Pengertian Statistik Dan Statistika Yang Perlu Kau Ketahui

Pada dunia penelitian kita di hadapkan terhadap kata-kata gila yang mengkin kita tidak mengetahuinya. Salah satu kata-kata yang fundamental yang mungkin gila bagi kita yaitu kata-kata statistik dan statistika. Sekilas kita mengira pengertian dua kalimat tersebut mempunyai arti yang sama. Namun jikalau kita mengetahuinya dengan terang apa itu statistik dan statistika maka kita tidak akan resah lagi. Pada artikel ini kita akan membahas terkait dengan apa pengertian statistik dan statistika dan perbedaannya.

Pada dunia penelitian kita di hadapkan terhadap kata Pengertian Statistik dan Statistika yang Perlu Kamu Ketahui

Pengertian Statistika

Statistika ialah pengetahuan yang bekerjasama dengan cara pengumpulan data, pengolahan, penganalisaan, penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan yang cukup beralasan menurut data dan penganalisaan yang dilakukan. Dalam mempelajari statistika terdapat dua cara pendekatan yang pelu dilakukan yaitu :

1. Segi teoritis dan matematis yang memfokuskan pada rumus-rumus dan metode dari mana dalil tersebut bersal.

2. Segi manfaat dimana rumus atau dalil statistik dipakai untuk menganalisis data pada penelitian dengan tujuan memecahkan permasalahan. Sehingga dari segi manfaat tidak mempelajari dari mana asal rumus tersebut ditemukan.

Pengertian Statistik

Sedangkan yang dimaksud dengan statistik dinyatakan untuk menyataan kumpulan data, bilangan dan non-bilangan yang disusun dalam tabel atau diagram yang menggambarkan suatu persoalan. Makara dalam statistik terdapat 3 unsur pokok, yaitu :

1. Cara atau metode dan aturan-aturan untuk menyimpulkan dan menciptakan tabel atau grafik dari sebuat data. Misal grafik batang (Bar), grafik garis (Line)
2. Suatu cara atau metode dalam pengambilan keputusan.
3. Merupakan keterangan keterangan perihal sesuatu

Dalam statistik sendiri terdapat dua bab yang perlu dipahami dalam penelitian, yaitu:
1. Statistik Diskriptif ialah statistik yang membahas mengenai pengumpulan, pengolan, penyajian serta perhitungan nilai-nilai dari suatu data kemudian digambarkan dalam suatu tabel atau grafik
2. Statistik induktif ialah statistik yang mempelajari perihal bagaimana pengambilan 

Untuk lebih memahaminya, silahkan perhatikan vidio yang kami semat dari youtube, di bawah ini !

keputusan dilakukan dan sekaligus menginterpretasikan data yang sudah ada
Nah Gaes, Itulah Pengertian perbedaan statistik dan statistika yang perlu kau ketahui. Semoga bermanfaat dalam pembuatan kiprah makalah statistika anda dan terima kasih telah berkunjung di blog kami

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Statistik Dan Statistika Yang Perlu Kau Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel