Tips Langkah Cara Penulisan Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris

A. Menggunakan kertas dan alat tulis terbaik 
Kertas surat akan mewakili dan memberikan siapa anda. Jika goresan pena Anda sempurna dan terang di atas kertas yang membersihkan, Anda akan mempersembahkan kesan yang baik kepada pembaca, dan sudah yaitu satu kesuksesan Anda dalam berkorespondensi. 

Akan lebih baik lagi kalau surat Anda ditik dengan word processor (pengolah kata). Tentu saja hal ini membutuhkan tinta yang baik biar sanggup mempersembahkan hasil yang memuaskan. Corengan atau gesekan akhir kecerobohan harus dihindari. 

B. Mengikuti bentuk atau format standar.Format standar akan memmenolong memberikan pesan surat dengan niscaya dan tepat. Menulis surat tanpa mengikuti format yang standar spesialuntuk akan membingungkan si peserta surat, yang jadinya sanggup merusak arti komunikasi itu sendiri. 

C. Menggunakan tata bahasa, ejaan, dan tanda tulis baku Kaidah-kaidah dari penulisan surat yang baik sarna ibarat yang diterapkan pada penulisan-penulisan lain, ibarat disertasi, makalah ilmiah dll. Komunikasi yang berhasil bergantung pada penerapan kaidah-kaidah tersebut. 

D. Membaca ulang surat Anda sebelum dikirimkanSesudah selesai menulis surat, bacalah seluruh isi surat dengan perasaan damai untuk menilik kesalahan yang mungkin terjadi. Bayangkan bahwa Anda sendirilah yang menjadi si peserta surat tersebut. Bacalah surat dengan bersuara, sesuai telinga and& dan dengarkan baik-baik sesuai dengan nuansa pikiran dan perasaan anda. Surat yang baik biasanya akan lezat dibaca dan terkesan luwes. 

Jika Anda rnenemukan kesalahan akan lebih baik ditik ulang atau dicetak ulang. Jika dalam menulis surat Anda sanggup menjaga kelima hal di atas dengan baik, maka anda sudah menulis surat yang berhasil. Surat ibarat ini akan sangat senang si pembaca.

 Menggunakan kertas dan alat tulis terbaik Tips Langkah Teknik Penulisan Surat Resmi dalam Bahasa Inggris

Nada surat cocok dengan sifat dari pokok masalah, setiap hal yang anda tonjolkan sanggup mempersembahkan dampaknya masing-masing sehingga mempersembahkan perasaan puas kepada pembaca surat, surat lumayan dan surat yang berhasil tentu saja membangkitkan hasrat si peserta untuk membalasnya.

Menulis surat yaitu suatu keahlian yang akan Anda gunakan seumur hidup. Di satu peluang mungkin Anda mesti mengekspresikan pikiran-pikiran dan perasaan-perasaan anda. Atau mungkin Anda menulis surat untuk tujuan-tujuan tertentu, untuk mendapat sesuatu.

Memang dalam beberapa segi penulisan surat juga yaitu suatu bentuk seni tersendiri. Dan surat yang baik biasanya akan mencapai kualitas-kualitas yang menjadi ciri dari tiruana tipe penulisan yang baik, yakni: kejelasan (clarity), kepatutan (appropriateness), dan keindahan (elegance).



Sumber Pustaka: Kesaint Blanc-Anggota IKAPI

Belum ada Komentar untuk "Tips Langkah Cara Penulisan Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel