Download Makalah Daypikir Bayani Dalam Ushul Fiqh
A. PENALARAN BAYANI
Secara etimologi, bayan berarti klarifikasi atau eksplanasi. Al-Jabiri, menurut beberapa makna yang diberikan kamus Lisân al-Arâb–suatu kamus karya Ibn Mandzur dan dianggap sebagai karya pertama yang belum tercemari pengertian lain--tentang kata ini, menawarkan arti sebagai al-fashl wa infishâl (memisahkan dan terpisah) dan al-dhuhûr wa al-idhhâr (jelas dan penjelasan). Makna al-fashl wa al-idhhâr dalam kaitannya dengan metodologi, sedang infishâl wa dhuhûr berkaitan dengan visi (ru`y) dari metode bayani.
Dalam perspektif inovasi aturan Islam dikenal juga dengan istilah metodepenemuan aturan al-bayan meliputi pengertian al-tabayun dan al-tabyin : yakni prosesmencari kejelasan (azh-zhuhr) dan pinjaman klarifikasi (al-izhar) ; upaya memahami(alfahm) dan komunikasi pemahaman (al-ifham) ; perolehan makna (al-talaqqi) dan penyampaian makna (al-tablig).[1] Dalam ushul al-fiqh yang dimaksud nash sebagai sumber pengetahuan yaitu Al-Qur’an dan Hadis.[2]
Penulis akan mengambil satu ayat sebagai referensi dari daypikir bayani:
ôMtBÌhãm ãNä3øn=tæ èptGøyJø9$# ãP¤$!$#ur ãNøtm:ur ÍÌYÏø:$# !$tBur ¨@Ïdé& ÎötóÏ9 «!$# ¾ÏmÎ/ èps)ÏZy÷ZßJø9$#ur äosqè%öqyJø9$#ur èptÏjutIßJø9$#ur èpysÏܨZ9$#ur !$tBur @x.r& ßìç7¡¡9$# wÎ) $tB ÷Läêø©.s $tBur yxÎ/è n?tã É=ÝÁZ9$# br&ur (#qßJÅ¡ø)tFó¡s? ÉO»s9øF{$$Î/ 4 öNä3Ï9ºs î,ó¡Ïù 3 tPöquø9$# }§Í³t tûïÏ%©!$# (#rãxÿx. `ÏB öNä3ÏZÏ xsù öNèdöqt±ørB Èböqt±÷z$#ur 4 tPöquø9$# àMù=yJø.r& öNä3s9 öNä3oYÏ àMôJoÿøCr&ur öNä3øn=tæ ÓÉLyJ÷èÏR àMÅÊuur ãNä3s9 zN»n=óM}$# $YYÏ 4 Ç`yJsù §äÜôÊ$# Îû >p|ÁuKøxC uöxî 7#ÏR$yftGãB 5OøO\b} ¨bÎ*sù ©!$# Öqàÿxî ÒOÏm§ ÇÌÈ
Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah[394], daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kau menyembelihnya[395], dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah[396], (mengundi nasib dengan anak panah itu) yaitu kefasikan. pada hari ini[397] orang-orang kafir Telah frustasi untuk (mengalahkan) agamamu, alasannya yaitu itu janganlah kau takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. pada hari Ini Telah Kusempurnakan untuk kau agamamu, dan Telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan Telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa[398] Karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Pernyataan aturan dalam Al-Qur’an dan Hadits terbagi menjadi empat yaitu:
1. Jelas Tidaknya Pernyataan
a. Pernyataan Jelas
· Zhahir: lafal yang dengan sighatnya sendiri memperlihatkan apa yang dimaksud tanpa tergantung pemahaman lain.
Contoh:
· Nash: suatu lafal yang dengan sighatnya sendiri memperlihatkan makna yang dimaksud secara langsung.
Contoh:
wur (#qè=t7ø)s? öNçlm; ¸oy»pky #Yt/r&
· Mufassar: suatu lafal yang dengan sighatnya sendiri member petunjuk kepada maknanya yang terperinci, tidak harus difahami dengan makna lain.
Contoh:
tûïÏ%©!$#ur tbqãBöt ÏM»oY|ÁósßJø9$# §NèO óOs9 (#qè?ù't Ïpyèt/ör'Î/ uä!#ypkà óOèdrßÎ=ô_$$sù tûüÏZ»uKrO Zot$ù#y_
· Muhkam: suatu lafal yang yang terang dengan lafalnya sendiri tidak berkemungkinan dibatalkan dan ditakwilkan.
Contoh:
tûïÏ%©!$#ur tbqãBöt ÏM»oY|ÁósßJø9$# §NèO óOs9 (#qè?ù't Ïpyèt/ör'Î/ uä!#ypkà óOèdrßÎ=ô_$$sù tûüÏZ»uKrO Zot$ù#y_ wur (#qè=t7ø)s? öNçlm; ¸oy»pky #Yt/r&
b. Pernyataan Tidak Jelas
· Khafi: suatu lafal yang samar, dalam sebagian penunjukan makna lantaran factor luer bukan dari sighatnya sendiri.
Contoh:
tûïÏ%©!$#ur tbqãBöt ÏM»oY|ÁósßJø9$# §NèO óOs9 (#qè?ù't Ïpyèt/ör'Î/ uä!#ypkà óOèdrßÎ=ô_$$sù tûüÏZ»uKrO Zot$ù#y_
· Musykil: lafal yang samar dipengaruhi oleh factor dalam.
Contoh:
uä!#ypkà
· Mujmal: lafal yang maknanya mengandung beberapa keadaan dan beberapa aturan yang terkandung di dalamnya.
Contoh:
tûïÏ%©!$#ur tbqãBöt ÏM»oY|ÁósßJø9$#
· Mutasyabih: lafal yang samar artinya tidak ada cara untuk mendapat maknanya.
Contoh:
¨bÎ*sù ©!$# Öqàÿxî ÒOÏm§
2. Cara Penunjukan Makna
a. Dalalah.
· Ibarah: memahami makna kandungannya secara tektual.
Contoh:
tûïÏ%©!$#ur tbqãBöt ÏM»oY|ÁósßJø9$# §NèO óOs9 (#qè?ù't Ïpyèt/ör'Î/ uä!#ypkà óOèdrßÎ=ô_$$sù tûüÏZ»uKrO Zot$ù#y_
· Isyarah: lafal yang terungkap tidak kepada makna tersebut.
Contoh:
wur (#qè=t7ø)s? öNçlm; ¸oy»pky #Yt/r&
· Ad-Dalalah: lafal yang kebenaran hukumnya terdapat pada lafal yang tidak disebutkan.
Contoh:
wÎ) tûïÏ%©!$# (#qç/$s? .`ÏB Ï÷èt/ y7Ï9ºs (#qßsn=ô¹r&ur
· Iqtidha’: lafal yang kebenarannya tergantung pada yang tidak disebutkan disitu.
Contoh:
§NèO óOs9 (#qè?ù't Ïpyèt/ör'Î/ uä!#ypkà óOèdrßÎ=ô_$$sù tûüÏZ»uKrO Zot$ù#y_
b. Mafhum.
· Muwafaqah: mafhum yang lafalnya menerangkan bahwa aturan yang tidak disebutkan sama dengan yang disebutkan dalam lafal.
Contoh:
tbqãBöt ÏM»oY|ÁósßJø9$#
· Mukhalafah: mafhum yang lafalnya menerangkan bahwa aturan yang tidak disebutkan berbeda dengan aturan yang disebutkan.
Contoh:
wÎ) tûïÏ%©!$# (#qç/$s? .`ÏB Ï÷èt/ y7Ï9ºs (#qßsn=ô¹r&ur
3. Luas Atau Sempitnya Cakupan Makna.
· ‘Am: lafal yang masih umum. Lawannya khas.
Contoh:
Î=ô_$$sù
· Mutlak: lafal yang tidak dibatasi. Lawannya Muqayyat.
Contoh:
(#qè?ù't Ïpyèt/ör'Î/ uä!#ypkà
· Haqiqi: lafal yang terang sesuai dengan lafal atau istilahnya. Lawannya majazi.
Contoh:
M»oY|ÁósßJø9$#
· Musytarak: lafal yang satu kata mengandung dua makna. Lawannya muradif.
Contoh:
ä!#ypkà
4. Formula taklif
a. Sighat amar: lafal yang berisi wacana perintah.
· Contoh:
· óOèdrßÎ=ô_$$sù tûüÏZ»uKrO Zot$ù#y_
b. Sighat nahi: lafal yang berisi wacana larangan.
· Contoh:
wur (#qè=t7ø)s? öNçlm; ¸oy»pky #Yt/r&
DAFTAR PUSTAKA
Abd Wahhab Khallaf, Ilm Ushul al-Fiqh, Kuwait : Dari al-Qalam, 1978.
Jazim Hamidi, Hermeneutika Hukum, Teori Penemuan Hukum Baru Dengan Interprestasi Teks, Yogyakarta : UII Pres, 2004.
Belum ada Komentar untuk "Download Makalah Daypikir Bayani Dalam Ushul Fiqh"
Posting Komentar