Pengertian Pasar Secara Umum Dan Sifat, Bentuk, Jenis, Serta Fungsi Pasar

Pengertian Pasar - Sebelumnya telah disinggung bahwa, harga pasar suatu produk tidak hanya ditentukan oleh undangan  dan penawaran pasar, tetapi juga tergantung kepada jenis pasar itu sendiri. 

 harga pasar suatu produk tidak hanya ditentukan oleh undangan  Pengertian Pasar Secara Umum dan Sifat, Bentuk,  Jenis, Serta Fungsi Pasar

Pada dasarnya yang dimaksud dengan pengertian pasar secara umum ialah suatu organisasi (institution) atau tubuh yang menjalankan acara jual beli barang-barang dan/ jasa-jasa. Pengertian pasar dibatasi oleh produk yang homogen. Karena itu pasar banyak sekali, ada pasar beras, pasar emas, pasar tekstildan sebagainya.

Dari pengertian pasar secara umum di atas dapatlah dimaklumi bahwa pasar tidak harus selalu merupakan daerah atau bangunan tertentu, malainkan setiap korelasi yang terjadi antara pembeli dan penjual suatu produk tertentu dalam jangka waktu tertentu telah merupakan pasar, walaupun korelasi tersebut hanya dilakukan melalui alat komunikasi menyerupai telpon, telegram dan lain-lain. Sebagai pola contohnya ialah pasar valuta asing, pasar wesel luar negeri, dsb.

Sifat dan Bentuk Pasar
Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar sanggup diklasifikasikan menjadi dua macam, yaitu: 
  1. pasar dengan persaingan tepat (perfect competitive market) dan 
  2. pasar dengan persaingan tidak tepat (imperfect competitive market) sanggup dimasukkan ke dalam golongan pasar dengan persaingan sempurna. 
Jenis - Jenis Pasar
Jenis-jenis pasar yang termasuk golongan pasar dengan persaingan tak tepat antara lain ialah:
a. Monopoli murni (pure monopoly)
b. Persaingan yang monopolistis (monopolistic competition)
c. Duopoli dan oligopoli
d. Monopsoni

Untuk pembahasan setiap jenis pasar akan di bahas pada bab artikel lain

Demikian ulasan artikel terkait dengan Pengertian Pasar Secara Umum dan Sifat, Bentuk, Jenis, Serta Fungsi Pasar yang kami rangkum dari aneka macam macam literartur. Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kesalahan. 

Sumber: Hariyati, Yuli. 2007. Ekonomi Mikro. Jakarta: CSS.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Pasar Secara Umum Dan Sifat, Bentuk, Jenis, Serta Fungsi Pasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel