Pengertian Tulang Insan Lengkap Dengan Jenis, Dan Bentuknya

Pengertian Tulang adalah alat gerak pasif alasannya yaitu digerakkan oleh otot. Akan tetapi tulang tetap mempunyai peranan penting alasannya yaitu gerak tidak akan terjadi tanpa adanya tulang. Tulang tersusun oleh sel dan didominasi oleh matrix kolagen ekstraselular (type I collagen) yang disebut sebagai osteoid. Terdapat banyak sekali macam jenis  dan banyak sekali macam bentuk tulang yang kami uraikan menyerupai di bawah ini.

adalah alat gerak pasif alasannya yaitu digerakkan oleh otot Pengertian Tulang Manusia Lengkap dengan Jenis, dan Bentuknya

#1.Jenis tulang

Coba kau tekan dan rasakan tulang di bab dagu mu dan bab telingamu, berbeda bukan? Tulang rawan (kartilago) dan tulang keras (osteon).

a. Tulang rawan (kartilago)

adalah alat gerak pasif alasannya yaitu digerakkan oleh otot Pengertian Tulang Manusia Lengkap dengan Jenis, dan Bentuknya
Gambar letak tulang rawan
Tulang rawan bersifat ringkas dan lentur serta terdiri atas sel-sel rawan yang sanggup menghasilkan matriks berupa kondrin. Pada bawah umur jaringan tulang rawan banyak mengandung sel. Pada orang remaja jaringan tulang rawan banyak mengandung matriks. Pada orang remaja tulang rawan hanya terdapat pada beberapa tempat, contohnya cuping hidung, cuping telinga, antara tulang rusuk dan tulang dada, sendi-sendi tulang, antar ruas tulang belakang, dan pada Cakra epifisis. Tulang rawan pada orang remaja dibuat oleh selaput tulang rawan (perikondrium) yang mengandung sel-sel pembentuk tulang rawan (kondroblas). letak tulang rawan pada badan insan sanggup dilihat pada gambar di samping ini. Tulang rawan ada tiga tipe yaitu tulang rawan hialin lentur dan serat.

b. Tulang keras (Osteon)

Tulang bersifat keras dan berfungsi menyusun banyak sekali sistem gerak tulang tersusun atas bagian-bagian sebagai berikut:
1. Osteoblas yaitu sel tulang muda yang membentuk osteosit.
2. Osteosit yaitu sel-sel tulang dewasa.
3. osteoprogenitor yaitu Sel khusus yaitu derivat mesenkim yang mempunyai potensi mitosis yang bisa berdiferensiasi menjadi osteoblas. Osteoporosis narator terdapat di bab luar membran (periosteum).
4. Osteoklas yaitu sel sel berkembang dari monosit dan terdapat di sekitar pembukaan tulang. fungsi osteoklas yaitu untuk perkembangan pemeliharaan, perawatan, dan perbaikan tulang.

#2. Pembentukan tulang

Proses pembentukan tulang disebut osifikasi. Pembentukan tulang terjadi segera sehabis terbentuk tulang rawan ( kartilago). kartilago dihasilkan dari sel sel mesenkim. sehabis kartilago terbentuk bab dalamnya akan berongga dan berisi osteoblas. Osteoblas juga menempati seluruh jaringan dan membentuk sel-sel tulang.

adalah alat gerak pasif alasannya yaitu digerakkan oleh otot Pengertian Tulang Manusia Lengkap dengan Jenis, dan Bentuknya
Gabar Sistem Havers
Sel-sel tulang dibuat terutama dari arah dalam keluar, atau proses pembentukannya konsentris.  Tiap satuan sel tulang mengelilingi suatu pembuluh darah dan saraf membentuk suatu sistem yang disebut sistem Havers. Lihat pada gambar di samping kanan.


Di sekeliling sel-sel tulang membentuk senyawa protein yang akan menjadi matriks tulang di dalam senyawa protein ini terdapat kapur dan fosfor sehingga matriks tulang akan mengeras proses penulangan disebut osifikasi. hal tersebut sanggup dilihat pada gambar dibawah ini.
adalah alat gerak pasif alasannya yaitu digerakkan oleh otot Pengertian Tulang Manusia Lengkap dengan Jenis, dan Bentuknya
Gambar Proses Osifikasi
Berdasarkan matriksnya, jaringan tulang dibedakan menjadi dua macam, yaitu tulang kompak dan tulang spons. tulang kompak yaitu tulang dengan matriks yang padat dan rapat, contohnya tulang pipa. tulang spons yaitu tulang yang matriksnya berongga contohnya tulang pipih dan tulang tulang pendek.

#3. Bentuk tulang

Berdasarkan bentuknya, terdapat tiga macam bentuk utama tulang yang menyusun rangka tubuh, yaitu tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek. Selain itu ada pula tulang tak berbentuk.

a. Tulang pipa (tulang panjang)

adalah alat gerak pasif alasannya yaitu digerakkan oleh otot Pengertian Tulang Manusia Lengkap dengan Jenis, dan Bentuknya
Gambar Tulang Panjang
Tulang pipa berbentuk tabung dan pada umumnya berongga. di ujung tulang pipa terjadi ekspansi yang berfungsi untuk bekerjasama dengan tulang lain. Contoh tulang pipa yaitu tulang betis, tulang kering, tulang hasta, dan tulang pengumpil. tulang pipa terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bab tengah disebut  diafisis,  kedua ujung disebut epifisis, dan antara epifisis dan diafisis disebut Cakra epifisis.  Pada bawah umur Cakra epifisis berupa kartilago yang mengandung osteoblas dan pada orang remaja yang sudah tidak bertambah tinggi lagi Cakra epifisis sudah mengulang. osteoblas menempati rongga yang disebut rongga sumsum tulang. di dalam tulang pipa terdapat osteoklas.  Hal tersebut sanggup dilihat pada gambar di samping ini.

b. Tulang Pipih

Tulang pipih tersusun atas dua lempengan tulang kompak dan tulang spons, didalamnya terdapat sumsum tulang. kebanyakan tulang pipih menyusun dinding rongga, sehingga tulang pipi ini sering berfungsi sebagai pelindung atau untuk memperkuat. contohnya yaitu tulang rusuk, tulang belikat, dan tulang tengkorak.

c.Tulang Pendek

Tulang pendek berbentuk kubus dan terdapat pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

d. Tulang Tak Terbentuk

Tulang tak berbentuk mempunyai bentuk yang tak tertentu. tulang ini terdapat di wajah, tulang belakang, dan tulang pinggul.

#4. Fungsi Tulang

Tulang-tulang pada manusia, selain menyusun rangka, juga mempunyai fungsi yang lain. fungsi-fungsi tersebut yaitu sebagai berikut:

Memberi bentuk tubuh
Melindungi Alat badan yang vital
Menahan dan menegakkan tubuh
Tempat perlekatan otot
Tempat menyimpan mineral terutama kalsium dan fosfor
Tempat pembentukan sel darah
Tempat menyimpan energi yaitu berupa lemak yang tersimpan di sumsum kuning tulang

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Tulang Lengkap dengan Jenis, dan Bentuknya yang kami rangkum dari satu sumber. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 

Sumber : Pratiwi D.A, et.al. 2006. Biologi Sma Jilid 2 untuk Kelas XI. Jakarta; Erlangga

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Tulang Insan Lengkap Dengan Jenis, Dan Bentuknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel