Pengertian Suku Bunga (Bunga Pinjaman, Kredit, Dan Simpanan)

Pengertian Suku Bunga ialah harga yang harus dibayar oleh bank dan atau nasabah sebagai balas jasa atas transaksi antara bank dan nasabah. Harga berdasarkan ahli, Reichenbach (1986)  adalah sejumlah uang yang diterima oleh penjual untuk barang atau jasa di daerah produksi atau di dalam acara usaha.  Harga bukanlah apa yang diterima oleh penjual, akan tetap merupakan apa yang benar-benar diterimanya.


Pengertian Suku Bunga ialah harga yang harus dibayar oleh bank dan atau nasabah sebagai b Pengertian Suku Bunga (Bunga Pinjaman, Kredit, dan Simpanan)

Dalam perbankan, terdapat dua harga yang selalu ada dalam praktik perbankan yaitu harga beli dan jual.  Apabila bank membeli dana dari nasabah, maka bank akan membayar sejumlah harga tertentu kepada nasabah, Oleh sebab itu sanggup dikatakan bahwa bank akan membeli dana dari nasabah dengan harga beli tertentu yang disebut dengan bunga simpanan. Di sisi lain belum juga akan menjual dana kepada nasabah yang membutuhkan dana dengan harga jual tertentu yang diperjanjikan. Perbedaan harga jual dan beli yang diaplikasikan dengan adanya perbedaan bunga kredit dan simpanan disebut dengan spread. 

Penerapan bunga yang terdapat pada bank konvensional sanggup dipisahkan menjadi dua jenis yaitu:

#1. Suku Bunga simpanan

Bunga simpanan ialah tingkat harga tertentu yang dibayarkan oleh bank kepada nasabah atas simpanan yang dilakukannya. Bunga simpanan ini diberikan oleh bank untuk menunjukkan rangsangan kepada nasabah penyimpan dana biar menempatkan dananya di bank. Berapa bank menunjukkan pelengkap bunga kepada nasabah yang menempatkan dananya dalam bentuk deposito sejumlah tertentu. Hal ini dilakukan biar nasabah akan selalu meningkatkan simpanan dananya.

#2. Suku Bungan Pinjaman atau Bunga Kredit

Bunga dukungan atau bunga kredit ialah harga tertentu yang harus dibayar oleh nasabah kepada bank atas dukungan yang diperolehnya. Bagi bank, bunga dukungan merupakan harga jual yang dibebankan kepada nasabah yang membutuhkan dana. Untuk memperoleh keuntungan, maka bank akan menjual dengan harga yang lebih tinggi dibanding dengan harga beli, artinya bunga kredit lebih tinggi dibandingkan bunga simpan.

Bunga dukungan dan simpanan merupakan pendapatan dan beban utama bagi bank. Bunga kredit merupakan komponen utama pendapatan yang diperoleh bank.  Penyaluran dana dalam bentuk kredit yang dilakukan oleh bank menempati posisi terbesar. Biaya yang berasal dari Bunga simpanan dana pihak ketiga merupakan biaya yang paling besar yang ditanggung oleh bank.

Bunga dukungan dan simpanan akan memiliki keterkaitan yang sangat erat. Pada kondisi terdapat kenaikan suku bunga simpanan, maka kenaikan suku bunga simpanan akan besar lengan berkuasa pada kenaikan suku bunga kredit. Bunga simpanan dan kredit akan saling mempengaruhi dalam industri perbankan.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Suku Bunga (Bunga Pinjaman, Kredit, dan Simpanan). Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.
Sumber : Ismail, M.B.A. 2011. Manajemen Perbankan (Dari Teori Menuju Aplikasi).Jakarta ; Kencana

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Suku Bunga (Bunga Pinjaman, Kredit, Dan Simpanan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel