Download Makalah Konsep Hak Asasi Insan Berdasarkan Islam Dan Barat

KONSEP HAM MENURUT ISLAM DAN BARAT

Konsep HAM berdasarkan persepsi islam dan Barat yaitu suatu pandangan islam, yang menganggap insan sebagai mahkluk Allah secara kodrati di anugerahi hak dasar yang disebut dengan hak asasi. Dan hak asasi ini kemudian di kenal sebagai HAM yang merupakan suatu hak dasr yang menempel pada diri insan untuk sanggup berbagi diri eksklusif serta peranan dan sumbangannya bagi kesejahteraan hidup manusia.
Adapun perbedaan prinsip antara pandangan Barat dengan islam perihal HAM yaitu semata-mata hanya bersifat antroposentris (segala sesuatu berpusat pada manusia).
Dikarenakan insan yang menjadi sentra segala sesuatu, dan bangsa Barat beranggapan bahwa kebebasan insan itu merupakan suatu hak asasi. Sedangkan bagi pandanagan islam sendiri bahwa HAM itu bersifat teosentris yaitu segala sesuatu berpusat kepada Allah SWT.
·         Sebutkan macam-macam HAK dalam islam.
Macam-macam HAK dalam islam adalah   :
v  Hak-hak allah
v  Hak-hak diri sendiri
v  Hak-hak orang lain
v  Dan hak-hak semua mahluk 
Jelaskan pengertian aturan islam.
Hukum islam yaitu suatu aturan yang di dalamnya mengatakan dua bangian penting dan aturan-aturan perundang-undangan dalam islam yakni syari’ah dan fiqih. Adapun yang di maksud dari kedua kata tersebut yaitu : 
ü  Syari’ah yaitu suatu makna kata yang disebut dengan jalan menuju air yang secara sederhana bahwa setiap orang harus menempuh jalan itu untuk sanggup hidup, alasannya yaitu air merupkan unsur yang sangat penting di dalam menompang kehidupan.jadi secara  analog sanggup di simpulkan bahwa kehidupan ini sangat membutuhkan syari’ah sebagai unsur yang sangat vital untuk sanggup berjalan dengan baik. Dan secara terminologi, bahwa istila syari’ah islam mempunyai makna yaitu aturan undang-undang yang di turunkan allah SWT untuk mengatur korelasi insan dengan tuhannya yaitu insan dengan sesama manusia, dan insan dengan alam.
Sebagai mana di firman kan Allah dalam (QS. Al-Maidah: 48)
Artinya :

    “Dan kami telah menurunkan kepadamu Al-Qur’an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelum-Nya, yaitu kitab-kitab (yang di turunkan sebelum-Nya) dan watu ujian terhadap kitab-kitab yang lain, maka putuskanlah masalah mereka berdasarkan apa yang Allah turunkan dan jangalah kau mengikuti hawa nafsu mereka denga meninggalkan kebenaran yang telah dating kepadamu. Untuk tiap-tiap umat di antara kau kami jadikan aturan dan jalan terang. Sekiranya Allah menghendaki pasti kau di jadikanya satu umat (saja), tetapi allah hendak menguji kau terhadap pemberian-Nya kepadamu, berlombah-lombahlah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah kembali kau semua, kemudian diberikan-Nya kepadamu apa yang kau perselisihakan itu

ü  Sedangkan fiqih yaitu suatu makna kata yang asal katanya paham atau pengertian yaitu merupakan yang mendalami pemahaman atau uraian terhadap syari’ah dan disebut ilmu fiqih, sedangkan orang yang mempelajarinya dan mendalaminya di kenal dengan sebutan fiqih (bentuk tunggal), atau fuqaha (bentuk jamak), istilah yang kemudian diadaptasikan ke Bahasa Indonesia sebagai jago aturan islam. Denga demikian fiqih merupakan pemahaman para ulama terhadap rumusan teknis dan pelaksanaan syari’ah yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Sunnah dan dikondifikasi semoga gampang di pahami.

4. Cirri-ciri aturan islam  yaitu sbb :

1.     Merupakan bab dan bersumber dan Agama islam
2.    Mempunyai korelasi yang bersahabat dan tidak sanggup di pisahkan dan aqidah dan akhlak.
3.    Mempunyai dua istila kunci.
4.    Tediri atas dua bidang utama.
5.    Strukturnya berlapis.

5. Jelaskan fungsi dan tujuan hokum islam dalam masyarakat.

    Fungsi dan tujuan aturan islam dalam masyarakat yaitu untuk mengatur korelasi insan dengan penciptanya, insan dengan manusia, dan insan dengan ciptaan lainnya. Sedangkan tujuannya yaitu untuk membuat korelasi yang serasi (seimbang) antara insan dengan Penciptanya, insan dengan manusia, dan insan dengan ciptaan lainnya.


6. Jelaskan pengertian demokrasi dalam piagam madinah.

    Demokrasi dalam piagam madinah yaitu korelasi agama dan Negara yang telah mewariskan prinsip-prinsip yang tahan banting dalam menegahkkan masyarakat pluralistik yang harmonis. Dan piagam madinah merupakan karya besar (magnum opus) seorang Muhammad SAW. Dan Rasulullah SAW. yaitu perpaduan sosok sakralitas wahyu dan profanitas dunia nyata.: sebagai nabi, negarawan, legislator, penyeru moral, pembaharu, jago politik dan ekonomi. Dan Beliaupun berhasil memutuskan norma-norma aturan yang lebih kosmopolit dan manusiawi daripada aturan yang telah ada pada ketika itu.


7. Bagaimana cara pengambilan keputusan dalam demokrasi islam.

    Cara pengambilan keputusan dalam demokrasi Islam yaitu dengan melalui suatu musyawarah untuk menuntaskan aneka macam masalah. Dan bila kasus tidak sanggup di selesaikan dengan musyawarah ataupun ijtihad, maka keputusan ada di tangan khalifa.

Sebagaimana di cantum dalam QS. An-Nisaa’ : 59, di katakana bahwa khalifah dalam hal ini berkedudukan sebagai ulul amri yang wajib di ta’ati sehabis Allah dan rasul-Nya. Jadi, apabila pada jalan buntu mencapai keputusan, maka penyelesaian bukan melalui pemungutan suara, melainkan khalifah untuk memutuskan pendapat mana yang akan di pakai dan di menetapkan yang nantinya akan di terapkan di khalifahan Islam untuk di ta’ati oleh seluruh rakyat termasuk khalifah dan seluruh penguasa di khalifahan Islam.
Sebagaimana yang tercantum dalam (QS. An-Nisaa’ : 59).
Artinya:

    “Hai orang-orang yang beriman ! taatilah Allah dan taatilah rasul (Muhammad), dan Ulil amri (pemegang kekuasaan), di antara kamu. Kemudian, jiak kau berbeda pendapat perihal sesuatu, kembalikanlah kepada allah (al-quran) dan rasul (sunnahnya), bila kau beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu, lebih utama (bagimu) dan lebih akibatnya.

8. Sebutkan perbedaan demokrasi moderen dan demokrasi Islam.

    Perbedaan demokrasi modern dengan demokrasi islam yaitu sbb :

Demokrasi modern yaitu mencakup :
•    Kedaulatan yang berada di tangan rakyat.
•    Pembuatan peraturan yaitu tubuh legislatif.
•    Keputusan ditentukan melalui musyawarah, suarah terbanyak.
•    Terdapat DPR sebagai penampung aspirasi rakyat.
•    Masih terdapat revilige (hak khusus).

Sedangakan demokrasi islam terdiri atas :

•    Kedaulatan tertinggi di tangan allah SWT.
•    Pembuat peraturan hanya allah SWT.
•    Keputusan di ambil dari ijtihad, dan pada akhirnya keputusan khalifah sbg ulul amri.
•    Terdapat majelis syura sebagai tubuh musyawarah dalam memecahkan persoalan.
•    Tidak mengakui ada pandangan hak istimewa bagi golongan tertentu.

9. Bagaimanakah konsep demokrasi dalam piagam madinah.

    Konsep demokrasi dalam piagam madinah yaitu suatu konsep yang di kembangkan untuk mengabungkan aneka macam golongan, baik ras, suku, maupun agama yang tujuannya semoga sanggup mewariskan prinsip-prinsip dalam menegakkan masyrakat yang harmonis, semoga sanggup hidup dengan kongkrit perihal kerukunan dalam hidup bernegara maupun beragama.


Belum ada Komentar untuk "Download Makalah Konsep Hak Asasi Insan Berdasarkan Islam Dan Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel