Pengertian Tenaga Kerja Dan Jenis - Jenisnya Berdasarkan Para Jago Ekonomi

Pengertian Tenaga Kerja - Dalam dunia perindustrian, atau bahkan secara umum sering di jumpai istilah tenaga kerja yang dipakai dalam kehidupan sehari - hari. Namun pastinya anda membaca artikel ini belum tau apa yang di maksud dengan tenaga kerja ?. Oleh alasannya itu, pada kesempatan kali ini, penulis mengajak anda semua untuk memahami bersama apa yang di maksud dengan tenaga kerja itu sendiri, dan apa perbedaan tenaga kerja dengan angkatan kerja, serta apa saja jenis - jenis tenaga kerja.


 atau bahkan secara umum sering di jumpai istilah tenaga kerja yang dipakai dalam kehidu Pengertian TENAGA KERJA dan Jenis - Jenisnya Menurut Para Ahli Ekonomi


Pengertian Tenaga Kerja Secara Umum

Pengertian tenaga kerja yaitu setiap anggota masyarakat yang mampu, mau, dan siap melaksanakan suatu pekerjaan untuk menghasilkan barang atau jasa, memenuhi kebutuhan sendiri maupu orang lain, berorientasi profit ataupun non profit. Perlu diketahui, bahwa semua anggota masyarakat sanggup dikatakan sebagai tenaga kerja. Hal tersebut dikarenakan kemampuan, kemauan, dan kesiapan fisik dan mental yang di miliki oleh setiap individu masyarakat yang berbeda - beda. 

Anggota masyarakat sanggup dikatakan sebagai tenaga kerja apabila beliau bisa melaksanakan suatu pekerjaan dengan kapasitas dan kapabilitas yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang di hadapi. Kamauan dari anggota masyarakat untuk melaksanakan suatu pekerjaan sangat ditentukan oleh keinginan yang akan di capai olehnya. Selanjutnya, kesiapan yang harus di miliki oleh tenaga kerja tersebut atas suatu hal yang akan di hadapi dalam sebuah pekerjaan, termasuk resiko yang jelek sekalipun. 

Pengertian Tenaga Kerja Menurut Para Ahli

Terkait dengan pengertian tenaga kerja, Banyak para jago di aneka macam bidangnya menunjukkan pendapat terkait dengan definisi dari tenaga kerja. berikut yaitu pendapat para jago terkait dengan definisi tenaga kerja:

Definisi tenaga kerja yaitu penduduk yang berada pada rentang usia kerja yang siap melaksanakan pekerjaan, antara lain mereka yang telah bekerja, mereka yang sedang mencari kerja, mereka yang sedang menempuh pendidikan (sekolah), dan juga mereka yang sedang mengurus rumah tangga. - Ritonga dan Yoga Firdaus (2007)

Definisi Tenaga kerja yaitu semua orang yang mau ataupun bersedia dan mempunyai kesanggupan untuk bekerja, termasuk mereka yang menganggur meskipun mau dan bisa untuk bekerja, akan tetapi terpaksa menganggur alasannya tidak adanya kesempatan kerja. - Sumitro Djojohadikusumo (1987) 

Tenaga kerja yaitu setiap orang yang bisa melaksanakan perkerjaan untuk mengasilkan barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan sendiri ataupu masyarakat - UU no 13 Tahun 2013

Tenaga kerja yaitu penduduk yang telah berumur 15 tahun keatas dan telah bisa untuk melaksanakan pekerjaan. - Disnaker (2007)

Tenaga kerja yaitu penduduk yang telah atau sedang bekerja, yang sedang mencari pekerjaan dan juga melaksanakan kegiatan contohnya bersekolah dna juga mengurus rumah tangga. - DR Payaman Siamanjuntak



Jenis - Jenis Tenaga Kerja Secara Umum

Kategori tenaga kerja sangatlah luas, Namun bila meninjau jenis - jenis tenaga kerja secara umum dan di dasarkan atas pendapat salah satu tokoh di atas, sanggup di tarik suatu kesimpulan bahwa jenis tenaga kerja di bagi menjadi dua yaitu angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.

#1- Angkatan Kerja
Pengertian angkatan kerja yaitu penduduk (anggota masyarakat) yang telah memasuki usia kerja, baik yang belum mendapat suatu pekerjaan, mencari pekerjaan, ataupun yang sudah mempunyai pekerjaan. Pada umumnya, penduduk yang telah memasuki usia kerja yaitu anggota masyarakat yang mempunyai umur 15 - 64 tahun. Perlu di garis bawahi, bahwa angkatan kerja terbatas pada umur. Apabila anggota masyarakat mempunyai umur kurang dari 15 tahun atau lebih dari 64 tahun, maka tidak sanggup dikatakan sebagai angkatan kerja. 

#2- Bukan Angkatan Kerja
Pengertian bukan angkatan kerja yaitu penduduk (atau anggota masyarakat) yang belum memasuki atau melebihi usia kerja (usia kerja = 15 - 64 tahun). Umumnya, tenaga kerja jenis ini yaitu golongan para pelajar (<15 tahun) dan orang yang lanjut usia (>64 tahun). Hal tersebut di karenakan kemampuan dalam pencapaian suatu pekerjaan yang tidak mumpuni (tidak mampu), baik kapasitas maupun kapabilitas dari suatu pekerjaan.

Jenis - Jenis Tenaga Kerja Berdasarkan Kualitas 

Faktor kualitas dalam tenaga kerja, juga menjadi hal yang penting untuk di perhatikan. Hal tersebut sangat kuat terhadap pencapaian hasil dari suatu pekerjaan yang di hadapi. Semakin berkualitas suatu tenaga kerja, maka akan semakin baik hasil dari pekerjaan yang di lakukan. Berikut yaitu jenis tenaga kerja menurut kualitasnya:

#1 - Tenaga Kerja Terdidik
Tenaga kerja terdidik yaitu tenaga kerja yang mempunyai keahlian di bidang tertentu dalam suatu pekerjaan (memiliki nilai lebih) yang di peroleh dari pendidikan formal maupun pendidikan nonformal. Contoh tenaga kerja terdidik yaitu dokter, pengacara, guru, dan lain sebagainya.

#2 - Tenaga Kerja Terlatih
Tenaga kerja terlatih yaitu tenaga kerja yang mempunyai keahlian di bidang terntentu dalam suatu pekerjaan yang juga mempunyai nilai libih. Keahlian tersebut di perolehnya dari pengalaman - pengalaman sebelumnya dalam melaksanakan suatu pekerjaan sejenis. Contoh dari tenaga kerja terlatih yaitu mekanik, electronika, tukang bangunan, dan lain sebagainya.

#3 - Tenaga Kerja tidak Terdidik dan tidak Terlatih
Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih yaitu tenaga kerja yang tidak mempunyai keahlian khusus di bidang apapun, Namun mempunyai tenaga yang bisa di manfaatkan untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Contoh dari tenaga kerja jenis ini yaitu buruh tani, buruh pabrik, dan lain sebagainya.

Perbedaan antara tenaga kerja tedidik dan terlatih yaitu terletak pada proses perolehan suatu keahlian, dimana tenaga kerja terdidik memperoleh keahlian dari pendidikan, dan sedangkan tenaga kerja terlatih mendapat keahlian dari pengalaman - pengalaman sebelumnya. 

Masalah yang ada pada tenaga kerja yaitu tenaga kerja yang tidak mempunyai keahlian khusus dalam bidang suatu pekeraan namun mempunyai tenaga yang sanggup di manfaatkan. Tenaga kerja jenis ini memelukan adanya lapangan pekerjaan. untuk sanggup lebih terang memahami problem terkait tenaga kerja, silahkan lihat vidio di bawah ini 



Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Tenaga kerja Jenis - Jenisnya Menurut Para Ahli Ekonomi yang kami rangkum dari aneka macam macam literatur. Mohon maaf bila ada kesalahan atau ketidak cocokan teori. Semoga bermanfaat dalam pembuatan makalah atau bahan tenaga kerja. Terima kasih telah berkunjung

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Tenaga Kerja Dan Jenis - Jenisnya Berdasarkan Para Jago Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel