Teori Penawaran Lengkap Berdasarkan Pendapat Para Mahir Ekonomi

Teori Penawaran dalam ilmu ekonomi,adalah citra atas hubungan-hubungan antara aspek-aspek yang ada dalam pasar. hubungan-hubungan tersebut terdiri dari para calon pembeli dan penjual akan suatu barang. modal penawaran digunakan untuk memilih harga  dan kualitas barang yangakan di jual di pasara. Nah Model ini sangat penting untuk melaksanakan acara analisis dalam tingkat ekenomi mikro akan sikap dan interaksi para pembeli dan penjual. pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Teori Penawaran Lengkap berdasarkan Pendapat Para Ahli Ekonomi

hubungan tersebut terdiri dari para calon pembeli dan penjual akan suatu barang Teori Penawaran Lengkap berdasarkan Pendapat Para Ahli Ekonomi

Pengertian Penawaran (Suply)

Menurut Hanafie (2010), dalam ilmu ekonomi istilah penawaran (supply) memiliki arti jumlah dari suatu barang tertentu yang mau dijual pada aneka macam kemungkinan harga, dalam jangka waktu tertentu, ceteris paribus. Penawaran memperlihatkan jumlah (maksimum) yang mau dijual pada aneka macam tingkat harga atau berapa harga (minimum) yang masih mendorong penjual untuk mengatakan aneka macam jumlah dari suatu barang. Hubungan antara harga per satuan dan jumlah yang mau dijual dirumuskan dalam aturan penawaran: ceteris paribus, produsen atau penjual cenderung menghasilkan dan mengatakan lebih banyak pada harga yang tinggi daripada pada harga yang rendah.

Hukum Penawaran
Seperti Hukum Permintaan Hukum Penawaran  pada hakikatnya juga merupakan hipotesis yang menyatakan bahwa :

Hubungan antara barang yang ditawarkan dengan harga barang tersebut dimana kekerabatan berbanding terbalik yaitu:  ketika harga meningkat atau naik, maka jumlah barang yang tawarkan akan Meningkat dan sebaliknya apabila harga barang turun maka jumlah barang yang ditawarkan akan menurun.

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Menurut Daniel (2004), perubahan pada penawaran sanggup terjadi lantaran adanya dampak dari beberapa faktor, diantaranya yakni teknologi, harga input, harga produksi komoditas lain, jumlah produksi, dan keinginan produsen.

#1.Teknologi

Apabila terjadi perubahan atau peningkatan pada teknologi dalam proses produksi maka akan terjadi perubahan pada produksi yang cenderung meningkat pula. Penggunaan teknologi gres tersebut menuntut perubahan pada biaya produksi yang biasanya relatif lebih tinggi. Apabila produksi meningkat lantaran perubahan teknologi berarti penawaran pun akan meningkat.

#2.Harga input

Besar kecilnya harga input juga akan mempengaruhi besar kecilnya jumlah input yang dipakai. Apabila harga faktor produksi meningkat, kecenderungan pengurangan penggunaannya berdampak pada hasil yang juga akan turun. Turunnya hasil secara otomatis mengakibatkan turunnya penawaran.

#3.Harga produksi komoditas lain

Petani biasanya mengusahakan sebuah komoditas, misalnya kedelai. Akan tetapi, tenyata harga kedelai tidak beranjak naik malah cenderung menurun. Sebaliknya, harga komoditas lain di pasaran cenderung naik, sehingga petani mengubah pola perjuangan taninya. Perubahan pola perjuangan tani akan mempengaruhi pada penawaran kedua komoditas tersebut.

#4.Jumlah produsen

Apabila harga suatu komoditas di pasaran cenderung naik, maka banyak petani yang mengusahakan komoditas tersebut. Jumlah produsen bertambah, maka produksi yang ditawarkan akan meningkat. 

#5.Harapan produsen terhadap harga produksi di masa datang

Petani sering berspekulasi mengenai perkembangan harga produksi di pasaran. Hal ini sanggup dapa dilakukan berdasarkan pada pengalaman, terpengaruh petani lain, atau lantaran pemberitaan. Ramalan petani dan pilihan yang diambilnya akan mempengaruhi luas tanam yang ujungnya yakni besar lengan berkuasa pada produksi dan penawaran komoditas yang diusahakan.

Menurut Firdaus (2008), penawaran yang dinyatakan dalam kekerabatan matematis dengan faktor – faktor yang memengaruhinya disebut fungsi penawaran. Persamaan matematis yang menjelaskan kekerabatan antara tingkat penawaran dengan faktor – faktor yang memengaruhi penawaran yakni sebagai berikut.

Sx = f (Px, Py, Pi, C, tek, ped, tuj, kebij)

dimana:
Sx = penawaran atas barang x
Px = harga barang x
Py = harga barang y (barang substitusi atau komplementer)
Pi = harga input atau faktor produksi
C = biaya produksi
tek = teknologi produksi
ped = jumlah pedagang atau penjual
tuj = tujuan perusahaan
kebij = kebijakan pemerintah

Kurva Penawaran

hubungan tersebut terdiri dari para calon pembeli dan penjual akan suatu barang Teori Penawaran Lengkap berdasarkan Pendapat Para Ahli Ekonomi

Menurut Haryati (2007), kurva penawaran yakni kurva yang menghubungkan titik – titik kombinasi antara harga dengan jumlah barang yang diproduksi atau ditawarkan. Kurva penawaran merupakan garis pembatas jumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu. Pada tingkat harga yang ditentukan, penjual bersedia mengatakan lebih sedikit tetapi penjual tidak mau mengatakan lebih banyak. Penjual bersedia mendapatkan harga yang lebih tinggi bagi suatu jumlah tertentu, tetapi penjual tidak bersedia mengatakan jumlah itu dengan harga yang lebih rendah. Konsep ini sering disebut dengan kesediaan minimum penjual mendapatkan harga (willingness to accept).

Pergeseran Kurva Penawaran

hubungan tersebut terdiri dari para calon pembeli dan penjual akan suatu barang Teori Penawaran Lengkap berdasarkan Pendapat Para Ahli Ekonomi
Perubahan harga barang, faktor selain harga tidak berubah (ceteris paribus) mengakibatkan perpindahan di sepanjang kurva atau menggambarkan perubahan jumlah yang ditawarkan. Hal ini disebabkan lantaran perubahan harga hanya akan mempengaruhi jumlah yang ditawarkan atau hanya akan merubah titik-titik kombinasi antara harga dengan jumlah yang ditawarkan. Sedangkan perubahan variabel selain harga akan menjadikan pergeseran kurva penawaran, artinya perubahan faktor tersebut akan mengakibatkan penambahan atau pengurangan jumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga yang sama.

Kenaikan harga produksi (price of inputs), sedangkan faktor lain (ceteris paribus), maka semakin kecil laba yang akan diperoleh dari produksi suatu komoditi. Produsen yang rasional akan mengurangi produksinya apabila laba yang diperoleh semakin kecil. Oleh karenanya kenaikan harga faktor produksi menggeser kurva penawaran ke kanan. 

Pergeseran kurva memperlihatkan adanya pergeseran keseluruhan kurva penawaran. Ini mengendung arti adanya perubahan dalam jumlah yang ditawarkan pada tiap tingkat harga produk. Perpindahan sepanjang kurva memperlihatkan adanya perubahan jumlah yang ditawarkan sebagai respon atas terjadinya perubahan harga produk. Untuk lebih memahami pergeseran kurva penawaran, silahkan lihat vidio di bawah ini.

Demikian Ulasan artikel kami terkait dengan Teori Penawaran Lengkap berdasarkan Pendapat Para Ahli Ekonomi yang kami rangkum dari aneka macam macam literatur. Semoga bermanfaat dalam penulisan kiprah makalah anda dan terima kasih telah berkunjung.

Daftar Pustaka

Danniel, Moehar. 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: Bumi Aksara.
Firdaus, Muhammad. 2008. Manajemen Agribisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafie, Rita. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Hariyati, Yuli. 2007. Ekonomi Mikro. Jember: CSS

Belum ada Komentar untuk "Teori Penawaran Lengkap Berdasarkan Pendapat Para Mahir Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel