Soal-Soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 Dan C5 (Hots). Bahan Sosialisasi Dan Pembentukan Kepribadian

1. Rino yang berusia 3 tahun, sedang bermain dengan teman-teman sebayanya. Ia berpenampilan sebagai dokter gigi, sementara temannya yang lain menjadi pasiennya. Tahap pembentukan kepribadian bagi Rino termasuk pada...
A. Generalized others
B. Significant others
C. Personality stage
D. Game stage
E. Play stage

2. Sejak internet masuk sekolah, para siswa dianjurkan menggunakannya sebagai sumber belajar. Di samping itu, para siswa juga menggunakannya untuk mengerjakan kiprah sekolah dalam jejaring sosial. Setelah terbiasa menggunakan internet, para siswa merasa menjadi kurang pintar dan ketinggalan zaman tanpa internet. Peran internet dalam pembentukan kepribadian siswa tersebut adalah...
A. Menjadikan sekolah semakin modern
B. Memajukan sistem dunia pendidikan
C. Membuka kepercayaan masyarakat
D. Menambah wawasan pengetahuan
E. Menambah wewenang kiprah sekolah

3. Karena kemiskinan di kampung halamannya, seseorang mencoba merantau ke kota. Di kota, ia bergaul dengan masyarakat sekitar, mempelajari kebiasaan-kebiasaan orang di kota dengan tujuan biar sanggup beradaptasi dengan nilai dan norma masyarakat setempat. Peran yang dimainkan orang tersebut merupakan tujuan sosialisasi, yaitu...
A. Mengetahui tujuan dari sikap merantau
B. Mengetahui keragaman kebudayaan daerahnya
C. Memahami dan menjalankan hukum yang berlaku
D. Mengenalkan perbedaan yang ada di masyarakat
E. Mengetahui dengan detail lingkungan fisik yang baru

4. Sebagai orang Jawa, Budi dididik oleh ibu dan ayahnya berbahasa dan berbudaya Jawa yang tepat pada dikala berkomunikasi dengan orang lain sesuai dengan tingkatan statusnya. Dalam pola tersebut terjadi proses sosialisasi yang dipengaruhi oleh faktor...
A. Lingkungan fisik
B. Warisan biologis
C. Pengalaman unik
D. Pengalaman kelompok
E. Lingkungan kebudayaan


5. Sejak menjadi anggota OSIS di sekolah, Rina yang semula pemalu, menjelma seorang pemberani, berpikir kritis, sistematis, dan sopan. Rina juga peduli dengan problem lingkungan dan pelestarian budaya, serta gampang bergaul. Segala potensi yang dimiliki Rina merupakan hasil dari fungsi sosialisasi...
A. Keluarga
B. Media massa
C. Kelompok sebaya
D. Lingkungan sekolah
E. Lingkungan kerja

6. Seorang siswa berjulukan Robert sanggup bergaul secara luwes dengan sahabat sebayanya, sehingga ia disenangi oleh teman-temannya. Tidak hanya itu, ia juga sanggup mendapatkan perbedaan pendapat dengan orang lain. Contoh tersebut merupakan tujuan sosialisasi, yaitu...
A. Membentuk kepribadian ideal sebagai insan multikulturalis
B. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara massal
C. Mengadakan latihan pengembangan langsung yang mawas diri
D. Menanamkan nilai dan norma kepercayaan nenek moyang
E. Mengendalikan fungsi organik sebagai simbol komunikasi

7. Di dalam kelas, guru secara rutin mengorganisasi proses pembelajaran bagi murid-murid, memperlihatkan penguatan, dan melaksanakan lembaga diskusi biar murid-murid bisa berdikari dan bertanggung jawab. Meskipun antara guru dan murid tampak akrab, namun di antara mereka tetap menjaga budbahasa sebagaimana lazimnya. Sosialisasi yang dikembangkan di sekolah tersebut, termasuk tipe sosialisasi...
A. Primer
B. Formal
C. Sekunder
D. Nonformal
E. Partisipatoris

8. Susan merupakan remaja yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Ia gemar mendengarkan musik dan menonton film Korea. Kebiasaan ini memengaruhi sikap Susan dalam kesehariannya. Media sosialisasi yang memengaruhi perubahan sikap Susan adalah...
A. Keluarga
B. Teman sebaya
C. Media elektronik
D. Teman sekerja
E. Lembaga pendidikan

9. Setelah sering bergaul dengan teman-teman sebayanya, Dodi akhir-akhir ini memperlihatkan perubahan sikap dan sikap yang cenderung kurang disukai oleh masyarakat di lingkungannya. Perilaku Dodi tersebut merupakan hasil bentuk sosialisasi...
A. Partisipatif
B. Represif
C. Preventif
D. Primer
E. Sekunder

10. Media massa merupakan salah satu biro sosialisasi yang mempunyai kiprah penting dalam proses pembangunan, alasannya yaitu pembangunan harus sanggup dinikmati oleh setiap lapisan masyarakat. Peran media massa sebagai biro sosialisasi sekunder dalam pembangunan untuk persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia adalah...
A. Menayangkan hasil pembangunan
B. Memberikan pendidikan pada masyarakat
C. Mendorong proses integrasi
D. Menyajikan informasi dan hiburan
E. Mengomunikasikan hasil pembangunan

11. Adanya kelompok bermain bagi seorang anak akan memperlihatkan peranan kasatmata bagi perkembangan sosialisasinya. Peranan-peranan kasatmata tersebut, salah satunya yaitu seorang anak akan...
A. Membentuk sistem interaksi yang intim
B. Memperkenalkan nilai-nilai
C. Mendapat tempat penyaluran banyak sekali perasaannya, menyerupai duka dan senang
D. Mengajarkan pendidikan
E. Memengaruhi perkembangan intelektual

12. Setiap insan dianugerahi kemampuan berpikir, terutama dalam hal meniru, meskipun acara menjiplak pada tahap ini belumlah sempurna. Misalnya, kata mama yang diajarkan oleh ibunya hanya bisa ditiru menjadi “ma”. Anak tersebut sedang melaksanakan proses sosialisasi pada tahap...
A. Play stage
B. Game stage
C. Preparatory stage
D. Generalized stage
E. Desosialisasi stage

13. Iklan-iklan yang ditayangkan melalui media massa mempunyai potensi untuk mengubah pola konsumsi atau bahkan gaya hidup masyarakat. Media massa pun sering dipakai untuk memengaruhi dan bahkan membentuk pendapat umum. Pengaruh media sosialisasi tersebut terhadap perkembangan kepribadian adalah...
A. Mengarahkan individu untuk berperilaku antisosial
B. Membuat individu bersikap konsumerisme
C. Sikap hedonis berkembang pada diri individu
D. Individu menjadi kenal dan terbiasa dengan budaya Barat
E. Kebiasaan individu mengalami perubahan kondisional


14. Setiap orangtua akan mengingatkan anaknya untuk berguru berdikari dan tidak tergantung kepada orang lain. Contoh tersebut memperlihatkan bentuk sosialisasi...
A. Primer
B. Formal
C. Represif
D. Preventif
E. Sekunder

15. Remaja putri dilahirkan dari keluarga yang sederhana, akan tetapi ia tergolong anak yang cerdas, gampang bergaul, mempunyai motivasi yang tinggi dalam melaksanakan sesuatu yang sifatnya baik. Ia juga mempunyai talenta olahraga dan seni yang diturunkan dari ibunya.
Kepribadian remaja putri tersebut dipengaruhi oleh faktor...
A. Lingkungan keluarga
B. Lingkungan sekolah
C. Lingkungan bermain
D. Media elektronik
E. Teman sebaya

16. Terdapat orang bau tanah yang dulunya sebagai pemain basket dengan postur badan yang tinggi. Anaknya pun kini menjadi pemain basket terkenal, sehabis melalui latihan yang rutin dan bersungguh-sungguh. Faktor yang memengaruhi kepribadian anak adalah...
A. Lingkungan fisik
B. Lingkungan budaya
C. Lingkungan sekolah
D. Teman bermain
E. Warisan biologis

17. Seorang anak kecil sedang bermain boneka. Ia memperlakukan boneka menyerupai layaknya seorang anak. Proses sosialisasi ini terjadi pada tahap play stage yaitu...
A. Membentuk konsep diri melalui permainan
B. Mulai berguru menjiplak kiprah orang tua
C. Membiasakan berperilaku sesuai dengan nilai
D. Pembentukan diri yang dipengaruhi orang lain
E. Mampu berinteraksi dengan masyarakat sekitarnya

18. Contoh tahap perkembangan diri seseorang:
(1) Budi menjadi ketua senat mahasiswa Fakultas Hukum
(2) Dalam usia relatif muda, Susi menjadi anggota DPRD tingkat I
(3) Jessy mengikuti sikap kakaknya mencoret-coret tembok rumahnya
(4) Dewi melanjutkan bisnis orang tuanya di bidang perjuangan transportasi taksi
(5) dinda menyanyi lagu kesukaannya di kamar tidurnya dengan bunyi gembira
Yang termasuk tahap generalized others adalah...
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

19. Anita sering berperilaku menyerupai ibunya dikala berangkat kerja, yaitu menggunakan sepatu hak tinggi dan membawa tas kerja. Perilaku Anita termasuk dalam tahap sosialisasi...
A. Tahap persiapan bertindak
B. Tahap persiapan
C. Tahap meniru
D. Tahap penerimaan norma kolektif
E. Tahap persiapan penerimaan

20. Sebagai peserta didik yang disiplin, Wuri selalu mengumpulkan kiprah tepat waktu. Wuri tidak ingin diberi eksekusi oleh guru alasannya yaitu terlambat mengumpulkan tugas. Ilustrasi tersebut memperlihatkan proses sosialisasi terjadi pada tahap game stage yaitu...
A. Mulai memahami dirinya dan menjiplak sikap orang bau tanah
B. Menyadari keberadaan dirinya dan orang-orang terdekat
C. Mulai memahami kiprah dan peraturan yang berlaku
D. Meniru sikap orang arif balig cukup akal secara lebih sempurna
E. Memiliki pendapat sendiri dalam memecahkan masalah


Download
Kunci Jawaban

Baca Juga
Jenis Soal Kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Belum ada Komentar untuk "Soal-Soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 Dan C5 (Hots). Bahan Sosialisasi Dan Pembentukan Kepribadian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel