Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Sosiologi [Kelas Xi Belahan 2]

A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menawarkan sikap sebagai kepingan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar
1.1. Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghargai keberagaman agama dengan menjunjung tinggi keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1. Menumbuhkan kesadaran individu untuk mempunyai tanggung jawab publik dalam ranah perbedaan sosial.
2.2. Menunjukkan sikap toleransi dan tenggang rasa sosial terhadap perbedaan sosial.
3.2. Memahami permasalahan sosial dalam kaitannya dengan pengelompokan sosial dan kecenderungan pribadi sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan sosiologis.
4.2. melaksanakan respons mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat dengan cara memahami dengan kaitan pengelompokan sosial dengan kecenderungan pribadi dan timbulnya permasalahan sosial.

C. Indikator
1. Menjelaskan pengertian permasalahan sosial
2. Menjelaskan masalah-masalah sosial dalam masyarakat
3. Menjelaskan keberagaman kelompok sosial
4. Menjelaskan perbedaan-perbedaan dalam kelompok sosial
5. Menjelaskan cara mengatasi permasalahan sosial di masyarakat

D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan memakai metode diskusi pada topik permasalahan sosial dalam masyarakat siswa mampu:
1. Mendeskripsikan pengertian permasalahan sosial
2. Menganalisis masalah-masalah sosial dalam masyarakat
3. Mengklasifikasikan keberagaman kelompok sosial
4. Mengidentifikasi perbedaan-perbedaan dalam kelompok sosial
5. Memberikan solusi untuk permasalahan sosial di masyarakat

E. Materi Pembelajaran
Permasalahan sosial dalam masyarakat
1. Pengertian permasalahan sosial
2. Masalah-masalah sosial dalam masyarakat
3. Keberagaman kelompok sosial
4. Perbedaan-perbedaan dalam kelompok sosial
5. Cara mengatasi permasalahan sosial di masyarakat

F. Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1. Model pembelajaran: saintifik
2. Strategi pembelajaran: kooperatif
3. Metode: ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan

G. Kegiatan Pembelajaran
Langkah 1: Kegiatan awal (apersepsi)
- Doa
- Absensi
- Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

Langkah 2: Kegiatan inti
Mengamati
- Mengenali aneka macam permasalahan sosial yang ada di masyarakat sekitar.
Menanya
- Menumbuhkan rasa ingin tahu wacana aneka macam permasalahan sosial di masyarakat (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui contoh-contoh nyata dan mendiskusikannya dari sudut pandang pengetahuan sosiologi berorientasi pemecahan persoalan yang menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial.
Mengumpulkan informasi
- Melakukan survei di masyarakat setempat wacana permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen/literatur dengan memakai panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya.
Menalar/Mengasosiasi
- Menginterpretasi data hasil survei wacana permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial-ekonomi dan ketidakadilan) dikaitkan dengan konsep keragaman kelompok sosial.
Mengomunikasikan
- Mempresentasikan hasil survei wacana permasalahan sosial dan pemecahannya sesuai hasil pengamatan.

Langkah 3: Kegiatan selesai (Penutup)
- Rangkuman
- Penilaian proses
- Penugasan

H. Penilaian Hasil Belajar
Sikap
Observasi
- Penilaian wacana sikap saling menghormati, tanggung jawab, disiplin, toleransi, jujur, kerja sama, gotong royong, cinta damai, responsif, dan pro aktif serta kinerja siswa selama melaksanakan aktivitas baik aktivitas klasikal, mandiri, atau kelompok mengikuti mekanisme atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

Pengetahuan
Tes
- Melakukan tes tertulis untuk mengetahui pemahaman siswa wacana permasalahan sosial

Tugas
- Membuat kesimpulan dari hasil survei wacana permasalahan sosial di masyarakat sekitar.

Keterampilan
Praktik/Kinerja
- Praktik wawancara atau observasi dalam melaksanakan survei di masyarakat wacana permasalahan sosial.

I. Contoh Instrumen
Soal
1. Mengapa kesenjangan sosial sanggup menjadikan terjadinya konflik?
2. Mengapa dalam proses sosial senantiasa terjadi masalah-masalah sosial? Uraikan pendapat Anda
3. Sebutkan dampak adanya permasalahan sosial di masyarakat
4. Jelaskan cara mengatasi persoalan kejahatan
5. Mengapa dalam proses sosial senantiasa terjadi masalah-masalah sosial? Uraikan pendapat Anda


Kunci instrumen
1. Kesenjangan sosial sanggup menjadikan konflik alasannya mengakibatkan suatu kecemburuan dan anggapan diskriminasi atau pembatasan hak masyarakat untuk memeroleh kesejahteraan. Ketidakmerataan pembangunan infrastruktur menciptakan pembangunan ekonomi menjadi terhambat sehingga masyarakat di kawasan yang mengalami ketertinggalan akan merasa termarginalkan. Kesenjangan sosial merupakan salah satu penyebab timbulnya kekerasan, kesalahpahaman, dan kericuhan di Indonesia.

2. Masalah sosial sanggup timbul selama proses sosial itu berlangsung. Selama proses sosial di masyarakat dalam perkembangannya niscaya timbul adanya perubahan-perubahan di aneka macam aspek kehidupan. Perubahan tersebut sanggup berupa kemajuan (memberi manfaat) dan kemunduran (menimbulkan masalah). Selama proses masyarakat dalam beradaptasi terhadap perubahan timbullah persoalan sosial.

3. Dampak dari adanya permasalahan sosial di masyarakat sebagai berikut.
a. Meningkatnya tingkat kriminalitas
b. Adanya kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin
c. Adanya perpecahan kelompok
d. Munculnya sikap menyimpang
e. Meningkatnya pengangguran

4. Untuk mengatasi persoalan kejahatan sanggup dilakukan dengan dua cara berikut.
a. Preventif, ialah dengan cara menjauhkan diri dari pola-pola kejahatan dan mendekatkan diri dari pola-pola sikap yang tidak menyukai kejahatan
b. Represif, ialah dengan cara rehabilitasi, ibarat sebagai berikut.
1) Menciptakan jadwal yang bertujuan menghukum orang tersebut
2) Berusaha mengubah biar orang tersebut tidak jahat, contohnya dengan cara memberi pekerjaan atau latihan-latihan untuk menguasai bidang-bidang tertentu biar sanggup membaur kembali dengan masyarakat umum.

5. Masalah sosial sanggup timbul selama proses sosial itu berlangsung. Selama proses sosial di masyarakat dalam perkembangannya niscaya timbul adanya perubahan-perubahan di aneka macam aspek kehidupan. Perubahan tersebut sanggup berupa kemajuan (memberi manfaat) dan kemunduran (menimbulkan masalah). Selama proses masyarakat dalam beradaptasi terhadap perubahan timbullah persoalan sosial.

J. Sumber Belajar
Buku teks pelajaran, buku acuan yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di lingkungan sekitar.




Download

Lihat Juga
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)


Media
1. Power Point Bag. 1
2. Power Point Bag. 2
3. Power Point Bag. 3 
4. Video Penunjang
5. Materi Pengayaan Sosiologi. Permasalahan Sosial dalam Masyarakat 

Soal-soal
Soal Pilihan Ganda
Soal Esai

Belum ada Komentar untuk "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Sosiologi [Kelas Xi Belahan 2]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel