Pengertian Tanah Gambut, Karakteristik, Manfaat, Dan Persebarannya

Artikel tanah gambut - Salah satu jenis tanah yang sanggup kita temui di indonesia yaitu tanah gambut. Kita sering mendengarkan istilah "tanah gambut sulit untuk di gunakan untuk acara budidadaya". pertaanya yang sering muncul yaitu kenapa tidak sanggup dipakai budidaya ? Lalu, apa itu tanah gambut ? dan apakah tanah gambut subur atau tidak ? berikut yaitu penjelasannya.


Pengertian Tanah Gambut
Secara umum, tanah gambut yaitu jenis tanah yang terbentuk dari akumulasi materi - materi organik yang tercampur dengan lapisan mineral dan terendapkan. Memiliki kandungan materi organik yang tinggi yang terbentuk dari sisa - sisa tumbuhan yang belum sepenuhnya membusuk sebab kondisi lingkungan yang miskin hara dan jenuh dengan air. Tanah gambut berasal dari pelapukan sisa - sisa tumbuhan, lumut, sampai binatang - binatang yang sudah mati (bahkan yang mempunyai umur jutaan tahun).

Kata gambut berasal dari bahasa Banjar (Kalimantan) yang mana, disana terdapat banyak tanah gambut. Namun, tanah gambut mempunyai banyak nama yang bervariasi di banyak sekali macam potongan dunia, seperti  bog, moor, muskeg, pocosin, mire, dan lain-lain. Tidak hanya istilah gambut yang dipakai oleh masyarakat. Namun terdapat istilah lain yang juga dikenal oleh masyarakat, menyerupai muck yang ditujukan bagi tanah gambut dengan kadar materi organik 35 – 65 % .

Seperti yang sudah diketahui bahwa tanah gambut merupakan jenis tanah yang miskin akan unsur hara. Selain itu, tanah gambut juga mempunyai tingkat kejenuhan basa yang rendah, namun mempunyai tingkat kemasaman yang tinggi. Oleh sebab itu, diharapkan adanya pengapuran untuk menetralkan ph tanah biar tanah gambut tersebut sanggup dipakai untuk kebutuhan budidaya tanaman.

Karakteristik Tanah Gambut
Layaknya jenis tanah yang lain, tanah gambut juga mempunyai karakateristik / ciri - ciri tersendiri yang membedakan jenis tanah ini dengan tanah yang lain. Nah, berikut yaitu beberapa karaktersitik/ciri - ciri tanah gambut:
  • Warna tanah pada umumnya cokelat tua.
  • Merupakan tanah basah
  • Memiliki sifat asam yang tinggi 
  • Tersedia sedikit unsur hara
  • Lembek atau lunak 
  • Banyak terbentuk di wilayah rawa
  • Terbentuk dari materi organik (tumbuhan atau hewan)
Manfaat Tanah Gambut
Tanah gambut memilik kandungan basa yang rendah dan kandungan asam yang cukup tinggi. Kelebihan dan kekurangan tersebut sanggup kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan banyak sekali macam aktifitas. Adapun manfaat tanah gambut yaitu sebagai berikut:

  1. Menambah lahan pertanian, melalui cara pengapuran dengan tujuan menetralkan ph tanah. tanah yang netral akan sanggup dipakai untuk acara usahatani di bidang pertanian.
  2. Meningkatkan hasil produksi pertanian, tanah gambut mempunyai fungsi yang hampir sama dengan tanah humus yaitu menyuburkan tanah dan kandungan materi organik pada tanah gambut sanggup membantu pertumbuhan tumbuhan (hingga produksi meningkat). Seperti pada tumbuhan kedelai, jagung semangka, dan lain sebagainya.
  3. Membantu dalam proses peremajaan hutan, dengan penggunaan tanah gambut hutan akan cepat rinbun dan lebat.
  4. Digunakan sebagai materi bakar, tanah gambut mempunyai kandungan bubuk yang baik untuk materi bakar dan kaya akan kalori.
  5. Digunakan sebagai alat pembangkit listrik, cukup umur ini tanah gambut mulai di manfaatkan untuk keperluan tenaga pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berbahan dasar gambut.

Persebaran Tanah Gambut di Indonesia
Kita kenal tanah gambut sebagai tanah yang lembab. Lahan gambut umumnya berada di dalam hutan yang mempunyai banyak tumbuhan dan spesies binang namun curah hujan cukup tinggi yang menyebabkan lembab.Tanah gambut ini biasnya terdapat pada lahan yang lembab dan berair atau jenuh air, menyerupai halnya cekungan, lembah maupun rawa- rawa. Namun berikut yaitu daftar luas lahan gambut yang tersebut di banyak sekali wilayah indonesia:


Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian TANAH GAMBUT, Karakteristik, Manfaat, dan Persebarannya yang kami rangkum dari banyak sekali macam sumber bacaan. Semoga bermanfaat dalam penyusunan materi makalah tanah gambut anda. Mohon maaf kalau ada kesalahan dan kekurangan. dan terima kasih telah berkunjung. 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Tanah Gambut, Karakteristik, Manfaat, Dan Persebarannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel