Abu Zaid. Psikologi Dan Terapi Kognitif

Abu Zaid ialah tokoh yang memelopori perbedaan antara neurosis (penyakit saraf) dan psikosis (penyakit mental). Dia juga menjadi orang pertama yang mengklasifikasikan gangguan neurotik dan merintis terapi kognitif untuk mengklasifikasikan setiap gangguan tersebut. Abu Zaid mengklasifikasikan gangguan neurosis emosional menjadi empat. Pertama, ketakutan dan kecemasan. Kedua, amarah dan aksi (penyerangan). Ketiga, kesedihan dan depresi. Keempat, obsesi atau gangguan pikiran.

Selain itu, Abu Zaid juga mengelompokkan depresi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut:
1. Depresi normal atau rasa sedih
2. Depresi endogen yang berasal dari dalam tubuh, serta
3. Depresi klinis yang berasal dari luar tubuh

Menurut Abu Zaid, untuk menjadi individu yang sehat, insan harus selalu menjaga kesehatan pikiran dan perasaannya dari bahaya ledakan emosional yang tak terduga. Jika seseorang sedang mengalami ledakan emosional, dia wajib menjaga pikiran dan perasaannya. Hal tersebut merupakan obat sekaligus dukungan pertama yang paling mujarab.

Pada dasarnya, perasaan dibangkitkan oleh pikiran. Oleh alasannya ialah itu, seseorang harus senantiasa menjaga pikirannya semoga tidak dimasuki oleh pemikiran-pemikiran kotor yang sanggup membawanya pada kondisi neurosis dan depresi. Keseimbangan pikiran dan badan diharapkan oleh insan yang menghendaki kesehatan bagi dirinya. Kondisi tidak seimbang antara pikiran dan badan sanggup mendatangkan penyakit.

Berkat pedoman tersebut, Abu Zaid disebut-sebut sebagai penggerak psikologi kognitif dan medis serta terapi kognitif. Psikologi kognitif (cognitive psychology) ialah cabang ilmu yang menyidik proses kejiwaan internal, menyerupai penyelesaian masalah, daya ingatan, dan bahasa. Sementara itu, psikologi medis (medical psychology) merujuk pada keahlian pengobatan klinik andal psikologi. Adapun terapi kognitif (cognitive therapy) merupakan pendekatan psikoterapi yang bertujuan memengaruhi gangguan emosi, perilaku, dan kesadaran melalui mekanisme yang sistematis.

Sumber
Irawan, Eka Nova. 2015. Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi; dari Klasik hingga Modern. IrcisoD. Yogyakarta


Download

Baca Juga
1. Abu Zaid. Biografi
2. Abu Zaid. Kesehatan dan Penyakit Mental
3. Abu Zaid. Psikofisiologi dan Pengobatan Psikosomatik

Belum ada Komentar untuk "Abu Zaid. Psikologi Dan Terapi Kognitif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel