Pengertian Tanah Kapur, Ciri-Ciri, Manfaat, Dan Persebarannya

Terdapat banyak sekali macam tanah yang pembentukannya di latar belakangi oleh banyak sekali macam kondisi iklim, cuaca, proses, dan lain sebagainya. salah satu jenis tanah yang sanggup di temui yaitu tanah kapur. Namun apa itu tanah kapu ? bagaimana ciri - cirinya ? apa keuntungannya ? dan dimana saja persebaran tanah kapur itu ? berikut yaitu penjelasannya

Terdapat banyak sekali macam tanah yang pembentukannya di latar belakangi oleh banyak sekali macam k Pengertian TANAH KAPUR, Ciri-Ciri, Manfaat, dan Persebarannya

Pengertian Tanah Kapur 
Secara umum, pengertian tanah kapur yaitu jenis tanah yang tidak mempunyai unsur hara (atau hanya sedikit) namun mempunyai tingkat basa yang tinggi sehingga tidak cocok untuk acara usahatani.
Proses pembentukan tanah kapur bermula dari pelapukan batuan kapur dari gunung, kemudian menjadi tanah berwarna putih. Nama lain tanah kapur juga sanggup disebut dengan tanah mediteran yang mempunyai makna tanah yang terbentuk dari bebatuan kapur yang yang telah lapuk dan hancur. Nama latin

Tanah kapur jarang dipakai dalam acara bercocok tanah atau usahatani. Namun, tanah ini umumnya dipakai untuk menetralkan tanah yang mempunyai tingkat kemasaman yang tinggi. Makara tanah yang masam sanggup di netralkan dengan cara pengapuran dengan tanah kapur atau tanah mediteran ini.

Ciri - Ciri Tanah Kapur
Tanah kapur merupakan jenis tanah yang berbeda dengan jenis tanah - tanah yang lainnya. Hal tersebut di karenakan tanah kapur mempunyai ciri-ciri atau karakteristik tersendiri. Berikut yaitu ciri - ciri tanah kapur:
  • Tanah berwarna putih
  • Mengandung kalsium dan magnesium yang tinggi
  • Memiliki tingkat bantuan yang sedikit di bidang pertanian
  • Terbentuk dari pelapukan batuan kapur atau kerikil kapur yang sudah hancur
  • Sangat gampang untuk dilalui air
  • Sedikit atau Tidak mempunyai unsur hara (Tidak Subur)

Manfaat Tanah Kapur
Walaupun jenis tanah ini tidak mempunyai kandungan unsur hara di dalamnya, Namun tanah ini memliki tingkat basa yang cukup tinggi sehingga sanggup di manfaatkan untuk banyak sekali macam keperluan. Berikut yaitu manfaat - mafaat tanah masam dalam berbahai bidang :
  1. Dapat dipakai untuk pembentukan zat lemak dan perbanyakan kandungan minyak pada tumbuhan. Hal tersebut jenis tanah ini mempunyai kandungan Magnesium yang cukup untuk keperluan tersebut.
  2. Dapat di manfaatkan untuk budidaya beberapa tumbuhan yang karakteristiknya tidak memerlukan banyak air dalam proses tumbuh kembangnya. Seperti pohon jati dan komoditas jagung.
  3. Dapat di manfaatkan untuk materi adonan pasir dan semen yang selanjutnya sanggup dipakai untuk fondasi, tembok bangunan, dan lain sebagainya.
  4. Dapat di manfaatkan sebagai sarana penurun kadar keasaman pada tanah (tidak netral). Dengan pengapuran (pemberian tanah kapur) yang sesuai dosis sampai tanah menjadi netral kembali (PH=7). 
  5. Dapat dimanfaatkan sebagai pembasmi gulma. Hal tersebut dikarenakan tanah kapur memliki sifat panas apabila tercampur dengan air. 
  6. Dapat dimanfaatan untuk menyusun kembali dindin sel suatu tanaman. hal tersebut dikarenakan tanah kapur mempunyai kandungan kalsium (ca) yang berfungsi sebagai detoxification jaringan - jaringan tanaman.
Persebaran Tanah Kapur
Seperti yang kita fahami bahwa tanah kapur ini berasal dari porses pelapukan batuan kapur secara kimia maupun secara fisik. Tentunya, dimana terdapat gunung kapur (gunung karst), maka disitulah tempat dimana tanah kapur itu berada. Nah, ditemukan di beberapa lokasi di Indonesia yang mempunyai pegunungan karst, contohnya di: 
  • Sebagian tempat di Jawa Timur
  • Sebagian tempat di Kebumen, Cepu, Blora,
  • Pegunungan Kendeng (Jawa Tengah) 
  • Gunung Kidul (Yogyakarta) 
  • Nusa Tenggara Timur dan Barat Maluku 
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Tanah Kapur, Ciri-Ciri, Manfaat, dan Persebarannya yang kami rangkum dari banyak sekali macam sumber bacaan. Semoga bermanfaat dalam penyusunan materi makalah tanah kapur anda. Mohon maaf jikalau ada kesalahan dan terima kasih  telah berkunjung di situs kami. 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Tanah Kapur, Ciri-Ciri, Manfaat, Dan Persebarannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel