Soal-Soal Standar Ujian Nasional. Individu, Kelompok, Dan Kekerabatan Sosial
Pilihlah Jawaban yang Benar!
1. Perhatikan gambar berikut!
Ciri interaksi sosial yang ditunjukkan pada gambar adalah...
A. Jumlah pelaku terdiri atas dua orang
B. Terdapat dimensi waktu pada siang hari
C. Terdapat kontak sosial menggunakan simbol
D. Terjadi komunikasi, namun tidak terjadi kontak
E. Terjadi kontak sosial yang hanya bersifat satu arah
2. Perhatikan gambar berikut!
Kegiatan yang ditunjukkan oleh gambar memuat proses sosial disosiatif antarkelompok karena..
A. Antarindividu saling menghalangi untuk memperoleh kemenangan
B. Antarkelompok saling bersaing satu sama lain biar menjadi juara
C. Antarindividu berkompetisi menuju finis dan memenangi perlombaan
D. Individu mengintimidasi individu lain biar bersedia menyerah dan takut
E. Kelompok melaksanakan kontradiksi dengan kelompok lain dalam perlombaan
3. Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan acara interaksi pada gambar sanggup diinterpretasikan bahwa...
A. Individu mencoba berkompromi dengan kelompok lain
B. Individu dipengaruhi sekelompok orang di hadapannya
C. Individu memengaruhi kelompok yang ada di hadapannya
D. Suatu kelompok berupaya memengaruhi kelompok lain
E. Suatu kelompok berupaya memengaruhi individu di hadapannya
4. Perhatikan gambar berikut!
Jika diinterpretasi, adegan pada gambar memperlihatkan bahwa...
A. Peserta didik melaksanakan kontak sosial sekunder dengan penerima didik lain
B. Guru dan penerima didik mempraktikkan kontak sosial antarindividu
C. Guru dan penerima didik menjalin kontak sosial primer di kelas
D. Peserta didik melaksanakan komunikasi searah dalam kelas
E. Guru dan penerima didik berkomunikasi tidak eksklusif dalam kelas
5. Saat istirahat Lukman mampir ke kelas Tomo. Ia mengingatkan Tomo jikalau nanti sore ekstrakurikuler jiujitsu diadakan kembali di aula sekolah. Tomo yang belum mengetahui kabar tersebut berterima kasih kepada Lukman. Tomo memastikan hadir dalam latihan sore nanti.
Ciri interaksi sosial yang menonjol dalam ilustrasi tersebut adalah...
A. Terdapat tujuan yang ingin dicapai
B. Terjadi komunikasi bersifat satu arah
C. Terbentuk komunikasi antarkelompok
D. Muncul respons dari teman-teman Tomo
E. Terdapat dimensi waktu ketika pulang sekolah
6. Simpati merupakan proses ketertarikan seseorang terhadap perilaku, pembawaan, sikap, dan aksara orang lain. Bentuk ketertarikan tersebut menjadikan simpati mempunyai hubungan bersahabat dengan proses interaksi sosial. Hubungan antara simpati dan proses interaksi sosial adalah...
A. Interaksi sosial selalu diawali dengan simpati antarpelaku
B. Simpati bisa mendorong seseorang melaksanakan kontak sosial
C. Simpati merupakan salah satu syarat seseorang melaksanakan interaksi sosial
D. Interaksi sosial hanya sanggup terbentuk apabila komunikator bersikap simpati
E. Interaksi sosial hanya sanggup terbentuk apabila komunikan bersikap simpati
7. Sebagai makhluk sosial, pelajar menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berinteraksi sosial di sekolah. Interaksi sosial di lingkungan sekolah ditunjukkan oleh pernyataan...
A. Peserta didik membaca naskah drama untuk pentas seni
B. Ketua OSIS mengumumkan peraturan gres mengenai pengeras bunyi sekolah
C. Bu Guru mengajar penerima didik menyanyikan lagu “Indonesia Raya” tiga stanza
D. Peserta didik kelas XII melaksanakan tryout Ujian Nasional di ruang laboratorium
E. Peserta didik menyaksikan video dokumenter perihal urbanisasi
8. Safira tergugah hatinya ketika membaca isu bahwa masyarakat lereng gunung berjuang mencari air higienis untuk minum dan memasak. Kemudian, Safira menghubungi pihak pengumpul bantuan dan menyatakan ingin berdonasi. Faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial tersebut adalah...
A. Imitasi
B. Sugesti
C. Simpati
D. Empati
E. Motivasi
9. Aldi bergegas pamit kepada ayahnya untuk latihan futsal. Dalam perjalanan ke lapangan, ia bertemu dengan Deni, Butet, Joko, dan Arka. Sesampainya di lapangan, Aldi mengemukakan taktik permainan kepada tim. Tim Aldi segera bertanding dengan tim Surya. Permainan tersebut dimenangi oleh tim Aldi. Sorakan penonton pun membahana bagi tim Aldi. Berdasarkan ilustrasi tersebut, kegiatan yang memperlihatkan interaksi sosial antara individu dan kelompok adalah...
A. Aldi berpamitan dengan ayahnya untuk bermain futsal
B. Tim Aldi mengalahkan tim Surya dalam pertandingan
C. Aldi mengemukakan taktik permainan kepada timnya
D. Tim Aldi menerima sorakan meriah dari penonton
E. Tim Aldi bertanding futsal melawan tim Surya
10. Mano menerima kiprah mencari sponsor dalam kegiatan pentas seni. Ia mengajukan usulan kepada pabrik garmen di daerahnya. Pemimpin pabrik menginginkan menjadi sponsor utama dalam pentas seni. Mano menjelaskan bahwa seruan tersebut tidak bisa dipenuhi alasannya yaitu sudah ada sponsor lain. Setelah berdiskusi, pemimpin pabrik mendapatkan tawaran Mano menjadi sponsor meskipun bukan sponsor utama. Berdasarkan ilustrasi tersebut proses sosial terjadi alasannya yaitu adanya...
A. Kontravensi antara pemimpin pabrik garmen dengan sponsor lain
B. Kompetisi antarpihak untuk menjadi sponsor utama kegiatan pensi
C. Kooptasi antara pihak sekolah dan masyarakat dalam memberi sponsor
D. Koalisi antarpihak dalam menawarkan sponsor untuk doorprize kegiatan
E. Bargaining antara Mano dan pemimpin pabrik garmen untuk tetap menjadi sponsor
11. Masyarakat Terbansari mempunyai kebiasaan memilah sampah. Sampah organik diolah menjadi pupuk, sedangkan sampah nonorganik didaur ulang. Kebiasaan ini diterapkan masyarakat guna mengatasi banjir akhir sampah. Kebiasaan masyarakat Terbansari memperlihatkan adanya unsur keteraturan sosial berupa...
A. Tatanan sosial
B. Tertib sosial
C. Order sosial
D. Keajekan
E. Pola
12. Ketika pulang sekolah, Dara melihat seorang nenek kesulitan menyeberang jalan. Dara segera menghampiri nenek tersebut dan membantu menyeberang hingga ke sisi jalan. Berdasarkan ilustrasi tersebut, faktor yang memengaruhi interaksi sosial tersebut adalah...
A. Sugesti
B. Empati
C. Simpati
D. Motivasi
E. Identifikasi
13. Menjelang pemilu putaran kedua, beberapa partai yang tidak lolos dalam putaran pertama bekerja sama dengan partai yang lolos di putaran pertama. Interaksi sosial yang terbentuk menurut ilustrasi tersebut yaitu...
A. Joint venture
B. Konsiliasi
C. Kooptasi
D. Koalisi
E. Koersi
14. Pada hari raya tahun ini Indah tidak sanggup pulang kampung. Oleh alasannya yaitu itu, Indah menjalin interaksi sosial dengan ibunya melalui video call. Berdasarkan proses berlangsungnya, jenis kontak sosial yang terjadi adalah...
A. Primer
B. Negatif
C. Sekunder
D. Antarindividu
E. Antara individu dan kelompok
15. Dalam kegiatan di sekolah, penerima didik sanggup terlibat dalam proses sosial asosiatif dan disosiatif. Contoh proses sosial asosiatif adalah...
A. Peserta didik kelas XA bertanding basket melawan penerima didik kelas XC
B. Antarpeserta didik bekerja sama untuk mengerjakan kiprah kelompok
C. Beberapa penerima didik senior mengintimidasi penerima didik baru
D. Peserta didik berlomba mengumpulkan karya tulis untuk diikutsertakan dalam loba literasi
E. Peserta didik kelas XI bersitegang dengan penerima didik kelas XII akhir kesalahpahaman
16. Peserta lomba cerdas cermat perwakilan dari tiap-tiap sekolah berusaha mengungguli nilai satu sama lain. Sebuah pujian tersendiri apabila mereka sanggup memenangi lomba tersebut. Aktivitas tersebut memperlihatkan proses disosiatif yang berbentuk...
A. Asimilasi
B. Akomodasi
C. Persaingan
D. Kontravensi
E. Pertentangan
17. Interaksi sosial yang dipengaruhi oleh faktor sugesti ditunjukkan oleh pernyataan...
A. Anto menolong seorang kakek yang terjatuh di jalan raya ketika bersepeda
B. Jono membeli jaket sama dengan jaket yang dikenakan musisi idolanya
C. Maya memercayai pendapat Susi bahwa ia anggun apabila menggunakan make up
D. Anwar menawarkan tepuk tangan kepada temannya yang memperoleh penghargaan
E. Daniel tetapkan menentukan jurusan bisnis biar menjadi pengusaha sukses menyerupai kakaknya
18. Interaksi sosial yang dipengaruhi oleh faktor simpati terdapat pada pernyataan...
A. Wako menggandakan gaya rambut pemain sepak bola idamannya
B. Fina memuji adiknya alasannya yaitu gemar membantu orang tua
C. Junio mengikuti kesuksesan ayahnya dalam bisnis makanan tradisional
D. Anggota OSIS melaksanakan bakti sosial demi membantu korban banjir di ibu kota
E. Kepala sekolah memberi semangat kepada penerima OSN biar meraih juara
19. Akomodasi merupakan salah satu proses sosial asosiatif yang bertujuan mengembalikan integrasi sosial. Akomodasi ditunjukkan oleh pernyataan...
A. Pemuda RT 02 dan RT 03 setuju menunjuk Indro sebagai ketua panitia 17-an
B. Putra berasal dari etnik Bugis menikah dengan Siti yang merupakan keturunan etnik Melayu
C. Kepala desa menjadi penengah antara warga yang terlibat perseteruan dalam pertandingan bola voli
D. Karla bernegosiasi dengan pihak sponsor perihal proteksi hadiah dalam pentas seni di sekolahnya
E. Sardi sebagai seniman dangdut berkolaborasi dengan seniman jazz sehingga menghasilkan pertunjukan jazzdangdut
20. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Tako bermain gitar sambil bernyanyi di kamar
2) Uleng berpamitan kepada orang bau tanah untuk pergi merantau
3) Pak Putra menjelaskan konsep pertanian organik kepada petani
4) Malomo membantu ibunya mencuci piring di dapur
5) Ola bercanda dengan temannya ketika pulang sekolah
Pernyataan yang memenuhi syarat interaksi sosial ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 2), 4), dan 5)
21. Perhatikan pola interaksi berikut!
1) Trisna membiasakan diri berjabat tangan ketika bertemu temannya di sekolah
2) Ruri mengetuk pintu ketika masuk ruang guru untuk bertemu wali kelas
3) Joni berdiskusi dengan Putra terkait acara kerja bakti di sekolah
4) Pak Harun melambaikan tangan melepas anaknya berangkat menjadi TKI
5) Agus dan ayahnya berdebat perihal tim sepakbola yang akan menang tabrak penalti
Contoh kontak sosial ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
22. Perhatikan pola kegiatan berikut!
1) Amira membaca pengumuman beasiswa pendidikan sarjana di papan mading sekolah
2) Supri berlatih menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dengan pengeras suara
3) Wijaya memberi tahu temannya melalui WhatsApp kalau ia tidak sanggup ikut latihan futsal
4) Bu Dyah berdiskusi bersama penerima didik membahas artikel penyimpangan sosial
5) Ayah berbincang dengan orang aneh di halte bus ketika menunggu bus datang
Kegiatan yang memenuhi syarat interaksi sosial ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
23. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Pak Wawan menasihati anaknya yang membolos sekolah
2) Fitri dan ibunya menawar harga sayur yang dijual di pasar
3) Akira melihat kecelakaan yang terjadi di jalan raya
4) Arya berdiskusi dengan sobat sekelas terkait presentasi hasil penelitiannya
5) Udin menyalin catatan milik Sinta alasannya yaitu buku catatannya hilang
Pernyataan yang memenuhi syarat interaksi sosial ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
24. Sebagai ketua kelas, Fahmi berhasil mengajak teman-temannya mematuhi peraturan sekolah perihal memilah dan membuang sampah pada kolam sampah terpadu. Unsur pembentuk keteraturan sosial menurut ilustrasi tersebut adalah...
A. Pola sikap sosial
B. Keteraturan sosial
C. Keajekan sosial
D. Tertib sosial
E. Order sosial
25. Dewan direksi PT setuju membentuk lembaga komunikasi dengan para pekerja untuk menjembatani keinginan-keinginan yang berbeda. Proses sosial asosiatif tersebut berbentuk...
A. Kerja sama
B. Akulturasi
C. Konsiliasi
D. Kompromi
E. Koalisi
Download
Kunci Jawaban
Referensi Lainnya
1. PPT Soal Standar Ujian Nasional dan Pembahasan kompetensi Interaksi Sosial Klik di Sini
2. PPT Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial Klik di Sini
3. Soal-Soal Serupa Klik di Sini
4. Materi Pengayaan Klik di Sini
Baca Juga
Materi Sosiologi Bab 2. Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
Materi Tambahan
Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
1. Perhatikan gambar berikut!
Ciri interaksi sosial yang ditunjukkan pada gambar adalah...
A. Jumlah pelaku terdiri atas dua orang
B. Terdapat dimensi waktu pada siang hari
C. Terdapat kontak sosial menggunakan simbol
D. Terjadi komunikasi, namun tidak terjadi kontak
E. Terjadi kontak sosial yang hanya bersifat satu arah
2. Perhatikan gambar berikut!
Kegiatan yang ditunjukkan oleh gambar memuat proses sosial disosiatif antarkelompok karena..
A. Antarindividu saling menghalangi untuk memperoleh kemenangan
B. Antarkelompok saling bersaing satu sama lain biar menjadi juara
C. Antarindividu berkompetisi menuju finis dan memenangi perlombaan
D. Individu mengintimidasi individu lain biar bersedia menyerah dan takut
E. Kelompok melaksanakan kontradiksi dengan kelompok lain dalam perlombaan
3. Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan acara interaksi pada gambar sanggup diinterpretasikan bahwa...
A. Individu mencoba berkompromi dengan kelompok lain
B. Individu dipengaruhi sekelompok orang di hadapannya
C. Individu memengaruhi kelompok yang ada di hadapannya
D. Suatu kelompok berupaya memengaruhi kelompok lain
E. Suatu kelompok berupaya memengaruhi individu di hadapannya
4. Perhatikan gambar berikut!
Jika diinterpretasi, adegan pada gambar memperlihatkan bahwa...
A. Peserta didik melaksanakan kontak sosial sekunder dengan penerima didik lain
B. Guru dan penerima didik mempraktikkan kontak sosial antarindividu
C. Guru dan penerima didik menjalin kontak sosial primer di kelas
D. Peserta didik melaksanakan komunikasi searah dalam kelas
E. Guru dan penerima didik berkomunikasi tidak eksklusif dalam kelas
5. Saat istirahat Lukman mampir ke kelas Tomo. Ia mengingatkan Tomo jikalau nanti sore ekstrakurikuler jiujitsu diadakan kembali di aula sekolah. Tomo yang belum mengetahui kabar tersebut berterima kasih kepada Lukman. Tomo memastikan hadir dalam latihan sore nanti.
Ciri interaksi sosial yang menonjol dalam ilustrasi tersebut adalah...
A. Terdapat tujuan yang ingin dicapai
B. Terjadi komunikasi bersifat satu arah
C. Terbentuk komunikasi antarkelompok
D. Muncul respons dari teman-teman Tomo
E. Terdapat dimensi waktu ketika pulang sekolah
6. Simpati merupakan proses ketertarikan seseorang terhadap perilaku, pembawaan, sikap, dan aksara orang lain. Bentuk ketertarikan tersebut menjadikan simpati mempunyai hubungan bersahabat dengan proses interaksi sosial. Hubungan antara simpati dan proses interaksi sosial adalah...
A. Interaksi sosial selalu diawali dengan simpati antarpelaku
B. Simpati bisa mendorong seseorang melaksanakan kontak sosial
C. Simpati merupakan salah satu syarat seseorang melaksanakan interaksi sosial
D. Interaksi sosial hanya sanggup terbentuk apabila komunikator bersikap simpati
E. Interaksi sosial hanya sanggup terbentuk apabila komunikan bersikap simpati
7. Sebagai makhluk sosial, pelajar menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berinteraksi sosial di sekolah. Interaksi sosial di lingkungan sekolah ditunjukkan oleh pernyataan...
A. Peserta didik membaca naskah drama untuk pentas seni
B. Ketua OSIS mengumumkan peraturan gres mengenai pengeras bunyi sekolah
C. Bu Guru mengajar penerima didik menyanyikan lagu “Indonesia Raya” tiga stanza
D. Peserta didik kelas XII melaksanakan tryout Ujian Nasional di ruang laboratorium
E. Peserta didik menyaksikan video dokumenter perihal urbanisasi
8. Safira tergugah hatinya ketika membaca isu bahwa masyarakat lereng gunung berjuang mencari air higienis untuk minum dan memasak. Kemudian, Safira menghubungi pihak pengumpul bantuan dan menyatakan ingin berdonasi. Faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial tersebut adalah...
A. Imitasi
B. Sugesti
C. Simpati
D. Empati
E. Motivasi
9. Aldi bergegas pamit kepada ayahnya untuk latihan futsal. Dalam perjalanan ke lapangan, ia bertemu dengan Deni, Butet, Joko, dan Arka. Sesampainya di lapangan, Aldi mengemukakan taktik permainan kepada tim. Tim Aldi segera bertanding dengan tim Surya. Permainan tersebut dimenangi oleh tim Aldi. Sorakan penonton pun membahana bagi tim Aldi. Berdasarkan ilustrasi tersebut, kegiatan yang memperlihatkan interaksi sosial antara individu dan kelompok adalah...
A. Aldi berpamitan dengan ayahnya untuk bermain futsal
B. Tim Aldi mengalahkan tim Surya dalam pertandingan
C. Aldi mengemukakan taktik permainan kepada timnya
D. Tim Aldi menerima sorakan meriah dari penonton
E. Tim Aldi bertanding futsal melawan tim Surya
10. Mano menerima kiprah mencari sponsor dalam kegiatan pentas seni. Ia mengajukan usulan kepada pabrik garmen di daerahnya. Pemimpin pabrik menginginkan menjadi sponsor utama dalam pentas seni. Mano menjelaskan bahwa seruan tersebut tidak bisa dipenuhi alasannya yaitu sudah ada sponsor lain. Setelah berdiskusi, pemimpin pabrik mendapatkan tawaran Mano menjadi sponsor meskipun bukan sponsor utama. Berdasarkan ilustrasi tersebut proses sosial terjadi alasannya yaitu adanya...
A. Kontravensi antara pemimpin pabrik garmen dengan sponsor lain
B. Kompetisi antarpihak untuk menjadi sponsor utama kegiatan pensi
C. Kooptasi antara pihak sekolah dan masyarakat dalam memberi sponsor
D. Koalisi antarpihak dalam menawarkan sponsor untuk doorprize kegiatan
E. Bargaining antara Mano dan pemimpin pabrik garmen untuk tetap menjadi sponsor
11. Masyarakat Terbansari mempunyai kebiasaan memilah sampah. Sampah organik diolah menjadi pupuk, sedangkan sampah nonorganik didaur ulang. Kebiasaan ini diterapkan masyarakat guna mengatasi banjir akhir sampah. Kebiasaan masyarakat Terbansari memperlihatkan adanya unsur keteraturan sosial berupa...
A. Tatanan sosial
B. Tertib sosial
C. Order sosial
D. Keajekan
E. Pola
12. Ketika pulang sekolah, Dara melihat seorang nenek kesulitan menyeberang jalan. Dara segera menghampiri nenek tersebut dan membantu menyeberang hingga ke sisi jalan. Berdasarkan ilustrasi tersebut, faktor yang memengaruhi interaksi sosial tersebut adalah...
A. Sugesti
B. Empati
C. Simpati
D. Motivasi
E. Identifikasi
13. Menjelang pemilu putaran kedua, beberapa partai yang tidak lolos dalam putaran pertama bekerja sama dengan partai yang lolos di putaran pertama. Interaksi sosial yang terbentuk menurut ilustrasi tersebut yaitu...
A. Joint venture
B. Konsiliasi
C. Kooptasi
D. Koalisi
E. Koersi
14. Pada hari raya tahun ini Indah tidak sanggup pulang kampung. Oleh alasannya yaitu itu, Indah menjalin interaksi sosial dengan ibunya melalui video call. Berdasarkan proses berlangsungnya, jenis kontak sosial yang terjadi adalah...
A. Primer
B. Negatif
C. Sekunder
D. Antarindividu
E. Antara individu dan kelompok
15. Dalam kegiatan di sekolah, penerima didik sanggup terlibat dalam proses sosial asosiatif dan disosiatif. Contoh proses sosial asosiatif adalah...
A. Peserta didik kelas XA bertanding basket melawan penerima didik kelas XC
B. Antarpeserta didik bekerja sama untuk mengerjakan kiprah kelompok
C. Beberapa penerima didik senior mengintimidasi penerima didik baru
D. Peserta didik berlomba mengumpulkan karya tulis untuk diikutsertakan dalam loba literasi
E. Peserta didik kelas XI bersitegang dengan penerima didik kelas XII akhir kesalahpahaman
16. Peserta lomba cerdas cermat perwakilan dari tiap-tiap sekolah berusaha mengungguli nilai satu sama lain. Sebuah pujian tersendiri apabila mereka sanggup memenangi lomba tersebut. Aktivitas tersebut memperlihatkan proses disosiatif yang berbentuk...
A. Asimilasi
B. Akomodasi
C. Persaingan
D. Kontravensi
E. Pertentangan
17. Interaksi sosial yang dipengaruhi oleh faktor sugesti ditunjukkan oleh pernyataan...
A. Anto menolong seorang kakek yang terjatuh di jalan raya ketika bersepeda
B. Jono membeli jaket sama dengan jaket yang dikenakan musisi idolanya
C. Maya memercayai pendapat Susi bahwa ia anggun apabila menggunakan make up
D. Anwar menawarkan tepuk tangan kepada temannya yang memperoleh penghargaan
E. Daniel tetapkan menentukan jurusan bisnis biar menjadi pengusaha sukses menyerupai kakaknya
18. Interaksi sosial yang dipengaruhi oleh faktor simpati terdapat pada pernyataan...
A. Wako menggandakan gaya rambut pemain sepak bola idamannya
B. Fina memuji adiknya alasannya yaitu gemar membantu orang tua
C. Junio mengikuti kesuksesan ayahnya dalam bisnis makanan tradisional
D. Anggota OSIS melaksanakan bakti sosial demi membantu korban banjir di ibu kota
E. Kepala sekolah memberi semangat kepada penerima OSN biar meraih juara
19. Akomodasi merupakan salah satu proses sosial asosiatif yang bertujuan mengembalikan integrasi sosial. Akomodasi ditunjukkan oleh pernyataan...
A. Pemuda RT 02 dan RT 03 setuju menunjuk Indro sebagai ketua panitia 17-an
B. Putra berasal dari etnik Bugis menikah dengan Siti yang merupakan keturunan etnik Melayu
C. Kepala desa menjadi penengah antara warga yang terlibat perseteruan dalam pertandingan bola voli
D. Karla bernegosiasi dengan pihak sponsor perihal proteksi hadiah dalam pentas seni di sekolahnya
E. Sardi sebagai seniman dangdut berkolaborasi dengan seniman jazz sehingga menghasilkan pertunjukan jazzdangdut
20. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Tako bermain gitar sambil bernyanyi di kamar
2) Uleng berpamitan kepada orang bau tanah untuk pergi merantau
3) Pak Putra menjelaskan konsep pertanian organik kepada petani
4) Malomo membantu ibunya mencuci piring di dapur
5) Ola bercanda dengan temannya ketika pulang sekolah
Pernyataan yang memenuhi syarat interaksi sosial ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 2), 4), dan 5)
21. Perhatikan pola interaksi berikut!
1) Trisna membiasakan diri berjabat tangan ketika bertemu temannya di sekolah
2) Ruri mengetuk pintu ketika masuk ruang guru untuk bertemu wali kelas
3) Joni berdiskusi dengan Putra terkait acara kerja bakti di sekolah
4) Pak Harun melambaikan tangan melepas anaknya berangkat menjadi TKI
5) Agus dan ayahnya berdebat perihal tim sepakbola yang akan menang tabrak penalti
Contoh kontak sosial ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
22. Perhatikan pola kegiatan berikut!
1) Amira membaca pengumuman beasiswa pendidikan sarjana di papan mading sekolah
2) Supri berlatih menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dengan pengeras suara
3) Wijaya memberi tahu temannya melalui WhatsApp kalau ia tidak sanggup ikut latihan futsal
4) Bu Dyah berdiskusi bersama penerima didik membahas artikel penyimpangan sosial
5) Ayah berbincang dengan orang aneh di halte bus ketika menunggu bus datang
Kegiatan yang memenuhi syarat interaksi sosial ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
23. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Pak Wawan menasihati anaknya yang membolos sekolah
2) Fitri dan ibunya menawar harga sayur yang dijual di pasar
3) Akira melihat kecelakaan yang terjadi di jalan raya
4) Arya berdiskusi dengan sobat sekelas terkait presentasi hasil penelitiannya
5) Udin menyalin catatan milik Sinta alasannya yaitu buku catatannya hilang
Pernyataan yang memenuhi syarat interaksi sosial ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
24. Sebagai ketua kelas, Fahmi berhasil mengajak teman-temannya mematuhi peraturan sekolah perihal memilah dan membuang sampah pada kolam sampah terpadu. Unsur pembentuk keteraturan sosial menurut ilustrasi tersebut adalah...
A. Pola sikap sosial
B. Keteraturan sosial
C. Keajekan sosial
D. Tertib sosial
E. Order sosial
25. Dewan direksi PT setuju membentuk lembaga komunikasi dengan para pekerja untuk menjembatani keinginan-keinginan yang berbeda. Proses sosial asosiatif tersebut berbentuk...
A. Kerja sama
B. Akulturasi
C. Konsiliasi
D. Kompromi
E. Koalisi
Download
Kunci Jawaban
Referensi Lainnya
1. PPT Soal Standar Ujian Nasional dan Pembahasan kompetensi Interaksi Sosial Klik di Sini
2. PPT Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial Klik di Sini
3. Soal-Soal Serupa Klik di Sini
4. Materi Pengayaan Klik di Sini
Baca Juga
Materi Sosiologi Bab 2. Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
Materi Tambahan
Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
Belum ada Komentar untuk "Soal-Soal Standar Ujian Nasional. Individu, Kelompok, Dan Kekerabatan Sosial"
Posting Komentar