Question Word (Pengertian, Pola Kalimat, Penggunaan, Fungsi) Lengkap

Dalam bahasa indonesia kita mengenal istilah yang biasa disebut dengan "Kata tanya". Dalam bahasa inggris istilah tersebut biasa dikenal dengan "Questions Word". Pada kesemapat kali ini kita akan membahasnya secara lengkap mencakup apa pengertian quetion word? bagaimana penggunaannya? Apa rumusnya? dan bagaimana rujukan kalimat question word?. Mari kita pahami bersama.

Dalam bahasa indonesia kita mengenal istilah yang biasa disebut dengan  QUESTION WORD (Pengertian, Contoh Kalimat, Penggunaan, Fungsi) LENGKAP

Pengertian Question Word

Pengertian Question Word dalam bahasa indonesia ialah sebuah kata yang sanggup dipakai untuk menanyakan benda, alasan, waktu, cara, tempat, orang, dan lain sebagainya. Dengan begitu, question word sanggup di artikan sebagai kata yang di gunakan untuk bertanya.

Secara umum, bentuk pertanyaan dalam bahasa inggris sanggup di buat dengan dua cara, yaitu: pertama, dengan memakai to be yang jawabannya dengan yes / no atau balasan pendek (short answer); 2). pertanyaan memakai kata- kata selain to be yakni dengan question word yang tidak sanggup di jawab dengan yes/no answer.  Berkut ialah kata - kata pertanyaan selain to be (question word):

  • What     : (apa) menanyakan sesuatu.
  • When    : (kapan) menanyakan waktu.
  • Where   : (dimana) menanyakan tempat.
  • Why      : (mengapa) menanyakan sebab.
  • Who      : (siapa) menanyakan orang sebagai subjek.
  • Whom   : (siapa) menanayakan orang sebagai objek.
  • Which   : (yang mana) menanyakan suatu pilihan.
  • Whose  : (milik siapa) menanyakan kepunyaan.
  • Howh    : (bagaiaman) menanyakan keadaan keterangan. 
Dalam bahasa inggris, dua pertanyaan (question) sering digubungkan dengan pernyataan (statement, baik positif maupun negatif) menjadi satu. Pertanyaan (embedded) biasanya ialah pertanyaan yang di mulai dengan kata tanya (question word) yang biasanya merupakan salah satu dari question word WH, yaitu: what, when, where, which, who, whose, dan how.

Embedded Question dengan Pertanyaan

Pertanyaan dengan embedded question biasaya ialah yes / no question (pertanyaan yang hanya perlu di jawab dengan yes atau no saja) Contoh kalimatnya ialah sebagai berikut:
  1. Where do you live ? can yu tell me? -- menjadi -- can you tell me where do you live?
  2. Where does she work ? do you know? -- menjadi -- do you know where she work?
  3. What did they say ? do you remember? -- menjadi -- do you remember that they said?
Seperti terlihat dari ketiga rujukan diatas, susunan embedded question berubah, verba bantu do/does/did di buang dan verbanya berubah (work -- to -- works; say -- to -- said). Jika embedded questionnya mengandung salah satu dari to be (am/is/are/was/were), maka to be tidak lagi di letakkan di depan pronomina / nominanya, tetapi di letakkan di belakangnya. Contoh kalimatnya ialah sebagai berkut:
  1. What is your name ? -- menjadi -- Can you tell me what your name is?
  2. How is your mother ? May i know?  -- menjadi -- May i know how mother is?
  3. Where were they last night? Do you know? -- menjadi --Do you know were they were last night?

Penyataan dengan Kata Tanya

Pernyataan (statement) sanggup berupa pernyataan yang positin dan negatif, kaidah - kaidah (rules) penggabungan sama dengan kaidah penggabungan pada penggalan atas. Contoh kalimatnya ialah sebagai berikut:
  1. What is UFO? I don't know. -- menjadi -- I don't know what UFO is.
  2. Who is the inventor of the computer ? I want to know -- menjadi -- I want to know who the invitor of the computer is?
Seperti yang sanggup anda lihat pada rujukan di atas, tidak ada tanda tanya yang di letakkan di final kalimat yang sudah di gabungkan. Hal ini dikarenakan kalimat - kalimat tersebut di mulai dengan pernyataan (I wonder, I don't know, dan lain sebagainya). Berbeda dengan kalimat - kalimat yang ada pada penggalan sebelumnya (Embedded Question dengan Pertanyaan) yang semuanya di mulai dengan pertanyaan.

Penggunaan Question Word (Kata Tanya) dalam Bahasa Inggris

Fungsi question word - Kata tanya dalam bahasa inggris terdiri dari 9 kata. Kesembilan kata tersebut dipakai untuk menanyakan hal - hal yang berbeda. berikut ini ialah penggunaan kesembilan kata tanya beserta rujukan kalimatnya:
#A - What
What berati apa, apa berati menyakan nama, benda, pekerjaan, jabatan seseorang. Contohnya : what is your name?. What dalam kalimat ini tidak di gunakan untuk menanyakan orang melainkan nama, maka dalam bahasa indonesia lebih sempurna di artikan siapakah. Contoh kalimat yang lainnya ialah sebagai berikut:
  • What must the foreign ancestor?
  • What is nowadays "the place to go to" for communication and information?
  • What adab teaching can you get form the story?
#B - When 
When berarti kapan, kapan menyakan waktu. Kaprikornus when dipakai untuk menanyakan waktu. Contoh kalimatnya ialah sebagai berikut:

  • When jerry arriver at the airport? 
  • When were the first peublo was built? 
  • When was FAO born? 
#C - Where

Where berarti dimana, dimana berarti menanyakan suatu tempat. Tempat yang di tanyakan adalah kawasan yang jelas. Berarti where dipakai untuk menanyakan suatu kawasan yang jelas. Contoh: where are you?. dalam kalimat tersebut sesungguhnya yang di tanyakan ialah posisi / tempat. Kaprikornus kita sanggup memaknai dalam bahasa indonesia "dimana posisi kamu?". Contoh kalimat lainnya ialah sebagai berkut:
  • Where did the trial take place?
  • Where did you have your launch?
  • Where does the oil come out from?
  • Where did you buy bananas yesterday?
#D - Why
Why berarti mengapa, mengapa berati menayakan suatu alasan. Kaprikornus why dipakai untuk menayakan suatu alasan. Contoh: Why are you so crazy?. Why pada kalimat tersebut menayakan alasan mengapa kau begitu gila. Contoh kalimat yang lainnya ialah sebagai berkut:
#E - Who
Who artinya siapa, Siapa berarti menanyakan orang. Orang yang di maksud ialah yang berkedudukan sebagai subjek. Kaprikornus Who dipakai untuk menanyakan orang sebagai objek. Contoh kalimatnya ialah sebagai berikut:

  • Who wrote the number of parliament?
  • Who is in charge of issuing a citizenship card?
  • Who are expected to be the transmigrans in west celebes?
#F - Whom
Whom juga berati siapa, siapa bararti menanyakan seseorang. namun berbeda dengan who, whom ini menanyakan seseorang yang berkedudukan sebagai objek. jadi whom dipakai untuk menanyakan seseorang sebagai objek. Berikut ialah rujukan kalimatnya:
  • Whom did tejakusuma appoint her trainer?
  • Whom did you expect to come?
  • With whom do you go to school?
#G - Whose
Whose berarti miliki siapa. Milik siapa berarti menanyakan wacana kepunyaan. Kaprikornus Whose dipakai untuk menanyakan kepunyaan suatu benda, barang, dan lain sebagainya. Contoh kalimatnya ialah sebagai berikut:
  • Whose book is it?
  • Whose father came laste weak?
  • Whos get this money?
#H -  How
How berarti bagaimana, bagaimana berarti menyakan keadaan . Kaprikornus how sanggup dipakai untuk menanyakan keadaan. Contoh kalimatnya ialah sebagai berkut:
  • How was the situation in the airport?
  • How will carol get to annie's house from the airport?
  • How did the indian teach the settlers to travel in the winner?

Introgative Adjective dan Pronoun

Untuk orang  : Subjek       Who       (pronouns)
                       Objek        Whom, Who    (pronoun)
                       Possesive  Whose  (pronoun and adjective)
Untuk benda : Subjek atau objek     what (pronoun and adjective)
Untuk orang atau benda apabila pilihan di batasi : Subjek / objek  which (pronoun and adjective)

Affirmative verb sesudah who, whose, dan sebagainya di gunakan sebagai subjek. Who, whose, which, what, when, dipakai sebagai subject dan biasanya di ikuti kalimat perintah, bukan introgatif. Contoh kalimatnya ialah menyerupai di bawah ini


Who pays the bill ? (affirmativer verb)

Who, whose berfungsi sebagai objek dari kata kerja (verb) atau kata depan pada bentuk pertanyaan. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Question Word yang mencakup pengertian, rujukan kalimat, dan penggunannya. Semoga bermanfaat dalam pengembangan bahasa inggris anda. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Question Word (Pengertian, Pola Kalimat, Penggunaan, Fungsi) Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel