Pengertian Stratifikasi Sosial Dan Jenis Stratifikasi Sosial (Lengkap)

Pengertian stratifikasi sosial ialah  penggolongan atau pengelompokan setiap anggota masyarakat secara bertingkat atau secara vertikal. Pengertian lain dari stratifikasi sosial ialah pengklasifikasian anggota - anggota masyarakat yang di dasarkan pada status yang dimilikinya. Status yang yang sanggup kita gunakan dalam pengkalasifikasian sanggup berupa tingkat pendidikan, status kepemilikan tanah, kekuasaan, dan lain sebagainya. 

penggolongan atau pengelompokan setiap anggota masyarakat secara bertingkat atau secara ve Pengertian Stratifikasi Sosial dan Jenis Stratifikasi Sosial (LENGKAP)

Dalam kehidupan bermasyarakat, kita sering dihadapkan dengan anggota masyarkat yang beraneka ragam. Keaneka ragaman anggota masyarakat yang sering kita hadapi mempunyai tugas dan fungsi masing - masing lingkungannya. Peran dan fungsi dari masing - masing individu tersebut dipengaruhi oleh status kepemilikan yang dimiliki oleh setiap anggota masyarkat itu sendiri. Kita sanggup mengelompokkan keanekaragaman masyarakat tersebut dengan cara mengelompokkan secara bertingkat (vertikal). 

Pengertian stratifikasi sosial sanggup berbeda beda, namun pada dasarnya tetap sama. di bawah ini terdapat beberapa pengertian berdasarkan pendapat para jago yang sanggup dipakai sebagai refresnsi pengetahuan anda wacana stratifikasi sosial :
Staratifikasi sosial ialah hasil kebiasaan kekerabatan antar insan secara teratur dan tersusun sehingga setiap orang setiap dikala mempunyai situasi yang memilih hubungannya dengan orang secara vertikal dalam masyarakatnya. - Astrid S. Susanto
Stratifikasi sosial ialah sistem yang menempatkan seseorang sesuai dengan kualitas yang dimiliki dan menempatkan mereka pada kelas sosial yang sesuai.  - Bruce J. Cohen
Stratifikasi sosial ialah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hierarkis berdasarkan dimensi kekuasaan, privilege, dan prestise. - Robert M. Z. Lawang
Ketiga pengertian diatas mempunyai gaya sudut pandang yang berbeda namun pada dasarnya sama yaitu mengkalsifikasikan anggota masyarakat yang di dasarkan pada kualifikasi yang ditentukan kedalam lapisan - lapisan hirarki.


Jenis - Jenis Stratifikasi Sosial

#1. Stratifikasi Sosial Terbuka
Stratifikasi sosial terbuka ialah pengkalsifikasian sosial secara terbuka yang memperkenankan setiap anggota masyarakat untuk berpindah -  pindah dari satu tingkatan ketingkatan yang lainnya baik itu tingkatan yang lebih rendah atau tingkatan yang lebih tinggi. Contohnya ialah ibarat yang ada pada tingkatan dunia pendidikan, kekuasaan, jabatan, dan lain sebagainya. 

#2. Stratifikasi Sosial Tertutup
Stratifikasi sosial tertutup ialah pengkalisifikasian sosial secara tertutup yang tidak memperkenankan setiap anggota masyarakatnya berpindah - pindah tingkatan dari satu tingkatan ke tingkatan yang lain baik itu tingkatan yang lebih tinggi atau tingkatan yang ada di bawahnya. Contohnya ialah ibarat yang ada dinegara kita, pada sistem kasta pada suatu negara atau pada suatu kawasan yang dimana terdapat golongan aristokrat dan golongan masyarakat biasa.

Demikan ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Stratifikasi Sosial Lengkap dengan Jenis Stratifikasi Sosial yang kami rangkum dari aneka macam macam literatur. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Stratifikasi Sosial Dan Jenis Stratifikasi Sosial (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel