Sholat Gerhana Matahari (Tata Cara, Bacaan Doa, Dalil, Pengertian) Lengkap

 ialah sholat sunnah dua rokaat yang di isyaratkan oleh nabi muhammad s SHOLAT GERHANA MATAHARI (Tata Cara, Bacaan Doa, Dalil, Pengertian) LENGKAP


Pengertian sholat gerhana matari / khusuf ialah sholat sunnah dua rokaat yang di isyaratkan oleh nabi muhammad s.a.w yang di khususkan pada dikala menjelang terjadinya gerhana matahari, baik itu gerhana matahari parsial maupun total. Sholat gerhana matahari di sunnahkan bagi orang siapapun yang sanggup menyaksikan proses terjadinya gerhana matahari . Hal tersebut telah di jelaskan dalam hadits rosullah s.a.w:


فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَافْزَعُوا إِلَى الصَّلاَةِ 


Jika kalian melihat gerhana tersebut (gerhana matahari atau bulan) maka bersegeralah untuk melaksanakan sholat. 
Dalil Hadits diatas mengandung arti perintah bagi seluruh umat ketika kita sanggup menyaksikan proses terjadinya gerhana, baik itu gerhana matahari ataupun gerhana rembulan. Sholat gerhana matahari hukumnya ialah sunnah. Namun terdapat beberapa golongan yang mengambil aturan wajib yang di dasarkan atas aturan asal perintah. Golongan yang menentukan aturan wajib tersebut adalah Asy Syaukani, Shidiq Hasan Khoon, dan Syaikh Al Albani rahimahumullah.

#Catatan Penting :
Sholat khusuf atau gerhana matarhi di sunnahkan bagi seseorang yang sanggup menyaksikannya. Gerhana matarahi hanya sanggup di saksikan di beberapa tempat tertentu saja. Tidak di isyaratkan atau di sunahkan sholat bagi seseorang yang berada di tempat yang tidak terkena pengaruh atau tidak sanggup menyaksikan gerhana matahari.

Waktu Sholat Gerhana Matahari / Khusuf

Waktu yang sempurna untuk melaksanakan sholat sunnah gerhana matahari adalah mulai ketika gerhana muncul hingga gerhana tersebut hilang. Artinya, waktu sholat tersebut berada diantara awal mula terjadinya gerhana hingga berakhirnya gerhana matari. 
Hal tersebut sesuai ibarat yang di isyaratkan oleg rosulullah s.a.w. Namun ada juga hadist rosul yang menjelaskan waktu sholat gerhana tidak ada batas waktunya, artinya apan saja melihat gerhana termasuk waktu terlarang untuk shalat, maka shalat gerhana tersebut tetap dilaksanakan. 

Tata Cara Sholat Gerhana Matahari / Khusuf

Salat khusuf gerhana matahari dilakukan dengan dua rakaat dan empat kali rukuk. pada rakaat pertama sehabis i'tidal lalu di lanjutakan dengan membaca surat al -fatihah kembali, sehabis itu kembali rukuk, i'tidal, dan sujud sebagaimana biasanya. Begitu juga pada rakaat yang kedua. 

Pada sholat gerhana matahari tidak di perkenankan untuk membaca surat al - fatihan dengan bunyi yang nyaring (jahr). dan sehabis membaca surat al fatihan di sunnahkan membaca surat yang panjang. 

Berikut ialah tata cara atau tahapan - tahapan dalam sholat sunaah gerhana matahari / khusuf :
 ialah sholat sunnah dua rokaat yang di isyaratkan oleh nabi muhammad s SHOLAT GERHANA MATAHARI (Tata Cara, Bacaan Doa, Dalil, Pengertian) LENGKAP
  1. Berniat di dalam hati (niat sholat gerhana matahari). Niat sanggup lafalkan dengan terperinci dengan bahasa arab maupun bahasa yang di pahami. 
  2. Takbiratul ihram sebagaimana mestinya (layaknya sholat - sholat yang lainnya)
  3. Membaca doa iftitah, surat alfatihah, dan surat dalam al - qur'an.
  4. Ruku' pertama lalu bangun dai ruku sambil membaca "samiallah huliman hamidah, rabbana walakal hamd"
  5. Membaca surat al fatihah dan surat dalam al- quran kembali. 
  6. Ruku' kedua (ruku ibarat biasanya)
  7. Bangkit dari ruku (i'tidal)
  8. Sujud
  9. Bangkit dari sujud lalu duduk diantara dua sujud dan lalu membaca doa duduk diantara dua sujud.
  10. Sujud kedua
  11. Kemudian bangun dari sujud lalu mengerjakan rakaat kedua sebagaimana melaksanakan rakaat pertama.
  12. Tasyahud akhir
  13. Kemudian salam

Bacaan Do'a Setelah Sholat Gerhana Matahari

 ialah sholat sunnah dua rokaat yang di isyaratkan oleh nabi muhammad s SHOLAT GERHANA MATAHARI (Tata Cara, Bacaan Doa, Dalil, Pengertian) LENGKAP 
Bacaan doa sehabis sholat gerhana matahari diatas sanggup anda jadikan amal ibadah sehabis melaksanakan sholat sunah tersebut. namun anda sanggup menambahi dengan doa - doa lainnya sesuai dengan hajat anda. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Sholat Gerhana Matahari yang mencakup tata cara, pengertian, dalil, bacaan , dan dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat, mohon maaf kalau ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung. 

Belum ada Komentar untuk "Sholat Gerhana Matahari (Tata Cara, Bacaan Doa, Dalil, Pengertian) Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel