Soal-Soal Standar Ujian Nasional. Mekanisme Atau Langkah-Langkah Penelitian Sosial
Pilihlah Jawaban yang Benar!
1. Perhatikan bagian-bagian dalam rancangan penelitian berikut!
1) Penulisan rumusan masalah
2) Penulisan tujuan penelitian
3) Penulisan metode/jenis penelitian
4) Membuat topik penelitian
5) Penulisan judul penelitian
Urutan membuat rancangan penelitian yang sempurna ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), 3), 4), dan 5)
B. 2), 3), 4), 5), dan 1)
C. 3), 4), 5), 1), dan 2)
D. 4), 5), 1), 2), dan 3)
E. 5), 1), 2), 3), dan 4)
2. Perhatikan ilustrasi berikut!
“Seto tertarik melaksanakan penelitian di lingkungan sekolahnya. Ia berencana menyebabkan teman-teman di sekolahnya, sebagai objek penelitian. Kemudian, Seto melaksanakan observasi awal. Berdasarkan observasi tersebut, ia mengetahui hampir setiap akseptor didik mempunyai sahabat sepermainan atau sahabat berkumpul di sekolah. Kelompok-kelompok tersebut terdiri atas 3-4 orang. Berdasarkan hasil pengamatan awal tersebut, Seto mendapat wangsit judul penelitian. Ia ingin meneliti wacana dampak sahabat sepermainan terhadap tingkat prestasi akseptor didik Sekolah Menengan Atas Sinar Harapan”
Berdasarkan ilustrasi pada soal, variabel terikat judul penelitian Seto adalah...
A. Tingkat prestasi
B. Jenis permainan
C. Teman sepermainan
D. Peserta didik Sekolah Menengan Atas Sinar Harapan
E. Prestasi akseptor didik Sekolah Menengan Atas Sinar Harapan
3. Made membuat proposal penelitian dengan judul “Pengaruh Durasi Menyaksikan Tayangan Televisi terhadap Tingkat Bersosialisasi Peserta Didik di Lingkungan Sekitar”. Akan tetapi, Made masih resah menentukan rumusan problem yang tepat. Rumusan problem yang sesuai dengan judul penelitian tersebut adalah...
A. Apakah akseptor didik mengetahui durasi menyaksikan tayangan televisi memengaruhi tingkat sosialisasi di lingkungan sekitar?
B. Adakah dampak durasi menyaksikan tayangan televisi terhadap tingkat sosialisasi akseptor didik di lingkungan sekitar?
C. Durasi menyaksikan tayangan televisi mempunyai dampak terhadap tingkat bersosialisasi akseptor didik
D. Mengapa durasi menyaksikan tayangan televisi memengaruhi tingkat bersosialisasi akseptor didik?
E. Apakah durasi menyaksikan tayangan televisi akseptor didik meningkat ketika hari libur?
4. Ardhan ingin melaksanakan penelitian sosial dengan topik gaya hidup ramah lingkungan. Penelitian sosial tersebut akan dipakai untuk memenuhi kiprah sekolah. Agar topik penelitian tersebut sanggup dijangkau, perlu ditentukan variabel yang sempurna dan jelas. Adapun objek penelitian tersebut ialah...
A. Masyarakat di negara lain
B. Peserta didik di sekolahnya
C. Penduduk terpencil dan pinggiran
D. Masyarakat yang berada di kota-kota besar
E. Pihak yang menerapkan gaya hidup ramah lingkungan
5. Guru Sosiologi menugasi akseptor didik menentukan topik penelitian. Adapun alasan pemilihan topik tersebut sebagai berikut.
1) Surti menentukan topik wacana fenomena hoax alasannya bersifat kekinian
2) Hatta menentukan topik wacana kedisiplinan akseptor didik alasannya topik tersebut pilihan temannya
3) Handa menentukan topik wacana hobi belanja online di kalangan dewasa alasannya ia tertarik dengan topik tersebut
4) Ipung menentukan topik wacana fenomena tawuran pelajar alasannya ingin mendalaminya
5) Joko tertarik meneliti misteri penampakan dan kerasukan makhluk halus alasannya sering melihat video di youtube
Topik penelitian yang memenuhi kriteria unsur-unsur topik penelitian yang baik ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
6. Andi memutuskan judul penelitiannya yaitu “Pengaruh Perkembangan Minimarket Waralaba terhadap Minat Remaja Membeli di Toko Kelontong”. Berdasarkan judul tersebut, rumusan problem yang sesuai adalah...
A. Bagaimana dampak perkembangan minimarket waralaba terhadap minat dewasa membeli di toko kelontong?
B. Apa dampak perkembangan minimarket waralaba terhadap perkembangan toko kelontong dalam masyarakat?
C. Apa yang menjadi latar belakang dewasa menentukan membeli di minimarket waralaba daripada di toko kelontong?
D. Adakah dampak perkembangan minimarket waralaba terhadap minat dewasa membeli di toko kelontong?
E. Apakah ada perbedaan antara dewasa membeli di minimarket waralaba dan dewasa yang membeli di toko kelontong?
7. Sebuah penerbit ingin mengetahui tanggapan konsumen terhadap buku-buku terbitannya. Penerbit melaksanakan survei secara online kepada para konsumen. Dalam survei tersebut terdapat ragam pertanyaan yang berkisar wacana masukan dan tanggapan pembaca terhadap buku. Berdasarkan sumbernya, data yang dikumpulkan pihak penerbit termasuk jenis data...
A. Opini
B. Sikap
C. Motif
D. Primer
E. Sekunder
8. Irwan mendapat kiprah menentukan variabel bebas dan variabel tergantung dari judul penelitian “Implementasi Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI di Sekolah Menengan Atas 6 Batukaca”. Irwan telah menentukan variabel bebas, tetapi kesulitan menentukan variabel terikatnya. Berdasarkan judul penelitian tersebut variabel terikatnya ialah...
A. Nilai ulangan sosiologi akseptor didik
B. Implementasi pembelajaran aktif
C. Mata pelajaran sosiologi
D. Tanggapan akseptor didik
E. Peserta didik kelas XI
9. Perhatikan penggalan proposal penelitian berikut!
“Saiful mengajukan proposal penelitian dengan judul “Perubahan Sosial melalui Komunitas Membaca Swadaya Kompleks Sekarsari”. Saiful mengambil objek penelitian di lingkungannya sendiri. Rumusan problem penelitiannya ialah bagaimana komunitas membaca mendorong perubahan sosial di kompleks Sekarsari? Untuk memperoleh balasan Saiful mengembangkan angket kepada anggota komunitas membaca”
Proposal penelitian Saiful tersebut belum dinyatakan layak dan perlu dilakukan revisi. Faktor yang menjadi dasar perevisian proposal tersebut ialah...
A. Teknik pengumpulan data tidak sesuai
B. Topik penelitian tidak sanggup dijangkau
C. Rumusan problem tidak sesuai tema
D. Topik yang diajukan kurang rasional
E. Variabel penelitian tidak ada
10. Data fakta merupakan bentuk data penelitian menurut jenisnya. Data penelitian yang sanggup dikategorikan sebagai data fakta ialah...
A. Latar belakang unjuk rasa masyarakat menuntut kesepakatan pemerintah terkait penanganan pasca bencana
B. Tingkat pemahaman masyarakat terhadap cara menyelamatkan diri ketika terjadi gempa
C. Respons masyarakat terkait sumbangan musibah yang terlambat datang
D. Jumlah rumah penduduk yang terkena dampak letusan gunung api
E. Kepercayaan warga terhadap mitos mengenai penghuni gunung api
11. Bayu mengembangkan angket kepada responden yang sudah ditetapkan. Selanjutnya, angket yang diisi oleh responden dikumpulkan. Berdasarkan deskripsi tersebut, angket sanggup dikategorikan sebagai data primer karena...
A. Digunakan untuk mendukung hasil penelitian
B. Tidak perlu diolah terlebih dahulu
C. Diperoleh eksklusif dari lapangan
D. Tersedia semenjak awal penelitian
E. Diperoleh secara serentak
12. Peserta didik mendapat kiprah menentukan variabel bebas dari judul penelitian “Pengaruh Jenis Kendaraan terhadap Tingkat Kepopuleran Peserta Didik di Sekolah”. Adapun variabel bebas yang sesuai dengan judul penelitian tersebut adalah...
A. Jenis sekolah
B. Jenis kendaraan
C. Tingkat kepopuleran
D. Jenjang kelas akseptor didik
E. Jumlah kendaraan yang dimiliki
13. Dalam mengumpulkan data penelitian terkait suatu fenomena sosial, peneliti perlu mencari data yang memuat tanggapan responden terhadap kasus/fenomena sosial yang bersangkutan. Data ini bermanfaat untuk mengukur kedalaman pemahaman informan terhadap kasus/fenomena yang diteliti. Jenis data tersebut disebut sebagai data...
A. Fakta
B. Sikap
C. Motif
D. Perilaku
E. Pengetahuan
14. Supri tertarik mendeskripsikan tanda-tanda sosial yang terjadi di kompleks Batukarang. Ia mengamati fenomena belanja online dan perubahan gaya hidup dewasa di kompleks Batukarang. Mayoritas dewasa yang dijadikan sampel penelitian ialah akseptor didik SMAN 3 Batukarang. Judul penelitian yang sesuai dengan topik tersebut adalah...
A. Pengaruh Belanja Online terhadap Gaya Hidup Pelajar SMAN 3 Batukarang
B. Pengaruh Gaya Hidup terhadap Belanja Online Pelajar SMAN 3 Batukarang
C. Peran SMAN 3 Batukarang terhadap Perubahan Gaya Hidup Pelajar
D. Belanja Online dan Gaya Hidup Remaja di Kompleks Batukarang
E. Motivasi Pelajar SMAN 3 Batukarang Berbelanja Online
15. Seorang peneliti melaksanakan penelitian wacana dampak aktivitas pemberdayaan pertanian organik terhadap penerapan pertanian organik oleh petani Umbulsari. Rumusan pertanyaan yang sempurna ditunjukkan oleh pilihan...
A. Bagaimana tanggapan petani Dusun Umbulsari terhadap aktivitas pertanian organik?
B. Bagaimana proses pemberdayaan pertanian organik yang dilaksanakan di Dusun Umbulsari?
C. Apakah ada perbedaan antara pertanian organik dan pertanian anorganik di Dusun Umbulsari?
D. Apakah ada perbedaan kemampuan petani Umbulsari menyerap materi aktivitas pemberdayaan?
E. Apakah dampak pemberdayaan pertanian organik terhadap penerapan pertanian organik oleh petani Umbulsari?
16. Seorang peneliti mengumpulkan informasi terkait gaya hidup ramah lingkungan dalam masyarakat perkotaan. Upaya sempurna untuk memperoleh data sekunder menurut objek penelitian tersebut adalah...
A. Mencari referensi jurnal terkait sejarah gaya hidup ramah lingkungan
B. Melakukan wawancara terhadap masyarakat yang mendaur ulang sampah domestik
C. Mendokumentasikan kegiatan warga dalam mempraktikkan gaya hidup ramah lingkungan
D. Mengobservasi warga masyarakat yang menerapkan kegiatan ramah lingkungan
E. Mengikuti kegiatan yang diselenggarakan warga terkait pengolahan sampah organik
17. Sembara melaksanakan penelitian wacana petani garam tradisional. Ia mengumpulkan data mengenai jumlah petani garam yang tersisa dan latar belakang menjadi petani garam. Data yang dikumpulkan Sembara tergolong sebagai data...
A. Pengetahuan
B. Perilaku
C. Motif
D. Fakta
E. Sikap
18. Dalam menentukan topik penelitian, peneliti perlu mempertimbangkan minat pribadi terhadap topik tersebut. Dampak jikalau peneliti tidak mempertimbangkan faktor tersebut ialah...
A. Muncul rasa malas dalam menuntaskan penelitian
B. Menyampaikan informasi yang tidak mempunyai nilai guna
C. Mengalami kesulitan ketika mengumpulkan data
D. Menyebabkan objek yang diteliti tidak jelas
E. Mengalami kesulitan mencari narasumber
19. Perhatikan rumusan problem berikut!
“Apakah ada perbedaan daya serap materi pembelajaran antara akseptor didik yang gemar membaca dan akseptor didik yang tidak gemar membaca di Sekolah Menengan Atas 10 Bukitdatar?”
Judul penelitian yang sesuai dipasangkan dengan rumusan problem tersebut adalah...
A. Daya Serap Pembelajaran antara Peserta Didik yang Gemar Membaca dan Peserta Didik yang tidak Gemar Membaca di Sekolah Menengan Atas 10 Bukitdatar
B. Implementasi Materi Pembelajaran pada Peserta Didik yang Gemar Membaca dan Peserta Didik yang tidak Gemar Membaca
C. Pembinaan Peserta Didik yang Gemar Membaca dan Peserta Didik yang tidak Gemar Membaca dan Peserta Didik yang Tidak Gemar Membaca di Sekolah Menengan Atas 10 Bukitdatar
D. Peran Guru Kelas dalam Mendorong Peserta Didik dan Meningkatkan Daya Serap Materi Pelajaran di Sekolah Menengan Atas 10 Bukitdatar
E. Pengaruh Gemar Membaca Peserta Didik terhadap Daya Serap Materi Pelajaran di Sekolah Menengan Atas 10 Bukitdatar
20. Sana Ingin meneliti kiprah wanita dalam perekonomian rumah tangga di Desa Ajangpulu, Sibulue, Bone, Sulawesi Selatan. Variabel bebas dari topik yang dipilih Sanna adalah...
A. Perekonomian rumah tangga
B. Peningkatan ekonomi
C. Peran perempuan
D. Desa Ajangpulu
E. Keluarga
21. Data motif merupakan salah satu bentuk data penelitian menurut jenisnya. Data penelitian yang dikategorikan sebagai data motif adalah...
A. Tingkat pemahaman masyarakat terhadap penanganan peristiwa gempa
B. Respons masyarakat menolak kenaikan harga kebutuhan pokok
C. Batas geografis suatu tempat sebagai lokasi penelitian
D. Alasan pekerja melaksanakan mogok kerja
E. Kepercayaan masyarakat terhadap mitos
22. Perhatikan indikator berikut!
1) Disusun dalam bentuk kalimat tanya
2) Mencerminkan dasar judul penelitian
3) Dijabarkan dalam bentuk kalimat deskriptif
4) Menjadi dasar pembuatan hipotesis
5) Memuat teori yang dipakai dalam penelitian
Indikator penyusunan rumusan problem yang baik ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
23. Saat ini dewasa gemar memakai instagram. Sebagian besar pengguna aplikasi ini ialah dewasa SMA. Melalui aplikasi ini, para dewasa memamerkan hasil fotonya di dunia maya. Bertambahnya aplikasi media umum di gawai berpotensi memengaruhi perubahan rujukan interaksi remaja. Banyak dewasa sibuk dengan gawai daripada berinteraksi dengan sesama. Rumusan problem penelitian kualitatif menurut topik tersebut adalah...
A. Apakah aplikasi instagram berdampak positif bagi masyarakat?
B. Mengapa aplikasi instagram bisa dengan gampang diakses banyak orang?
C. Apakah aplikasi instagram bisa menjadi media aktualisasi diri bagi remaja?
D. Bagaimana dampak aplikasi instagram terhadap perubahan rujukan interaksi remaja?
E. Apakah ada perbedaan persentase pengguna aplikasi instagram di kalangan pelajar dan umum?
24. Dalam kiprah proyek penelitian, Fanni mengkaji problem keterlibatan warga sekolah dalam membuat suasana berguru yang kondusif. Fanni mewawancarai beberapa akseptor didik kelas XI, kelas XII, dan guru-guru kelas. Setelah dilakukan pengolahan data, Fanni memperoleh kebenaran bahwa keterlibatan akseptor didik dalam kegiatan pembelajaran memengaruhi hasil belajar. Hasil penelitiannya tersebut sanggup dipakai oleh sekolah untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Pemilihan topik penelitian tersebut sangat sempurna alasannya mempertimbangkan persyaratan menentukan topik penelitian yaitu...
A. Bermanfaat nyata bagi kemajuan pendidikan
B. Biayanya murah sehingga sangat ekonomis
C. Dapat diteliti dengan instrumen sederhana
D. Bukan duplikat dari laporan penelitian lain
E. Menarik minat menuntaskan penelitian
25. Toro dan Nia melaksanakan penelitian sosial dengan objek penelitian kehidupan para pemulung tempat pembuangan final (TPA) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Toro dan Nia melaksanakan observasi awal guna melihat realitas kondisi TPA Bantar Gebang. Toro dan Nia ingin meneliti memakai pendekatan kualitatif.
Rumusan permasalahan pada penelitian tersebut adalah...
A. Dari mana para pemulung Bantar Gebang berasal?
B. Berapa jumlah pemulung Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat?
C. Barang apakah yang menjadi sasaran para pemulung di Bantar Gebang?
D. Bagaimana kehidupan para pemulung Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat?
E. Bagaimanakah kekerabatan antarpemulung Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat?
Download
Kunci Jawaban
Referensi Lainnya
1. PPT Soal Standar Ujian Nasional dan Pembahasan Kompetensi Prosedur atau Langkah Penelitian Sosial Klik di Sini
2. PPT Materi Ujian Nasional Kompetensi Langkah-Langkah Penelitian Sosial Klik di Sini
3. Soal-Soal Serupa Klik di Sini
4. Soal-Soal Standar Ujian Nasional. Laporan Hasil Penelitian Klik di Sini
5. PPT Soal Standar Ujian Nasional dan Pembahasan Kompetensi Laporan Hasil Penelitian Klik di Sini
6. Materi Pengayaan Klik di Sini
Baca Juga
Materi Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.1 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.2 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
Materi Tambahan
Materi Ujian Nasional Kompetensi Prosedur/Langkah-Langkah Penelitian Sosial
1. Perhatikan bagian-bagian dalam rancangan penelitian berikut!
1) Penulisan rumusan masalah
2) Penulisan tujuan penelitian
3) Penulisan metode/jenis penelitian
4) Membuat topik penelitian
5) Penulisan judul penelitian
Urutan membuat rancangan penelitian yang sempurna ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), 3), 4), dan 5)
B. 2), 3), 4), 5), dan 1)
C. 3), 4), 5), 1), dan 2)
D. 4), 5), 1), 2), dan 3)
E. 5), 1), 2), 3), dan 4)
2. Perhatikan ilustrasi berikut!
“Seto tertarik melaksanakan penelitian di lingkungan sekolahnya. Ia berencana menyebabkan teman-teman di sekolahnya, sebagai objek penelitian. Kemudian, Seto melaksanakan observasi awal. Berdasarkan observasi tersebut, ia mengetahui hampir setiap akseptor didik mempunyai sahabat sepermainan atau sahabat berkumpul di sekolah. Kelompok-kelompok tersebut terdiri atas 3-4 orang. Berdasarkan hasil pengamatan awal tersebut, Seto mendapat wangsit judul penelitian. Ia ingin meneliti wacana dampak sahabat sepermainan terhadap tingkat prestasi akseptor didik Sekolah Menengan Atas Sinar Harapan”
Berdasarkan ilustrasi pada soal, variabel terikat judul penelitian Seto adalah...
A. Tingkat prestasi
B. Jenis permainan
C. Teman sepermainan
D. Peserta didik Sekolah Menengan Atas Sinar Harapan
E. Prestasi akseptor didik Sekolah Menengan Atas Sinar Harapan
3. Made membuat proposal penelitian dengan judul “Pengaruh Durasi Menyaksikan Tayangan Televisi terhadap Tingkat Bersosialisasi Peserta Didik di Lingkungan Sekitar”. Akan tetapi, Made masih resah menentukan rumusan problem yang tepat. Rumusan problem yang sesuai dengan judul penelitian tersebut adalah...
A. Apakah akseptor didik mengetahui durasi menyaksikan tayangan televisi memengaruhi tingkat sosialisasi di lingkungan sekitar?
B. Adakah dampak durasi menyaksikan tayangan televisi terhadap tingkat sosialisasi akseptor didik di lingkungan sekitar?
C. Durasi menyaksikan tayangan televisi mempunyai dampak terhadap tingkat bersosialisasi akseptor didik
D. Mengapa durasi menyaksikan tayangan televisi memengaruhi tingkat bersosialisasi akseptor didik?
E. Apakah durasi menyaksikan tayangan televisi akseptor didik meningkat ketika hari libur?
4. Ardhan ingin melaksanakan penelitian sosial dengan topik gaya hidup ramah lingkungan. Penelitian sosial tersebut akan dipakai untuk memenuhi kiprah sekolah. Agar topik penelitian tersebut sanggup dijangkau, perlu ditentukan variabel yang sempurna dan jelas. Adapun objek penelitian tersebut ialah...
A. Masyarakat di negara lain
B. Peserta didik di sekolahnya
C. Penduduk terpencil dan pinggiran
D. Masyarakat yang berada di kota-kota besar
E. Pihak yang menerapkan gaya hidup ramah lingkungan
5. Guru Sosiologi menugasi akseptor didik menentukan topik penelitian. Adapun alasan pemilihan topik tersebut sebagai berikut.
1) Surti menentukan topik wacana fenomena hoax alasannya bersifat kekinian
2) Hatta menentukan topik wacana kedisiplinan akseptor didik alasannya topik tersebut pilihan temannya
3) Handa menentukan topik wacana hobi belanja online di kalangan dewasa alasannya ia tertarik dengan topik tersebut
4) Ipung menentukan topik wacana fenomena tawuran pelajar alasannya ingin mendalaminya
5) Joko tertarik meneliti misteri penampakan dan kerasukan makhluk halus alasannya sering melihat video di youtube
Topik penelitian yang memenuhi kriteria unsur-unsur topik penelitian yang baik ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
6. Andi memutuskan judul penelitiannya yaitu “Pengaruh Perkembangan Minimarket Waralaba terhadap Minat Remaja Membeli di Toko Kelontong”. Berdasarkan judul tersebut, rumusan problem yang sesuai adalah...
A. Bagaimana dampak perkembangan minimarket waralaba terhadap minat dewasa membeli di toko kelontong?
B. Apa dampak perkembangan minimarket waralaba terhadap perkembangan toko kelontong dalam masyarakat?
C. Apa yang menjadi latar belakang dewasa menentukan membeli di minimarket waralaba daripada di toko kelontong?
D. Adakah dampak perkembangan minimarket waralaba terhadap minat dewasa membeli di toko kelontong?
E. Apakah ada perbedaan antara dewasa membeli di minimarket waralaba dan dewasa yang membeli di toko kelontong?
7. Sebuah penerbit ingin mengetahui tanggapan konsumen terhadap buku-buku terbitannya. Penerbit melaksanakan survei secara online kepada para konsumen. Dalam survei tersebut terdapat ragam pertanyaan yang berkisar wacana masukan dan tanggapan pembaca terhadap buku. Berdasarkan sumbernya, data yang dikumpulkan pihak penerbit termasuk jenis data...
A. Opini
B. Sikap
C. Motif
D. Primer
E. Sekunder
8. Irwan mendapat kiprah menentukan variabel bebas dan variabel tergantung dari judul penelitian “Implementasi Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI di Sekolah Menengan Atas 6 Batukaca”. Irwan telah menentukan variabel bebas, tetapi kesulitan menentukan variabel terikatnya. Berdasarkan judul penelitian tersebut variabel terikatnya ialah...
A. Nilai ulangan sosiologi akseptor didik
B. Implementasi pembelajaran aktif
C. Mata pelajaran sosiologi
D. Tanggapan akseptor didik
E. Peserta didik kelas XI
9. Perhatikan penggalan proposal penelitian berikut!
“Saiful mengajukan proposal penelitian dengan judul “Perubahan Sosial melalui Komunitas Membaca Swadaya Kompleks Sekarsari”. Saiful mengambil objek penelitian di lingkungannya sendiri. Rumusan problem penelitiannya ialah bagaimana komunitas membaca mendorong perubahan sosial di kompleks Sekarsari? Untuk memperoleh balasan Saiful mengembangkan angket kepada anggota komunitas membaca”
Proposal penelitian Saiful tersebut belum dinyatakan layak dan perlu dilakukan revisi. Faktor yang menjadi dasar perevisian proposal tersebut ialah...
A. Teknik pengumpulan data tidak sesuai
B. Topik penelitian tidak sanggup dijangkau
C. Rumusan problem tidak sesuai tema
D. Topik yang diajukan kurang rasional
E. Variabel penelitian tidak ada
10. Data fakta merupakan bentuk data penelitian menurut jenisnya. Data penelitian yang sanggup dikategorikan sebagai data fakta ialah...
A. Latar belakang unjuk rasa masyarakat menuntut kesepakatan pemerintah terkait penanganan pasca bencana
B. Tingkat pemahaman masyarakat terhadap cara menyelamatkan diri ketika terjadi gempa
C. Respons masyarakat terkait sumbangan musibah yang terlambat datang
D. Jumlah rumah penduduk yang terkena dampak letusan gunung api
E. Kepercayaan warga terhadap mitos mengenai penghuni gunung api
11. Bayu mengembangkan angket kepada responden yang sudah ditetapkan. Selanjutnya, angket yang diisi oleh responden dikumpulkan. Berdasarkan deskripsi tersebut, angket sanggup dikategorikan sebagai data primer karena...
A. Digunakan untuk mendukung hasil penelitian
B. Tidak perlu diolah terlebih dahulu
C. Diperoleh eksklusif dari lapangan
D. Tersedia semenjak awal penelitian
E. Diperoleh secara serentak
12. Peserta didik mendapat kiprah menentukan variabel bebas dari judul penelitian “Pengaruh Jenis Kendaraan terhadap Tingkat Kepopuleran Peserta Didik di Sekolah”. Adapun variabel bebas yang sesuai dengan judul penelitian tersebut adalah...
A. Jenis sekolah
B. Jenis kendaraan
C. Tingkat kepopuleran
D. Jenjang kelas akseptor didik
E. Jumlah kendaraan yang dimiliki
13. Dalam mengumpulkan data penelitian terkait suatu fenomena sosial, peneliti perlu mencari data yang memuat tanggapan responden terhadap kasus/fenomena sosial yang bersangkutan. Data ini bermanfaat untuk mengukur kedalaman pemahaman informan terhadap kasus/fenomena yang diteliti. Jenis data tersebut disebut sebagai data...
A. Fakta
B. Sikap
C. Motif
D. Perilaku
E. Pengetahuan
14. Supri tertarik mendeskripsikan tanda-tanda sosial yang terjadi di kompleks Batukarang. Ia mengamati fenomena belanja online dan perubahan gaya hidup dewasa di kompleks Batukarang. Mayoritas dewasa yang dijadikan sampel penelitian ialah akseptor didik SMAN 3 Batukarang. Judul penelitian yang sesuai dengan topik tersebut adalah...
A. Pengaruh Belanja Online terhadap Gaya Hidup Pelajar SMAN 3 Batukarang
B. Pengaruh Gaya Hidup terhadap Belanja Online Pelajar SMAN 3 Batukarang
C. Peran SMAN 3 Batukarang terhadap Perubahan Gaya Hidup Pelajar
D. Belanja Online dan Gaya Hidup Remaja di Kompleks Batukarang
E. Motivasi Pelajar SMAN 3 Batukarang Berbelanja Online
15. Seorang peneliti melaksanakan penelitian wacana dampak aktivitas pemberdayaan pertanian organik terhadap penerapan pertanian organik oleh petani Umbulsari. Rumusan pertanyaan yang sempurna ditunjukkan oleh pilihan...
A. Bagaimana tanggapan petani Dusun Umbulsari terhadap aktivitas pertanian organik?
B. Bagaimana proses pemberdayaan pertanian organik yang dilaksanakan di Dusun Umbulsari?
C. Apakah ada perbedaan antara pertanian organik dan pertanian anorganik di Dusun Umbulsari?
D. Apakah ada perbedaan kemampuan petani Umbulsari menyerap materi aktivitas pemberdayaan?
E. Apakah dampak pemberdayaan pertanian organik terhadap penerapan pertanian organik oleh petani Umbulsari?
16. Seorang peneliti mengumpulkan informasi terkait gaya hidup ramah lingkungan dalam masyarakat perkotaan. Upaya sempurna untuk memperoleh data sekunder menurut objek penelitian tersebut adalah...
A. Mencari referensi jurnal terkait sejarah gaya hidup ramah lingkungan
B. Melakukan wawancara terhadap masyarakat yang mendaur ulang sampah domestik
C. Mendokumentasikan kegiatan warga dalam mempraktikkan gaya hidup ramah lingkungan
D. Mengobservasi warga masyarakat yang menerapkan kegiatan ramah lingkungan
E. Mengikuti kegiatan yang diselenggarakan warga terkait pengolahan sampah organik
17. Sembara melaksanakan penelitian wacana petani garam tradisional. Ia mengumpulkan data mengenai jumlah petani garam yang tersisa dan latar belakang menjadi petani garam. Data yang dikumpulkan Sembara tergolong sebagai data...
A. Pengetahuan
B. Perilaku
C. Motif
D. Fakta
E. Sikap
18. Dalam menentukan topik penelitian, peneliti perlu mempertimbangkan minat pribadi terhadap topik tersebut. Dampak jikalau peneliti tidak mempertimbangkan faktor tersebut ialah...
A. Muncul rasa malas dalam menuntaskan penelitian
B. Menyampaikan informasi yang tidak mempunyai nilai guna
C. Mengalami kesulitan ketika mengumpulkan data
D. Menyebabkan objek yang diteliti tidak jelas
E. Mengalami kesulitan mencari narasumber
19. Perhatikan rumusan problem berikut!
“Apakah ada perbedaan daya serap materi pembelajaran antara akseptor didik yang gemar membaca dan akseptor didik yang tidak gemar membaca di Sekolah Menengan Atas 10 Bukitdatar?”
Judul penelitian yang sesuai dipasangkan dengan rumusan problem tersebut adalah...
A. Daya Serap Pembelajaran antara Peserta Didik yang Gemar Membaca dan Peserta Didik yang tidak Gemar Membaca di Sekolah Menengan Atas 10 Bukitdatar
B. Implementasi Materi Pembelajaran pada Peserta Didik yang Gemar Membaca dan Peserta Didik yang tidak Gemar Membaca
C. Pembinaan Peserta Didik yang Gemar Membaca dan Peserta Didik yang tidak Gemar Membaca dan Peserta Didik yang Tidak Gemar Membaca di Sekolah Menengan Atas 10 Bukitdatar
D. Peran Guru Kelas dalam Mendorong Peserta Didik dan Meningkatkan Daya Serap Materi Pelajaran di Sekolah Menengan Atas 10 Bukitdatar
E. Pengaruh Gemar Membaca Peserta Didik terhadap Daya Serap Materi Pelajaran di Sekolah Menengan Atas 10 Bukitdatar
20. Sana Ingin meneliti kiprah wanita dalam perekonomian rumah tangga di Desa Ajangpulu, Sibulue, Bone, Sulawesi Selatan. Variabel bebas dari topik yang dipilih Sanna adalah...
A. Perekonomian rumah tangga
B. Peningkatan ekonomi
C. Peran perempuan
D. Desa Ajangpulu
E. Keluarga
21. Data motif merupakan salah satu bentuk data penelitian menurut jenisnya. Data penelitian yang dikategorikan sebagai data motif adalah...
A. Tingkat pemahaman masyarakat terhadap penanganan peristiwa gempa
B. Respons masyarakat menolak kenaikan harga kebutuhan pokok
C. Batas geografis suatu tempat sebagai lokasi penelitian
D. Alasan pekerja melaksanakan mogok kerja
E. Kepercayaan masyarakat terhadap mitos
22. Perhatikan indikator berikut!
1) Disusun dalam bentuk kalimat tanya
2) Mencerminkan dasar judul penelitian
3) Dijabarkan dalam bentuk kalimat deskriptif
4) Menjadi dasar pembuatan hipotesis
5) Memuat teori yang dipakai dalam penelitian
Indikator penyusunan rumusan problem yang baik ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
23. Saat ini dewasa gemar memakai instagram. Sebagian besar pengguna aplikasi ini ialah dewasa SMA. Melalui aplikasi ini, para dewasa memamerkan hasil fotonya di dunia maya. Bertambahnya aplikasi media umum di gawai berpotensi memengaruhi perubahan rujukan interaksi remaja. Banyak dewasa sibuk dengan gawai daripada berinteraksi dengan sesama. Rumusan problem penelitian kualitatif menurut topik tersebut adalah...
A. Apakah aplikasi instagram berdampak positif bagi masyarakat?
B. Mengapa aplikasi instagram bisa dengan gampang diakses banyak orang?
C. Apakah aplikasi instagram bisa menjadi media aktualisasi diri bagi remaja?
D. Bagaimana dampak aplikasi instagram terhadap perubahan rujukan interaksi remaja?
E. Apakah ada perbedaan persentase pengguna aplikasi instagram di kalangan pelajar dan umum?
24. Dalam kiprah proyek penelitian, Fanni mengkaji problem keterlibatan warga sekolah dalam membuat suasana berguru yang kondusif. Fanni mewawancarai beberapa akseptor didik kelas XI, kelas XII, dan guru-guru kelas. Setelah dilakukan pengolahan data, Fanni memperoleh kebenaran bahwa keterlibatan akseptor didik dalam kegiatan pembelajaran memengaruhi hasil belajar. Hasil penelitiannya tersebut sanggup dipakai oleh sekolah untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Pemilihan topik penelitian tersebut sangat sempurna alasannya mempertimbangkan persyaratan menentukan topik penelitian yaitu...
A. Bermanfaat nyata bagi kemajuan pendidikan
B. Biayanya murah sehingga sangat ekonomis
C. Dapat diteliti dengan instrumen sederhana
D. Bukan duplikat dari laporan penelitian lain
E. Menarik minat menuntaskan penelitian
25. Toro dan Nia melaksanakan penelitian sosial dengan objek penelitian kehidupan para pemulung tempat pembuangan final (TPA) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Toro dan Nia melaksanakan observasi awal guna melihat realitas kondisi TPA Bantar Gebang. Toro dan Nia ingin meneliti memakai pendekatan kualitatif.
Rumusan permasalahan pada penelitian tersebut adalah...
A. Dari mana para pemulung Bantar Gebang berasal?
B. Berapa jumlah pemulung Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat?
C. Barang apakah yang menjadi sasaran para pemulung di Bantar Gebang?
D. Bagaimana kehidupan para pemulung Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat?
E. Bagaimanakah kekerabatan antarpemulung Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat?
Download
Kunci Jawaban
Referensi Lainnya
1. PPT Soal Standar Ujian Nasional dan Pembahasan Kompetensi Prosedur atau Langkah Penelitian Sosial Klik di Sini
2. PPT Materi Ujian Nasional Kompetensi Langkah-Langkah Penelitian Sosial Klik di Sini
3. Soal-Soal Serupa Klik di Sini
4. Soal-Soal Standar Ujian Nasional. Laporan Hasil Penelitian Klik di Sini
5. PPT Soal Standar Ujian Nasional dan Pembahasan Kompetensi Laporan Hasil Penelitian Klik di Sini
6. Materi Pengayaan Klik di Sini
Baca Juga
Materi Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.1 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.2 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
Materi Tambahan
Materi Ujian Nasional Kompetensi Prosedur/Langkah-Langkah Penelitian Sosial
Belum ada Komentar untuk "Soal-Soal Standar Ujian Nasional. Mekanisme Atau Langkah-Langkah Penelitian Sosial"
Posting Komentar