Pengertian Variabel Dalam Penelitian Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Variabel dalam Penelitian - Kalau ada pertanyaan  perihal apa yang anda teliti, maka jawabnnya berkenaan dengan variable penelitian. Makara variabel penetian intinya yaitu segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh info perihal hal tersebut, lalu ditarik kesimpulannya.

 maka jawabnnya berkenaan dengan variable penelitian  Pengertian Variabel dalam Penelitian Menurut Para Ahli

Secara teoritis variabel sanggup didefinisikan sebagai atribut seseorang atau obyek, yang memiliki “variasi” antara satu orang dengan orang yang lain atau satu obyek dengan oyek yang lain. Variabel juga sanggup merupakan attribut dari bidang keilmuan atau acara tertentu. Tinggi, berat badan, sikap, motivasi, kepemimpinan, desiplin kerja, merupakan attribut dari setiap orang. Berat, ukuran, bentuk, dan warna merupakan attribut-attribut dari obyek. Struktur organisasi, model pendelegasian, kepemimpinan, pengawasan, koordinasi, prosedur, dan mekanisme kerja, deskripsi pekerjaan, kebijakan, yaitu merupakan pola variabel dalam acara administrasi.

Dinamakan variabel sebab ada variasinya. Misalnya berat tubuh sanggup dikatakan variabel, sebab berat tubuh sekelompok orang itu bervariasi atara satu orang dengan orang yang lain. Demikian juga motivasi, persepsi sanggup juga dikatakan sebagai variabel sebab contohnya persepsi dari sekelompok orang tertentu bervariasi. Makara jika peneliti akan menentukan variabel penelitian baik yang dimiliki orang obyek maupun bidang acara dan keilmuan tertentu maka harus ada variasinya. Variabel yang tidak ada variasinya bukan dikatakan sebagai variabel. Untuk sanggup bervariasi, maka penelitian harus didasarkan pada seklompok sumber data atau obyek yang bervariasi.

Kerlinger (1973) menyatakan bahwa variabel yaitu konstruk (constructs) atau sifat yang akan dipelajari. Diberikan pola contohnya tingkat aspirasi, penghasilan, pendidikan, setatus sosial, jenis kelamin, golongan gaji, produktivitas kerja, dll. Dibagian lain Kerlinger menyatakan bahwa variabel sanggup dikatakan sebagai suatu sifat yang diambil dari suatu nilai yang berbeda (Deference Values). Dengan demikian variabel itu merupakan suatu variabel yang bervariasi.  Selanjutnya kidder (1981), menyatakan bahwa variabel yaitu suatu kualitas dimana peneliti mempelajari dan menarik kesimpulan darinya.

Berdasarkan pengertian-pengertian diatas maka sanggup dirumuskan disini bahwa variabel penelitian yaitu suatu attribut atau sifat atau nilai dari orang, obyek atau acara yang memiliki variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan dicarikan kesimpulannya.

Nah Gaes, itulah Ulasan Singkat terkait dengan Pengertian Variable yang kami rangkum dari buku seorang penulis ternama yang erat di panggil Sugiono dengan bukunya yang berjudl Metode Penelitian kualitatif, Kunatitatif, dan R&D. Terkait dengan Artikel tersebut apakah ada yang ingin ditanyakan gaes?

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Variabel Dalam Penelitian Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel