Robert Gagne
Biografi Psikolog
Robert Mills Gagne (21 Agustus 1916 – 28 April 2002), Gagne lahir di Andover Utara, Massachusetts. Ia mendapat gelar A.B dari Universitas Yale pada tahun 1937 dan gelar Ph.D dari Universitas Brown pada tahun 1940. Dia yaitu seorang Profesor dalam bidang psikologi dan psikologi pendidikan di Connecticut College (1940-1949), universitas negara bab Pensylvania (1945-1946), Profesor di departemen penelitian pendidikan di universitas negara bab Florida di Tallahasse mulai tahun 1969.
Gagne juga menjabat sebagai administrator riset untuk angkatan udara (1949-1958) di Lackland, Texas dan Lowry, Colorado. Ia pernah bekerja sebagai konsultan dari departemen pertahanan (1958-1961) dan untuk dinas pendidikan Amerika Serikat (1964- 1966), selain itu ia juga bekerja sebagai administrator riset pada Institut penelitian Amerika di Pittsburgh (1962-1965).
Hasil kerja Gagne mempunyai efek besar pada pendidikan Amerika, training militer dan industri. Gagne dan L. J. Briggs ada di antara pengembangan awal dari teori desain sistem instruksional yang memperlihatkan bahwa semua komponen dari pelajaran atau periode kode sanggup dianalisis dan semua komponen yang sanggup dirancang untuk beroperasi bantu-membantu sebagai suatu planning untuk pengajaran. Dalam suatu artikel berjudul “Teknologi Pendidikan dan Proses Pembelajaran” (1974), Gagne mendefinisikan kode sebagai “Serangkaian acara yang direncanakan untuk acara eksternal yang memengaruhi proses pembelajaran dan itu memromosikan pendidikan”.
Gagne juga dikenal untuk teori stimulus-responsnya yang mutakhir dari delapan jenis pembelajaran yang dibedakan dalam hal kualitas dan kuantitas dari respons stimulus yang mempunyai keterkaitan. Dari yang paling gampang sampai yang paling sulit atau kompleks, ini yaitu Signal learning (Pavlovian Conditioning) Stimulus response learning (operant conditioning) Chaining (Complex Operant Conditioning) Verbal association, Discrimination learning, Concept learning, Rule learning, Problem solving.
Gagne beropini bahwa banyak keterampilan sanggup dianalisis dalam suatu sikap hierarki yang disebut pembelajaran hierarki. Seorang pelatih akan berbagi pembelajaran hierarki untuk sesuatu yang diajarkan dengan menyatakan keahlian untuk dipelajari sebagai sikap tertentu dan untuk lalu bertanya dan menjawab pertanyaan “Apa yang ingin Anda ketahui perihal bagaimana cara untuk melaksanakan kiprah ini, sehabis diberikan suatu petunjuk”. Gagne menguji Teori pembelajaran hierarki belajar, terutama memakai keterampilan aritmatika sederhana. Temuannya cenderung mendukung gagasan hierarki pembelajaran dan memperlihatkan bahwa individu jarang mempelajari keterampilan yang lebih tanpa sebelumnya tahu keahlian atau keterampilan yang lebih rendah.
Pendekatan Gagne pada pembelajaran dan pengajaran, terutama pada pendekatan desain sistem pengajaran, yang kadang kala dikritik sebagai yang paling pantas untuk kemahiran berguru warta dan obyek keterampilan intelektual, tidak diragukan lagi untuk sikap dan taktik kognitif, hasil kerja Gagne mempunyai dampak yang cukup besar pada teori dan pemikirannya di kalangan pendidikan.
Teori hierarkinya perihal langkah-langkah prasyarat dalam pembelajaran mempunyai banyak implikasi untuk peruntunan kode dan ia banyak menawarkan bantuan untuk pengembangan pendekatan ilmu pengetahuan pada pengajaran. Di bidang bahasa Inggris, misalnya ia diizinkan guru bahasa Inggris untuk menjabarkan keterampilan bahasa Inggris ke dalam komponen yang lebih sederhana dan untuk mengajarkan komponen ini ke dalam suatu urutan, memperkuat balasan yang benar dalam sepanjang perjalanan. Gagne berfokus pada kode sistematis yang sempurna yang juga membantu meletakan dasar untuk pengajaran individual dan sekolah akuntansi di kalangan masyarakat Amerika.
Sumber
Dari banyak sekali Sumber
Download
Baca Juga
1. Hasil Belajar Menurut Gagne
2. Robert Gagne. Keterampilan Intelektual
3. Robert Gagne. Strategi Kognitif, Informasi Verbal, Sikap, dan Keterampilan Motorik
4. Robert Gagne. Kejadian Belajar
5. Robert Gagne. Kejadian Instruksional
Robert Mills Gagne (21 Agustus 1916 – 28 April 2002), Gagne lahir di Andover Utara, Massachusetts. Ia mendapat gelar A.B dari Universitas Yale pada tahun 1937 dan gelar Ph.D dari Universitas Brown pada tahun 1940. Dia yaitu seorang Profesor dalam bidang psikologi dan psikologi pendidikan di Connecticut College (1940-1949), universitas negara bab Pensylvania (1945-1946), Profesor di departemen penelitian pendidikan di universitas negara bab Florida di Tallahasse mulai tahun 1969.
Hasil kerja Gagne mempunyai efek besar pada pendidikan Amerika, training militer dan industri. Gagne dan L. J. Briggs ada di antara pengembangan awal dari teori desain sistem instruksional yang memperlihatkan bahwa semua komponen dari pelajaran atau periode kode sanggup dianalisis dan semua komponen yang sanggup dirancang untuk beroperasi bantu-membantu sebagai suatu planning untuk pengajaran. Dalam suatu artikel berjudul “Teknologi Pendidikan dan Proses Pembelajaran” (1974), Gagne mendefinisikan kode sebagai “Serangkaian acara yang direncanakan untuk acara eksternal yang memengaruhi proses pembelajaran dan itu memromosikan pendidikan”.
Gagne juga dikenal untuk teori stimulus-responsnya yang mutakhir dari delapan jenis pembelajaran yang dibedakan dalam hal kualitas dan kuantitas dari respons stimulus yang mempunyai keterkaitan. Dari yang paling gampang sampai yang paling sulit atau kompleks, ini yaitu Signal learning (Pavlovian Conditioning) Stimulus response learning (operant conditioning) Chaining (Complex Operant Conditioning) Verbal association, Discrimination learning, Concept learning, Rule learning, Problem solving.
Gagne beropini bahwa banyak keterampilan sanggup dianalisis dalam suatu sikap hierarki yang disebut pembelajaran hierarki. Seorang pelatih akan berbagi pembelajaran hierarki untuk sesuatu yang diajarkan dengan menyatakan keahlian untuk dipelajari sebagai sikap tertentu dan untuk lalu bertanya dan menjawab pertanyaan “Apa yang ingin Anda ketahui perihal bagaimana cara untuk melaksanakan kiprah ini, sehabis diberikan suatu petunjuk”. Gagne menguji Teori pembelajaran hierarki belajar, terutama memakai keterampilan aritmatika sederhana. Temuannya cenderung mendukung gagasan hierarki pembelajaran dan memperlihatkan bahwa individu jarang mempelajari keterampilan yang lebih tanpa sebelumnya tahu keahlian atau keterampilan yang lebih rendah.
Pendekatan Gagne pada pembelajaran dan pengajaran, terutama pada pendekatan desain sistem pengajaran, yang kadang kala dikritik sebagai yang paling pantas untuk kemahiran berguru warta dan obyek keterampilan intelektual, tidak diragukan lagi untuk sikap dan taktik kognitif, hasil kerja Gagne mempunyai dampak yang cukup besar pada teori dan pemikirannya di kalangan pendidikan.
Teori hierarkinya perihal langkah-langkah prasyarat dalam pembelajaran mempunyai banyak implikasi untuk peruntunan kode dan ia banyak menawarkan bantuan untuk pengembangan pendekatan ilmu pengetahuan pada pengajaran. Di bidang bahasa Inggris, misalnya ia diizinkan guru bahasa Inggris untuk menjabarkan keterampilan bahasa Inggris ke dalam komponen yang lebih sederhana dan untuk mengajarkan komponen ini ke dalam suatu urutan, memperkuat balasan yang benar dalam sepanjang perjalanan. Gagne berfokus pada kode sistematis yang sempurna yang juga membantu meletakan dasar untuk pengajaran individual dan sekolah akuntansi di kalangan masyarakat Amerika.
Sumber
Dari banyak sekali Sumber
Download
Baca Juga
1. Hasil Belajar Menurut Gagne
2. Robert Gagne. Keterampilan Intelektual
3. Robert Gagne. Strategi Kognitif, Informasi Verbal, Sikap, dan Keterampilan Motorik
4. Robert Gagne. Kejadian Belajar
5. Robert Gagne. Kejadian Instruksional
Belum ada Komentar untuk "Robert Gagne"
Posting Komentar