Contoh Dan Pengertian Makalah Serta Cara Menciptakan Makalah Yang Baik Dan Benar

Pengertian Makalah yaitu suatu karya tulis ilmiah yang isinya memuat wacana inspirasi atau gagasab sesuatu permasalahan tertentu yang di tulis oleh penulis secara sistematis dan disertai dengan analisis yang logis dan biayasanya bersifat obyektif. Makalah juga sanggup diartikan sebagai suatu karya tulis ilmiah yang menjelaskan wacana suatu pokok permasalahan tertentu yang meliputi ruang lingkup tertentu. 

Pengertian Makalah yaitu suatu karya tulis ilmiah yang isinya memuat wacana inspirasi atau gag Contoh dan Pengertian MAKALAH Serta Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Makalah sering dipakai dalam acara yang bersifat akademis. para akademisi sering memakai makalah sebagai penyelesaian kiprah dari para dosen. Tugas yang ditulis oleh para akademisi harus lah disusun secara sistematis. Salaha satu sistematika penulisan yang disusun secara sistematis yaitu makalah. Tujuan dari pembuatan makalah salah satunya yaitu untuk meningkatkan kreatifitas dan kemampuan menulis khususnya para akademisis mirip mahasiswa. 

Terkadang kita sebagai para akademisi mengalami kesulitan dalam acara penulisan suatu makalah. Kesulitan yang dialami biasanya terkait dengan format, topik, dan lain sebagainya. oleh alasannya yaitu itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas wacana sistematika penulisan makalah yang baik dan benar yang disertai dengan contoh-contohnya. Komponen-komponen penting yang pada umumnya harus ada pada makalah yaitu sebagai berikut.

#1. Halaman Sampun (Cover)
#2. Kata Pengantar
#3. Daftar Isi
#4. Bab 1. Pendahuluan
#5. Bab 2. Pembahasan
#6. Bab 3. Kesimpulan
#7. Daftar Pustakan

Nah, Itulah Komponen-komponen penting yang pada umumnya harus ada pada sistematika penulisan makalah. Namun, Sistematika tersebut bisa bertambah dan berkurang tergantung dengan kebutuhan dalam penulisan makalah. Sistematika tersebut bisa ditambahi komponen lagi mirip Daftar Tabel, Lampiran, dan sebagainya.

1#. Halaman Sampul

Halaman sampl atau yang biasa kita sebut dengan cover ini yaitu potongan dari komponen dari makalah yang wajib adanya. Halaman sampul atau cover memuat beberapa komponen penting. komponen penting tersebut terdiri dari Logo, Judul Makalah, Jenis Karya Tulis (Makalah),Nama Pembina atau Dosen, Nama Penulis, dan yang paling bawah yaitu nama instansi (Fakultas, Universitas, Lembaga, dll). Komponen-komponen tersebut juga bisa bertambah dan juga bisa berkurang tergantung juga dengan kebutuhan. 

#2. Kata Pengantar

Kata Pengantar yaitu salah satu komponen yang ada dalam makalah. Pada umumnya Kata Pengantar dalam makalah atau pada karya tulis ilmiyah lainnya mengungkapkan rasa bersyukur kepada tuhan, rasa terima kasih kepada beberapa personal yang telah terlibat dalam pembuatan makalah, cita-cita kedepan wacana makalah tersebut, dan permohonan maaf oleh penulis kepada pembaca kalau terdapat kekeliruan dalam makalah. 

#3. Daftar Isi 

Dartar isi yaitu potongan dari karya tulis ilmiah mirip makalah, berupa suatu halaman yang menunjukkan petunjuk isi pokok goresan pena yang ada dalam suatu karya tulis ilmiah mirip makalah. Jika kita menganalogikan daftar isi, Daftar isi tersebut menyerupai sebuah peta yang menunukkan letak, lokasi, arah, dan sebagainya. Pada umumnya daftar isi memuat Bab, Sub Bab, Nomor Halaman yang di susun secara sistematis. 

#4. BAB 1. Pendahuluan

Bab 1 wacana pendahuluan pada umumnya berisikan wacana latar belakang permasalahan, Perumusan masalah, dan Tujuan Penulisan. Latar belakang problem memuat alasan penulis mengangkat topik yang dipilih untuk ditulis yang biasanya penulis menunjukkan citra permasalahan, fakta permasalahan, dan hal yang ingin di tulis oleh penulis. Rumusan problem merupakan daftar permasalahan yang ingin di di bahas oleh penulis . Tujuan penulisan merupakan daftar susunan tujuan-tujuan penulis dalam penulisan makalah tersebut. 

#5. BAB 2. Pembahasan

Pada potongan 2 ini penulis menunjukkan klarifikasi atau klarifikasi untuk menjawab perumusan problem pada potongan 1. pembahasan dan klarifikasi dalam menjawab permasalahan haruslah di di urutkan sesuai dengan urutan rumusan masalah. Dalam pembahasan penulis bebas bereksplorasi dalam menjelaskan wacana sesuatu melalui sebuah paragraf - paragraf. paragraf yang disusun oleh penulis sanggup berupa paragraf argumentasi, Paragraf eksposisi, atau paragraf yang lain. pembahasan yang baik pada umumnya disertai dengan teori da bukti-bukti yang empiris. pembahasan dan klarifikasi hendaknya di susun secara logis, rasional, dan terperinci biar para pembaca gampang untuk memahami kandungan dari isi makalah tersebut. 

#6. BAB 3. Kesimpulan

Pada potongan 3 ini penulis menunjukkan kesimpulan atas pembahasan dan klarifikasi terkait dengan rumusan problem pada potongan 1. Dalam pembuatan sebuah kesimpulan, penulis juga harus memakai kalimat yang logis, rasional dan jelas. selain itu, kesimpulan juga harus di buat secara singkat yang didasarkan pada inti dari pembahasan makalah pada potongan 2. 

#7. Daftar Pustaka

 Daftar pustaka dipakai untuk daftar sumber referensi  yang benar-benar dirujuk oleh penulis karya ilmiah. Dafta Pustaka atau Daftar Sumber Rujukan harus disusun secara benar dan akurat. kebenaran dan akurasi serta kelenkapan komponen penulisan daftar sumber referensi mencerminkan kecermatan dan apresiasi penulis terhadap sumber informasi yang di rujuknya. 

Contoh Makalah yang baik sesuai dengan pembahasan diatas yaitu sebagai Berikut :


Demikian Ulasan artikel kami terkait tentang Contoh Makalah dan Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung

Belum ada Komentar untuk "Contoh Dan Pengertian Makalah Serta Cara Menciptakan Makalah Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel