Faktor Pembentukan Harga Dalam Pasar Persaingan Sempurna
Pembentukan harga pada pasar persaingan tepat ditentukan oleh kekuatan tarik-menarikdanunik antara undangan dan penawaran di pasar. Interaksi antara undangan dan penawaran akan membentuk keseimbangan, atau harga dan jumlah keseimbangan. Kondisi keseimbangan itu menunjukkan kepuasan maksimum konsumen dan laba produsen.
Perhatikan Peraga 5.1(a). Peraga tersebut menggambarkan undangan seluruh konsumen (market demand) dan penawaran seluruh produsen (market supply) terhadap barang atau jasa tertentu dalam pasar. Pada peraga tersebut, kurva undangan (DD) berbentuk miring negatif, dan kurva penawaran (SS) berbentuk miring positif.
Sekarang perhatikan Peraga 5.1(b). Peraga tersebut menggambarkan undangan dan penawaran perusahaan secara individu pada pasar persaingan sempurna. Bagi perusahaan, bentuk kurva pada peraga tersebut dilatari oleh kapasitas produksi perusahaan yang relatif kecil dibandingkan dengan produksi pasar, sehingga harga diterima sebagal sesuatu yang baku, yang tidak sanggup diubah begitu saja. Sebagai akibatnya, kondisi undangan cenderung lentur tepat sehingga kurva undangan yang terbentuk ialah suatu garis lurus mendatar yaiig sejajar sumbu Q.
Secara individu, masing-masing penjual dalam pasar persaingan sempuma;tidak bisa mensugesti harga. Tetapi penjual secara gotong royong dalam satu pasar tentu akan bisa mempengaru. hi harga, sehingga makin tinggi harga makin sedikit yang dibeli dan seinakin rendah harga semakin banyak yang dibeli (SS).
Artinya, para penjual secara gotong royong bisa menaikkan atau menurunkan harga. Tentu saja, sebagai akibatnya, jumlah undangan juga akan naik turun. Itulah mengapa kurva undangan dan penawaran pasar menjadi berbentuk miring.
Secara riil, bentuk pasar persaingan tepat itu tidak ada, yang ada spesialuntuklah kecenderungan ke bentuk pasar persaingan sempurna. Salah satu referensi paling terperinci yaitu pasar barang-barang masakan pokok, menyerupai pasar beras. Pada pasar macam ini,rdinamika hubungan antara petani produsen, sebagai penjual, dengan pedagang, sebagai pembeli, mendekati bentuk pasar persaingan sempurna.
Mari kita telusuri ciri-ciri pasar beras lebih lanjut! Coba perhatikan, dalam pasar beras, jumlah produsen (petani) sedemikian banyaknya. Masing-masing dari mereka menjual beras dalam jumlah yang relatif kecil sehingga masing-masing petani tidak bisa mensugesti harga yang sudah terbentuk.
Jika sang petani menjual di bawah harga pasar, maka dia akan rugi. Tetapi bila dia menjual di atas harga pasar, dia pun akan ditinggalkan oleh pembeli. Kalau demikian, undangan beitas oleh pedagang kepada petani mendekati garis lurus mendatar.
Lebih jauh lagi, beras sebagai barang dagang mempunyai sifat hampir homogen. Dikatakan hampir sejenis sebab beras ternyata juga mempunyai perbedaan rasa dan mutu yang berakibat pada perbedaan harga. Selama petani (produsen beras) itu bersaing satu sama lain, selama itu pula mereka tidak bisa mensugesti harga.
Mereka spesialuntuk mendapatkan saja harga yang diputuskan di pasar, atau dengan kata lain, mereka akan tetap belum sempurnanya daya tawar-menawar ketika menghadapi pembeli. Penjual/produsen semoga bisa mensugesti harga dan semoga daya tawar menawarnya jadi bertambah, mereka harus bergabung, paling tidak dalam pemamasukan hasil produksi, antara lain melalui koperasi.
Intisari pasar persaingan sempuma, sebagaimana telairdijelaskan di atas, sudah dikemukakan sebelumnya oleh Adam Smith. Ia mengatakan, kalau setiap masyarakat masyarakat didiberi kebebasan ekonomi secara penuh untuk mengejar kepentingan pribadinya, maks kepentingan masyarakat pun secara otomatis terpenuhi pula.
Selain itu, perlu kita ketahui pula, meskipun hasil kajian terkena pasar persaingan tepat itu ialah teori, kesimpulan-kesimpulan dari teori tersebut bisa dijadikan sebagai materi perbandingan untuk mencapai kondisi perekonomian yang ideal.
Pasarpersaingan tepat jarang kita jumpai, yang seringkali kita jumpai yaitu pasar persaingan tidak tepat (imperfect competition market). Pada pasar persaingan tidak sempurna, aktivitas tertentus menyerupai dimonopoli oleh perusahaan-perusahaan besar.
Distribusi pelayanan telepon oleh PT TELKOM, misalnya. Selain itu, pada pasar ini juga sanggup kita temui penjualan barang-barang meskipun sama tetapi dibedakan menurut merek, kemasan, aroma, warna, atau ukuran saja. Lalu apakah yang dimaksud dengan pasar persaingan tidak tepat itu?
Pasar persaingan tidak tepat yaitu pasar di mana terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga, serta satu atau beberapa pembeli yang menguasai pasar atau harga. Jika suatu perusahaan sanggup mensugesti harga pasar, maka pasar kawasan perusahaan itu menjual produknya digolongkan sebagai pasar persaingan yang tidak sempurna.
Keberadaan sejumlah pihak yang menguasai pasar atau harga akan melahirkan keberagaman bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna. Secara umum, bentuk-bentuk pasar persaingan tidak tepat yaitu sebagaimana akan dibahas diberikut ini.
Daftar Pustaka: PT. Phibeta Aneka Gama
Belum ada Komentar untuk "Faktor Pembentukan Harga Dalam Pasar Persaingan Sempurna"
Posting Komentar