Soal-Soal Standar Ujian Nasional. Metode Penelitian Sosial

Pilihlah Jawaban yang Benar!
1. Perhatikan ilustrasi berikut!
“Abel ingin meneliti kesadaran pelajar tingkat Sekolah Menengan Atas terhadap lingkungan. Abel berencana membagi kuesioner secara acak kepada akseptor didik kelas X, XI, dan XII. Meskipun demikian, Abel telah menentukan jumlah sampel dari setiap kelas yang akan mendapatkan kuesioner”
Teknik pengambilan sampel yang dipakai pada penelitian tersebut adalah...
A. Random sampling
B. Cluster sampling
C. Accidental sampling
D. Purposive sampling
E. Stratified random sampling

2. Perhatikan ilustrasi berikut!
“Seorang peneliti meneliti wacana sikap perundungan (bullying) di kalangan pelajar. Peneliti mulai mengumpulkan data dengan mewawancara korban perundungan. Berdasarkan wawancara tersebut peneliti mendapatkan data statistik wacana sikap perundungan di kalangan remaja. Peneliti juga memperoleh rekomendasi pihak-pihak yang sanggup dimintai keterangan terkait kasus perundungan yang dialami para korban. Peneliti segera menyiapkan daftar pertanyaan yang sesuai dan menghubungi pihak tersebut untuk menciptakan komitmen wawancara”.
Teknik pengambilan sampel yang dipakai peneliti dalam mengumpulkan data menurut ilustrasi tersebut adalah...
A. Stratified random sampling
B. Purposive sampling
C. Accidental sampling
D. Snowball sampling
E. Random sampling

3. Perhatikan ilustrasi berikut!
“Sardi meneliti tingkat pemanfaatan perpustakaan oleh akseptor didik di sekolahnya. Untuk mendapatkan data penelitian, setiap jam istirahat ia tiba ke perpustakaan. Sardi mencatat banyak sekali insiden yang ia amati di perpustakaan. Sardi memperoleh fakta bahwa banyak akseptor didik memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat mengobrol. Mereka membawa makanan dari luar dan berbincang dengan keras. Dalam perpustakaan jarang ditemui akseptor didik yang melaksanakan acara membaca atau berdiskusi. Meskipun para pengunjung perpustakaan mengetahui Sardi tengah melaksanakan penelitian terkait pemanfaatan perpustakaan oleh akseptor didik, mereka tidak merasa terganggu. Mereka tetap melaksanakan banyak sekali acara menyerupai biasa”.
Keunggulan teknik pengumpulan data di atas adalah...
A. Responden sanggup mengungkapkan gosip khusus lebih mendalam
B. Peneliti sanggup mencatat secara bersamaan ketika terjadi suatu peristiwa
C. Peneliti sanggup mengembangkan pertanyaan sesuai situasi di lapangan
D. Peneliti sanggup menjangkau populasi hanya dalam waktu singkat
E. Peneliti mendapatkan semua jenis data yang akan diteliti


4. Rahmat ingin meneliti wacana solidaritas antaranggota komunitas sepeda onthel di kotanya. Untuk mendapatkan data awal, Rahmat bergabung dengan komunitas tersebut dan melaksanakan kegiatan bersama. Selama bergabung, Rahmat melaksanakan tanya jawab kepada beberapa anggota terkait hubungan sosial yang terjalin di antara mereka. Berdasarkan deskripsi tersebut, teknik pengumpulan data yang dilakukan Rahmat adalah...
A. Observasi nonpartisipasi dan wawancara
B. Observasi partisipasi dan wawancara
C. Dokumentasi dan wawancara
D. Dokumentasi dan kuesioner
E. Wawancara dan angket

5. Proposal penelitian Febian wacana pelestarian batik dengan pendekatan kualitatif disetujui guru. Minggu depan Febian mulai mengumpulkan data primer dalam penelitiannya. Sumber data yang digali Febian berupa...
A. Observasi, kutipan buku referensi, dan angket responden
B. Kutipan buku referensi, angket responden, dan dokumentasi
C. Diskusi grup (FGD), observasi, dan angket responden
D. Wawancara, observasi, dan diskusi grup (FGD)
E. Angket responden, dokumentasi, dan wawancara

6. Seorang peneliti akan meneliti wacana dinamika mobilitas sosial masyarakat kampung nelayan di Sumatera. Peneliti ingin menjelaskan perkembangan penduduk kampung nelayan yang jarang diketahui masyarakat luas. Peneliti tersebut ingin mengunjungi beberapa kampung nelayan dan mengumpulkan sampel penelitian dalam jumlah besar serta bersifat bebas. Jenis dan teknik pengambilan sampel yang sempurna dipakai peneliti adalah...
A. Deskriptif kuantitatif dengan random sampling
B. Eksperimen dengan snowball samping
C. Komparatif dengan random sampling
D. Eksperimen dan random sampling
E. Deskriptif dan snowball sampling

7. Sinaga melaksanakan penelitian wacana durasi bermain game online akseptor didik. Ia membagi angket sebanyak 100 lembar. Dari angket tersebut ia menerima 75 angket terisi dengan lengkap, 10 angket terisi dengan rumpang, 10 angket tidak diisi, dan 5 angket tidak dikembalikan. Kelemahan teknik pengumpulan data yang dipakai Sinaga adalah...
A. Peneliti bisa terpengaruh informan sehingga tidak objektif
B. Responden sering tidak teliti dalam menjawab pertanyaan
C. Validitas dibutuhkan untuk mengetahui keabsahan data
D. Banyak waktu dan tenaga yang dibutuhkan dalam mendapatkan data
E. Informan bersikap dan berperilaku berbeda dengan sikap sehari-hari

8. Seorang peneliti menyiapkan daftar pertanyaan ketika melaksanakan wawancara terstruktur terhadap responden. Fungsi daftar pertanyaan tersebut ialah...
A. Sebagai anutan pertanyaan
B. Petunjuk mengembangkan pertanyaan
C. Alat mencatat hasil tanggapan yang diberikan responden
D. Panduan mencatat hasil pengamatan terhadap responden
E. Panduan menguji kejujuran informan dalam menawarkan jawaban

9. Bayu membuatkan angket kepada responden yang sudah ditetapkan. Selanjutnya, angket yang diisi oleh responden dikumpulkan. Berdasarkan deskripsi tersebut, angket sanggup dikategorikan sebagai data primer karena...
A. Digunakan untuk mendukung hasil analisis
B. Tidak perlu diolah terlebih dahulu
C. Diperoleh eksklusif dari lapangan
D. Tersedia semenjak awal penelitian
E. Diperoleh secara serentak

10. Santoso melaksanakan penelitian sosial wacana efek penggunaan telepon seluler terhadap proses interaksi di lingkungan masyarakat. Santoso mendata semua warga di lingkungannya yang mempunyai telepon seluler. Kemudian, Santoso mengambil responden yang memakai telepon seluler bertipe android saja dari seluruh pengguna telepon seluler. Teknik pengambilan sampel penelitian sosial tersebut adalah...
A. Quota sampling
B. Cluster sampling
C. Random sampling
D. Accidental sampling
E. Systematic random sampling

11. Perhatikan ilustrasi berikut!
“Seorang peneliti ingin mengetahui kehidupan anak jalanan. Peneliti mengikuti mulai pagi sampai siang hari. Peneliti mengamati cara informan mencari nafkah untuk menyambung hidup di jalanan. Peneliti juga mengamati cara informan berinteraksi dengan sesama anak jalanan dan warga. Saat melaksanakan observasi, peneliti tidak terlibat dalam kegiatan informan. Peneliti hanya mengamati kegiatan informan dari kejauhan”
Keunggulan teknik observasi menurut ilustrasi tersebut adalah...
A. Waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data relatif singkat
B. Peneliti sanggup memperoleh gosip khusus dan fakta lapangan
C. Peneliti sanggup menggali persepsi informan secara mendalam
D. Identitas dan kehidupan pribadi informan sanggup dilindungi
E. Data di lapangan sanggup dikumpulkan secara serentak

12. Angket tidak sanggup dilepaskan dari penelitian kuantitatif. Angket berisi pertanyaan yang akan dijawab responden. Jenis angket yang memungkinkan responden menentukan tanggapan yang tersedia, tetapi tetap diberi kesempatan menawarkan jawabannya sendiri adalah...
A. Angket tidak langsung
B. Angket campuran
C. Angket langsung
D. Angket terbuka
E. Angket tertutup

13. Seorang peneliti mengumpulkan gosip terkait gaya hidup ramah lingkungan dalam masyarakat perkotaan. Upaya sempurna untuk memperoleh data sekunder menurut objek penelitian tersebut adalah...
A. Mencari rujukan jurnal terkait sejarah gaya hidup ramah lingkungan
B. Melakukan wawancara terhadap masyarakat yang mendaur ulang sampah domestik
C. Mendokumentasikan kegiatan warga dalam mempraktikkan gaya hidup ramah lingkungan
D. Mengobservasi warga masyarakat yang menerapkan kegiatan ramah lingkungan
E. Mengikuti kegiatan yang diselenggarakan warga terkait pengolahan sampah organik

14. Erik melaksanakan penelitian wacana efek pemanfaatan multimedia terhadap kesuksesan kegiatan berguru mengajar. Erik ingin membagikan angket kepada akseptor didik kelas XII IPS 1. Erik menuliskan nama semua responden dalam penggalan kertas. Selanjutnya, potongan-potongan kertas tersebut akan diundi. Nama-nama yang keluar undian tersebut akan dijadikan sampel dalam penelitian. Berdasarkan cara tersebut, teknik sampling yang dipakai peneliti ialah...
A. Systematic random sampling
B. Stratified random sampling
C. Random sampling
D. Cluster sampling
E. Quota sampling

15. Seorang peneliti melaksanakan penelitian dengan judul “Peran Keluarga terhadap Kegiatan Belajar Anak di Sekolah Menengan Atas 1 Sinjai Timur, Sulawesi Selatan”. Peneliti mengumpulkan data dengan membuatkan angket kepada akseptor didik semoga diberikan kepada orang tua/wali. Kelebihan instrumen tersebut adalah...
A. Data yang diperoleh lebih mendalam
B. Peneliti tidak harus bertemu responden
C. Responden yang dibutuhkan relatif sedikit
D. Peneliti sanggup menilai kejujuran responden
E. Peneliti sanggup mengembangkan pertanyaan


16. Perhatikan instrumen penelitian berikut!

Apabila dipandang menurut cara menjawabnya, pertanyaan tersebut mencerminkan jenis angket...
A. Terbuka
B. Tertutup
C. Langsung
D. Campuran
E. Tidak langsung

17. Seorang peneliti melaksanakan penelitian wacana efektivitas ketepatan lulus kuliah terhadap kesempatan berkarier dan berwirausaha. Peneliti tersebut memakai teknik pengambilan sampel berikut.

Keterangan:
A. Mahasiswa fakultas ilmu sosial angkatan tahun 2011 sebanyak 15 orang
B. Mahasiswa fakultas ilmu sosial angkatan tahun 2012 sebanyak 15 orang
C. Mahasiswa fakultas ilmu sosial angkatan tahun 2013 sebanyak 15 orang

Berdasarkan bagan, teknik pengambilan sampel yang dipakai peneliti adalah...
A. Stratified random sampling
B. Accidental sampling
C. Snowball sampling
D. Random sampling
E. Quota sampling

18. Perhatikan ilustrasi berikut!
“Seorang peneliti melaksanakan penelitian wacana dampak kenaikan harga garam terhadap pola konsumsi masyarakat di Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, Sumatera. Peneliti melaksanakan wawancara terstruktur dengan mengambil sampel mulai dari masyarakat golongan atas, menengah, sampai bawah. Hasil wawancara tersebut sanggup dijadikan data dalam analisis dampak kenaikan garam”
Berdasarkan ilustrasi pada soal, kelebihan memakai teknik tersebut ialah...
A. Dapat diterapkan pada responden dengan bermacam-macam latar belakang
B. Dibutuhkan banyak tenaga dalam proses pengumpulan data
C. Pertanyaan sanggup diadaptasi dengan situasi yang dihadapi
D. Dibutuhkan waktu dalam pengumpulan data
E. Interpretasi peneliti sanggup dipengaruhi oleh informan

19. Kumala ingin meneliti wacana produksi mainan tradisional di dusunnya. Untuk mendapatkan data, Kumala menentukan mewawancara perajin yang masih menekuni pembuatan mainan tersebut. Berdasarkan ilustrasi tersebut, teknik pengumpulan data yang dipakai Kumala adalah...
A. Random sampling
B. Snowball sampling
C. Stratified sampling
D. Purposive sampling
E. Propotional sampling

20. Sekelompok akseptor didik meneliti wacana komunitas pedagang kaki lima di pasar tradisional. Mereka melaksanakan tanya jawab secara eksklusif kepada para pedagang. Peserta didik menanyakan manfaat keberadaan pasar tradisional bagi komunitas pedagang kaki lima. Kelebihan metode pengumpulan data yang dipakai akseptor didik tersebut adalah...
A. Mendapatkan data yang terperinci dan personal dari informan
B. Meningkatkan kualitas data primer yang diperoleh peneliti
C. Merekam seluruh insiden yang terjadi dikala penelitian
D. Memudahkan mengolah data yang telah dikumpulkan
E. Memperpendek waktu untuk kegiatan penelitian

21. Seorang peneliti melaksanakan kajian mengenai keberhasilan penerapan Kurikulum 2013 di lima provinsi Pulau Jawa pada tahun 2016. Peneliti membagi tiga zona, yaitu barat, tengah, dan timur untuk mempermudah pengelompokan data. Berdasarkan deskripsi tersebut cara pengambilan sampel yang dipakai peneliti adalah...
A. Propotional sampling
B. Purposive sampling
C. Random sampling
D. Quota sampling
E. Area sampling

22. Perhatikan teladan angket tertutup berikut!

Kelebihan jenis instrumen pada teladan di atas adalah...
A. Tidak diharapkan banyak waktu untuk mengisi angket
B. Responden tidak harus berpikir dalam mengisi angket
C. Responden bisa menyatakan pikirannya secara terperinci
D. Pengisian angket harus dinantikan semoga karenanya maksimal
E. Memberikan kebebasan kepada responden mengemukakan isi hati

23. Seseorang ingin meneliti wacana persepsi masyarakat terhadap sistem pemilihan kepala kawasan dengan memakai kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data.
Kelebihan instrumen tersebut adalah...
A. Memiliki validitas data yang tinggi
B. Memiliki reliabilitas data yang tinggi
C. Menghemat biaya cetak instrumen
D. Menjangkau banyak responden
E. Bentuk pertanyaan bersifat standar

24. Ciri teknik pengumpulan data:
1) Responden sulit menentukan tanggapan yang tersedia
2) Peneliti tidak bisa menyelami lebih jauh kehidupan responden
3) Responden yang sibuk sering sulit ditemui
4) Dibutuhkan waktu usang dan biaya mahal
5) Hasil wawancara kadang tidak sesuai kebutuhan
Kelemahan teknik wawancara adalah…
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

25. Pemerintah melaksanakan penelitian wacana tingkat pendidikan masyarakat Indonesia. Dengan pertimbangan efisiensi sebab masyarakatnya tersebar di beberapa wilayah, maka peneliti mengambil sampel responden dari beberapa kawasan saja. Teknik pengambilan sampel tersebut adalah…
A. Sampel bertujuan
B. Sampel wilayah
C. Sampel kuota
D. Sampel acak
E. Sampel berstrata


Download
Kunci Jawaban 

Referensi Lainnya
1. PPT Soal Standar Ujian Nasional dan Pembahasan Kompetensi Metode Penelitian Sosial Klik di Sini 
2. PPT Materi Ujian Nasional Kompetensi Metode Penelitian Sosial Klik di Sini
3. Soal-Soal Serupa Klik di Sini
4. Soal-Soal Standar Ujian Nasional. Pengolahan dan Interpretasi Data Penelitian Klik di Sini 
5. PPT Soal Standar Ujian Nasional dan Pembahasan Kompetensi Pengolahan dan Interpretasi Data Penelitian Klik di Sini
6. Materi Pengayaan Klik di Sini

Baca Juga 
Materi Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.1 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.2 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)


Materi Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.1 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.2 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
 


Materi Tambahan
Materi Ujian Nasional Kompetensi Metode Penelitian Sosial

Belum ada Komentar untuk "Soal-Soal Standar Ujian Nasional. Metode Penelitian Sosial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel