Pengertian Tanah Litosol, Ciri - Ciri, Tekstur, Dan Persebarannya

Karakteristik Tanah Litosol - Seperti yang kita ketahui bahwa tanah merupakan bab kerak bumi yang tersusun dari materi organik dan mineral. Dalam kehidupan, tanah memliki peranan yang sangat penting sebagai faktor utama dalam penyediaan pangan makhluk hidup yang ada di dunia. Keberadaan tanah mendukung ketersediaan hara dan air sekaligus sebagai media penopang akar guna tumbuh kembangnya suatu tamanan yang memproduksi pangan untuk makhluk hidup yang ada di bumi.


Kondisi suatu wilayah satu tentu berbeda dengan wilayah yang lain. Suhu, udara, dan pelapukan batuan oleh mikroorganisme merupakan faktor - faktor yang sangat besar lengan berkuasa terhadap pembentukan suatu jenis tanah. Oleh alasannya itu, di dunia ini terdapat banyak sekali macam tanah. Namun pada kesempatan kali ini, kita hanya fokus membahas tanah litosol. berikut ialah ulasan lengkapnya. 

Pengertian Tanah Litosol
Pengertian tanah litosol ialah jenis tanah yang terbentuk dari adanya acara gunung berapi. Tanah litosol juga sering disebut dengan tanah muda. Hal tersebut dikarenakan tanah litosol terbentuk dari batuan sedimen dan metamorf yang keluar dari letusan gunung berapi atau dengan kata lain tanah litosol berasal dari proses pelapukan kimia dan fisika yang belum sempurna. 

Pelapukan batuan gunung menjadikan tanah litosol juga sanggup disebut sebagai tanah yang paling muda. Bahan induk tanah litosol cukup dangkal dan sangat sering terlihat di permukaan sebagai batuan padat yang padu. Tanah ini berasal proses pelapukan yang belum usang dan tanah tersebut juga belum mengalami perkembangan yang banyak (dimanfaatkan). 

Karakteristik atau Ciri - Ciri Tanah Litosol
Tanah litosol mempunyai karakteristik atau ciri - ciri tersendiri yang membedakan dengan jenis tanah yang lainnya. Tentunya juga mempunyai fungsi dan kandungan yang berbeda juga. berikut ialah karakteristik tanah litosol:
  • Berada di dalam lapisan bumi yang tidak terlalu tebal ( kurang lebih 45 cm dalam tanah)
  • Anak tanah atau tanah gres karna pelapukan batuan belum sempurna
  • Kandungan unsur hara dan mineral sedikit
  • Tekstur tanah yang bervariasi
  • Kesuburan tanah juga bervariasi
  • Perubahan struktur dari batuan asal menjadi tanah 
Tekstur Tanah Litosol
Karna jenis tanah litosol yang berasal dari pelapukan batuan, maka sudah tentu teksturnya tidaklah lembut dan halus, melainkan bernafsu dan keras. Nah, tekstur tanah litosol ini sanggup berupa pasir, krikil, penampang besar, dan batuan kecil. Selain itu, tanah litosol ini juga belum banyak tercampur dengan materi organik lain. Oleh alasannya itu, tanah litosol sanggup dikatakan tanah yang miskin unsur hara. 

Persebaran Tanah Litosol
Tanah litosol berasal dari batuan gunung. Daerah yang mempunyai pegunungan aktif, berarti banyak terdapat jenis tanah litosol. Tanah litosol umumnya  terdapat pada tempat yang mempunyai tingkat kecuraman tinggi menyerupai di bukit tinggi, nusa tenggara barat, Jawa tengah, Jawa Barat dan Sulawesi.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian tanah litosol, ciri - ciri, tekstur, dan persebarannya yang kami rangkum dari banyak sekali macam sumber bacaan. Mohon maaf jikalau ada salah dan kekurangan . Semoga bermanfaat dalam penyusunan materi makalah tanah litosol anda. terima kasih telah berkunjung. 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Tanah Litosol, Ciri - Ciri, Tekstur, Dan Persebarannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel