Sistem Pemerintahan Presidensial (Pengertian, Ciri - Ciri, Kelebihan, Kekurangan) [Lengkap]

Pengertian sistem pemerintahan presidensial yaitu suatu sistem pemerintahan dimana presiden berkedudukan sebagai kunci utama  pengelolahan kekuasaan dalam proses pemerintahan yang berlangsung dalam suatu negara. Dalam pemerintahan presidensial ini, seorang presiden dipilih pribadi oleh rakyat melalui proses pemilu yang diselenggarakan oleh forum konstitusi.

Pengertian sistem pemerintahan presidensial yaitu suatu sistem pemerintahan dimana presid Sistem Pemerintahan Presidensial (Pengertian, Ciri - Ciri, Kelebihan, Kekurangan) [LENGKAP]

Sistem pemerintahan presidensial ini, tentunya di kepalai pribadi oleh kepala negara dan sekaligus sebagai presiden negara. Presiden negara dalam sistem pemerintahan ini dipilih pribadi oleh rakyat melalui prosesi pemilihan umum presiden. forum sebagai penyelenggara dari kegiatan pemilihan umum presiden tersebut yaitu forum konstitutif. Lembaga konstitutif tersebut berhak untuk menentukan berapa usang masa kerja presiden dan hukum - hukum dalam menjadi presiden. 

Presiden mempunyai wewenang dalam pengangkatan menteri atau kabinet kerja. Hal tersebut dikarenakan sistem pemerintahan presidensial ini menganut hukum yang menyatakan bahwa pembantu presiden yang di angkat oleh presiden dan kabine kerja tersebut bertanggung jawab penuh terhadap presiden. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa dalam sistem pemerintahan presidensial ini, terdiri dari presiden sebagai kepala negara dan menteri sebagai kabinet kerja. 


Ciri - Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial 

Dalam sistem pemerintahan ini terdapat beberpa ciri - ciri yang membedakannya dengan sistem pemerintahan yang lain. Yaitu :
#1. Kepala negara dan kepala pemerintahan dalam sistem pemerintahan presidensial ini yaitu presiden (sekaligus).
#2. Presiden berhak untuk menentukan dan memecat kabinet kerja dalam pemerintahan.
#3. Kabinet kerja yang dipilih oleh presiden mempunyai tanggung jawab penuh atas presiden.
#4. Presiden tidak mempunyai tanggung jawab atas parlemen dan kebijakannya.
#5. Masa kerja kabinet dalam pemerintahan ditentukan oleh kepercayaan presiden terhadap kinerja kebinet.
#6. Badan direktur dan dewan legislatif mempunyai kiprah yang balences atau seimbang.


Kelebihan Sistem Pemerintahan Presidensial

Sistem Pemerintahan presidensial  ini tentunya mempunyai kelebihan tersendiri jikalau dibandingkan dengan sistem pemerintahan parlementer, berikut yaitu beberpa kelebihan dari sistem pemerintahan presidensial :

#1. Lembaga direktur mempunyai kedudukan yang relatif setabil. hal tersebut dikarenakan lembagai direktur tidak mempunyai ketergantungan dengan parlemen atau forum legislatif.
#2. Lembaga eksikutif mempunyai masa jabatan yang telah ditentukan dengan jelas, menyerupai masa jabatan empat, lima, atau enam tahun.
#3. Terdapat akomodasi dalam perancangan dan penyusunan kegiatan kerja kabinet. Hal tersebut alasannya yaitu telah di selaraskan dan di sesuaikan dengan masa jabatan yang berlaku.
#4. Para anggota parlemen tidak diperkenankan untuk merangkap jabatan dalam forum eksekutif. Hal tersebut dikarenakan forum legislatif bukan merupakan daerah kaderasi eksekutif.


Kekurangan Sistem Pemerintahan Presidensial

Dibalik dari kelebihan yang ada dalam sistem pemerintahan presidensial, juga terdapat beberpa kekurangan yang dibutuhkan adanya penilaian dan perbaikan sistem pemerintahan. Kekuarangan sistem pemerintahan presidensial tersebut ialah sebagai berikut:

#1. Badan legislatif tidak mengawasi tubuh direktur secara pribadi (diluar pengawasan). hal tersebut sanggup menyebabkan kekuasaan gres secara mutlak.
#2. Sistem pertanggung tanggapan yang dipakai dalam pemerintahan kurang akurat dan kurang jelas.
#3. Pembuatan kebijakan publik merupakan hasil dari tawar menawar antara forum legislatif dan forum eksekutif. Dalam prosesnya pun membutuhkan waktu yang usang dan tidak tegas.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Sistem Pemerintahan Presidensial (Pengertian, Ciri, Kelebihan, Kekurangan) yang kami rangkum dari aneka macam macam literatur online. apabila bila ada kekeliruan bahan atau penulisan kami sebagai penulis mohon maaf. Semoga bermanfaat dalam pembuatan kiprah Makalah Sistem Pemerintahan Presidensial  anda dan terima kasih telah berkunjung. 

Belum ada Komentar untuk "Sistem Pemerintahan Presidensial (Pengertian, Ciri - Ciri, Kelebihan, Kekurangan) [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel