Ivan Pavlov. Teori

Berangkat dari eksperimennya tersebut, Pavlov memberikan sebuah teori behaviorisme penting sebagai berikut.
a. Penguasaan (Acquisition)
Penguasaan berkenaan dengan proses bagaimana individu mempelajari suatu respons. Teori yang sanggup diambil ialah semakin sering individu mencoba, maka penguasaan berlaku lebih kuat.


b. Generalisasi (Generalization)
Dalam eksperimennya, Pavlov telah memakai bel dengan bunyi yang berbeda-beda. Namun demikian, anjing itu masih mengeluarkan air liur. Ini berarti individu sanggup menciptakan generalisasi bahwa bunyi yang berbeda atau hampir sama mungkin diikuti dengan respons (makanan). Teori yang sanggup diambil ialah individu yang telah terbiasa dengan sesuatu rangsangan tak lazim juga akan menghasilkan respons lazim (keluar air liur). Hal ini berlaku sekalipun rangsangan itu—dalam bentuk bunyi bel—berbeda-beda atau hampir sama.

c. Diskriminasi (Discrimination)
Pavlov mendapati bahwa apabila ia mengubah bunyi bel, anjing itu masih mengeluarkan air liur. Namun, bilamana bunyi bel itu jauh berbeda dari bunyi asli, anjing tidak mengeluarkan air liur. Ini memperlihatkan bahwa individu sanggup membedakan atau mendiskriminasi rangsangan yang dikemukakan dan menentukan memperlihatkan respons atau justru mengabaikannya. Teori yang sanggup diambil ialah individu bisa merespons suatu rangsangan, tetapi tidak pada rangsangan yang lain.

d. Penghapusan (Extinction)
Anjing mengeluarkan air liur tiap kali bel dibunyikan alasannya ialah lazimnya bunyi tersebut menerangkan hadirnya daging. Akan tetapi, kalau bel dibunyikan berkali-kali dan daging tidak dihadirkan, pada balasannya anjing tidak lagi mengeluarkan air liur. Teori yang sanggup diambil ialah kalau suatu rangsangan lazim (bel) tidak diikuti dengan rangsangan tak lazim (daging), usang kelamaan individu tidak akan memperlihatkan respons.

Sumber
Irawan, Eka Nova. 2015. Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi; dari Klasik hingga Modern. IrcisoD. Yogyakarta


Download

Baca Juga
1. Ivan Pavlov. Biografi Psikolog
2. Ivan Pavlov. Classical Conditioning Theory (CCT)
3. Ivan Pavlov. Eksperimen
4. Ivan Pavlov. Hukum Pembelajaran

Belum ada Komentar untuk "Ivan Pavlov. Teori"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel