifat kredibel kalau sudah didukung bukti yang valid dan konsisten.
Kesimpulan hasil penelitian yang diambil dari hasil reduksi dan panyajian data yaitu merupakan kesimpulan sementara. Kesimpulan sementara ini masih sanggup berubah kalau ditemukan bukti-bukti berpengaruh lain pada dikala proses verifikasi data di lapangan.

Demikian ulasan artikel kami tentang Teori Analisis Data Miles dan Hubermen Lengkap dengan Pengertian dan Tahapan yang kami rangkum dari beberapa sumber bacaan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Teori Analisis Data Miles Dan Huberman Lengkap Dengan Pengertian Dan Tahapan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel