Pengertian Kontak Sosial, Macam - Macam, Bentuk, Dan Misalnya (Lengkap)

Pengertian Kontak sosial yaitu kekerabatan yang terjadi antara individu dengan individu lain yang merupakan syarat dari sebuah interaksi. Kontak sosial yang terjadi sanggup berupa sebuah percakapan, tatap muka,  berjabat tang, dan lain sebagainya. 

Pengertian Kontak sosial yaitu kekerabatan yang terjadi antara individu dengan individu lain Pengertian KONTAK SOSIAL, Macam - Macam, Bentuk, Dan Contohnya (LENGKAP)

Kontak sosial yaitu awal dari adanya sebuah interaksi, Tanpa adanya kontak sosial atau kekerabatan antara individu maka interaksi tidak akan pernah terjadi. Kontak sosial hanya akan sanggup terjadi kalau terdapat kesadaran untuk saling bekerjasama di antara individu dengan individu yang lain. 

Pelajar juga hal lain terkait kontak sosial !
Pengertian dan Perbedaan KEBUTUHAN dan KEINGINAN
Pengertian MASYARAKAT MADANI (Civil Society) Lengkap
KOMUNIKASI (Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Syaratnya)
KELOMPOK SOSIAL Mulai Dari Pengertian, Ciri, Contoh,
Pengertian Stratifikasi Sosial dan Jenis Stratifikasi Sosial

Kesadaran yaitu faktor pendukung utama terjadinya sebuah kontak sosial. Oleh alasannya itu, diharapkan adanya sebuah kesadaran untuk bekerja sama antara kedua belah pihak dalam kekerabatan tersebut. Saat ini, kontak sosial sangat gampang untuk di lakukan oleh kita meskipun tanpa kita duga. 

kontak sosial pada ketika ini sanggup belangsung dengan cepat dan mudah. Hal tersebut dikarenakan adanya derma sebuah teknologi yang semakin berkembang. tenologi yang sanggup dipakai untuk menunjang proses terjadinya kontak sosial ibarat Handphone, Internet, dan lain sebagainya.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sanggup menjumpai proses terjadinya kontak sosial yang kadang tidak kita sadari. dimanapun kita sanggup mengetahui adanya proses terjadinya kontak sosial, baik di rumah, sekolah, kantor, kampus, dan lain sebagainya. 


BENTUK KONTAK SOSIAL

Berdasarakan pengertian kontak sosial, sanggup di tarik suatu kesimpulan bahwa terdapat tiga bentuk kontak sosial yang mendasar. ketiga bentuk tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Perorangan : Contoh bentuk kontak sosial perorangan yaitu sering kita jumpai perilaku anak yang terbentuk jawaban adanya interaksi dengan ayah dan ibu dalam sebuah keluarga
  2. Perorangan dengan suatu komunitas dan sebaliknya : Contoh bentuk kontak sosial antara perorangan dengan suatu komunitas yaitu ibarat interaksi antara partai politik dengan kadernya. 
  3. Komunitas dengan komunitas yang lain : Contoh bentuk kontak sosial antara komunitas dengan komunitas lain yaitu ibarat dua perusahaan yang menjalin kolaborasi dalam pemasaran produk.

MACAM - MACAM KONTAK SOSIAL

Terdapat aneka macam macam kontak sosial yang di dibedakan menjadi beberapa bab ibarat kontak sosial berdaskan cara hubungannya, Sifat hubungannya, bentuk hubungannya, dan tingkat hubungannya. 

#1 - Kontak Sosial Berdasarkan Cara Hubungannya
Kita sanggup melihat terjadinya proses kontak sosial dengan meninjau dari cara hubungannya yaitu apakah hubungannya terjadi secara pribadi dan terjadi secara tidak langsung. kontak yang terjadi secara pribadi pada umumnya sanggup kita amati secara fisik ibarat berbicara, memukul, mencium, memperlihatkan instruksi dan lain sebagainya. 

sedangkan kontak sosial yang tidak pribadi sanggup kita amat dengan ada atau tidaknya mediator yang dipakai ibarat handphone, telergam, internet, dan lain sebagainya. 

#2 - Kontak Sosial Berdasarkan Sifat Hubungannya
Berdasarkan sisfat dari hubungan, kita sanggup mengetahui tiga maca kontak sosial yaitu kontak sosial antar individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. teladan dari kontak sosia antar individu ibarat tingkah seorang anak yang mempelajari kebiasaan orang dewasa. 

contoh kontak sosial antara individu dengan kelompok contohnya lomba desain blog antar siswa se-jember. sedangkan teladan kontak sosial antara kelompok dengan kelompok lain contohnya persaingan pemasaran produk X antara perusahaan A dengan perusahaan B. 

#3 - Kontak Sosial Berdasarkan Bentuk Hubungannya
Berdasarkan bentuk dari kekerabatan yang terjadi. kita sanggup melihat adanya kontak sosia. kontak sosial yang menurut bentuknya di bagi menjadi dua yaitu kontak sosial kasatmata (Mengarahkan pada suatu kerja sama) dan kontak sosial negatif (Mengarahkan kepada suatu pertentangan). 

Contoh yang kasatmata misalanya Seorang customer severis melayani konsumen dengan baik, dan teladan yang negatif contohnya Konflik permasalahan yang menjadikan pertikaian antara si A dan si B.

#4 - Kontak Sosial Berdasarkan Tingkat Hubungannya
Kontak sosial menurut tingkat hubungannya di bagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder. Kontak sosial primer yaitu kontak yang terjadi apabila orang mengadakan kekerabatan pribadi bertatap muda dan berhadapan secara langsung, contohnya orang yang saling berjabat tangan dan saling tersenyum. 

Sedangkan kontak sosial sekunder yaitu kontak sosial yang terjadi dengan memerlukan adanya sebuah perantara, contohnya berbicara melalui telepon.

Contoh Vidio Kontak Sosial



Demikan ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Kontak Sosial Lengkap dengan Contoh dan Macamnya yang kami lansir dari aneka macam macam literatur online. Terima kasih telah berkunjung dan agar artikel ini bermanfaat bagi anda. 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kontak Sosial, Macam - Macam, Bentuk, Dan Misalnya (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel