Pengertian Kekuatan Pasar Berguru Ekonomi Online


Kekuatan Pasar dari Penawaran (supply) dan Permintaan (demand)
•Di dalam ekonomi mikro modern pembahasan utama ialah supply, demand dan keseimbangan (equilibrium) pasar.
•PASAR DAN PERSAINGAN
•Suatu pasar ialah sekelompok pembeli dan penjual dari suatu barang dan jasa tertentu
•Istilah supply dan demand mengacu pada sikap insan yang saling berinteraksi satu sama lain pada suatu pasar.
•PASAR DAN PERSAINGAN
•Pembeli memilih demand
•Penjual memilih supply
•Pasar Persaingan
•Suatu pasar persaingan ialah pasar di mana terdapat banyak pembeli dan penjual sedemikian sehingga masing-masing mereka tidak punya efek besar pada harga pasar.
•Persaingan: Bebas dan Tidak Bebas
•Persaingan Bebas
•Produknya sama
•Sangat banyak pembeli dan penjual sehingga tidak ada pihak yang menguasai harga
•Pembeli dan penjual hanya sebagai peserta harga
•Monopoli
•Hanya ada satu penjual untuk banyak pembeli
•Penjual menguasai/mengontrol harga
•Persaingan: Bebas dan Tidak Bebas
•Oligopoli
•Sedikit penjual
•Tidak selalu terjadi persaingan ketat
•Persaingan monopolistik
•Beberapa penjual
•Produk yang tidak berbeda jauh/hampir serupa
•Setiap penjual sanggup tetapkan harga untuk produknya.
•DEMAND
•Jumlah undangan (Quantity demanded) ialah jumlah barang yang diinginkan dan sanggup dibeli oleh pembeli
•Hukum permintaan
•Jika semua faktor lain dianggap tetap maka jumlah undangan suatu barang akan berkurang jikalau harga barang tersebut meningkat.
•Kurva Demand: Hubungan antara Harga dan Jumlah Permintaan
•Demand Schedule
•Suatu tabel yang menunjukkan kekerabatan antara jumlah undangan suatu barang pada setiap harga.
•Catherine’s Demand Schedule
•Kurva Demand: Hubungan antara Harga dan Jumlah Permintaan
•Kurva Demand
•Adalah grafik yang menggambarkan kekerabatan antara jumlah undangan pada setiap harga suatu barang.
•Gambar 1 Demand Schedule dan Kurva Demand Catherine
•Permintaan pasar vs Permintaan Individu
•Permintaan (demand) pasar mengacu pada jumlah dari seluruh demand untuk barang atau jasa tertentu.
•Secara grafis, kurva undangan individu akan dijumlah secara horizontal untuk mendapat kurva undangan pasar.
•Pergeseran pada Kurva Demand
•Perubahan pada jumlah permintaan
•Pergerakan sepanjang kurva permintaan
•Disebabkan akhir perubahan harga produk.
•Perubahan Pada Jumlah Permintaan
•Pergeseran pada Kurva Demand
•Pendapatan konsumen
•Harga barang yang berhubungan
•Selera
•Pengharapan
•Jumlah pembeli
•Pergeseran pada Kurva Demand
•Perubahan pada demand
•Pergeseran kurva demand ke kiri atau ke kanan
•Disebabkan oleh perubahan apa pun yang merubah jumlah undangan pada setiap harga.
•Gambar 3 Pergeseran Kurva Demand
•Pergeseran Kurva Demand
•Pendapatan Konsumen
•Ketika pendapatan meningkat maka undangan untuk barang normal akan meningkat.
•Ketika pendapatan meningkat maka undangan untuk barang inferior akan menurun.
•Pendapatan Konsumen
Barang Normal
•Pendapatan Konsumen
Barang Inferior
•Pergeseran Kurva Demand
•Harga barang yang berhubungan
•Ketika penurunan harga suatu barang menurunkan jumlah undangan barang lain, maka kedua barang tersebut ialah barang substitusi.
•Ketika penurunan harga suatu barang meningkatkan undangan barang lain, maka kedua barang tersebut ialah barang komplemen.
•Tabel 1 
Variables yang Mempengaruhi Pembeli
•SUPPLY
•Jumlah penawaran (supply) ialah jumlah barang atau jasa di mana penjual bersedia dan bisa menjualnya
•Hukum Penawaran (supply)
•Ketika semua faktor dianggap tetap, jumlah penawaran barang meningkat saat harga barang meningkat.
•Kurva Supply: Hubungan antara Harga dan Jumlah Penawaran
•Supply Schedule
•Adalah tabel yang menunjukkan kekerabatan antara jumlah penawaran pada setiap harga suatu barang
•Ben’s Supply Schedule
•Kurva Supply: Hubungan antara Harga dan Jumlah Penawaran
•Kurva supply
•Adalah grafik yang menunjukkan kekerabatan antara jumlah penawaran pada setiap harga suatu barang.
•Gambar 5 Supply Schedule and Supply Curve
•Penawaran Pasar vs Penawaran Individual
•Penawaran pasar ialah jumlah dari seluruh penawaran individu dari penjual-penjual suatu barang atau jasa.
•Secara grafis, kurva supply individual akan dijumlah secara horizontal untuk mendapat kurva supply pasar.
•Pergeseran Kurva Supply
•Harga input
•Teknologi
•Pengharapan
•Jumlah penjual
•Pergeseran Kurva Supply
•Perubahan pada Jumlah supply
•Pergerakan sepanjang kurva supply
•Disebabkan oleh apapun yang merubah harga penawaran
•Perubahan jumlah Penawaran
•Pergeseran Kurva Supply
•Perubahan jumlah penawaran (supply)
•Pergeseran kurva supply ke kiri atau ke kanan
•Disebabkan oleh perubahan faktor-faktor lain selain harga
•Gambar 7 Pergeseran Kurva supply
•Tabel 2 Variabel yang mempengaruhi penawaran
•SUPPLY DAN DEMAND BERSAMA-SAMA
•Kesetimbangan (equilibrium) ialah situasi di mana harga mencapai tingkat di mana jumlah penawaran sama dengan jumlah permintaan.
•SUPPLY DAN DEMAND BERSAMA-SAMA
•Harga Kesetimbangan (Equilibrium Price)
•Harga yang menyeimbangkan jumlah penawaran dan jumlah permintaan.
•Pada grafik, ialah harga di mana kurva supply dan demand berpotongan.
•Jumlah Kesetimbangan (Equilibrium Quantity)
•Adalah jumlah penawaran dan jumlah undangan pada harga keseimbangan
•Pada grafik, ialah jumlah di mana kurva supply dan demand berpotongan.
•SUPPLY DAN DEMAND BERSAMA-SAMA
•Gambar 8 Kesetimbangan antara  Supply dan  Demand
•Gambar 9 Pasar Tidak dalam Keseimbangan
•Kesetimbangan/Equilibrium
•Surplus
•Ketika harga > harga keseimbangan, maka jumlah penawaran  > jumlah permintaan
•Terdapat kelebihan (excess) supply atau surplus
•Penjual akan menurunkan harga untuk meningkatkan penjualan
•Harga akan bergerak menuju keseimbangan
•Gambar 9 Pasar tidak dalam Keseimbangan
•Keseimbangan/Equilibrium
•Shortage
•Ketika harga < harga keseimbangan, maka jumlah undangan > jumlah yang ditawarkan
•Terdapat kelebihan (excess) demand atau shortage
•Penjual akan menaikkan harga akhir terlalu banyak pembeli dengan jumlah barang yang lebih sedikit, sehingga harga bergerak menuju keseimbangan.
•Keseimbangan
•Hukum Penawaran dan Permintaan (Law of supply and demand)
•Harga suatu barang akan mengalami pembiasaan semoga jumlah undangan untuk barang tersebut sama dengan jumlah penawarannya.
•Tiga Langkah Menganalisis Perubahan Kesetimbangan
•Tentukan apakah suatu tragedi menggeser kurva supply atau kurva demand atau keduanya
•Tentukan arah pergeseran kurva-kurva tersebut.
•Gunakan diagram supply dan demand untuk memilih imbas pergeseran terhadap harga dan jumlah kesetimbangan.
•Gambar 10 Bagaimana kenaikan Demand mempengaruhi Kesetimbangan
•Tiga Langkah Menganalisis Perubahan Kesetimbangan
•Pergeseran kurva vs pergerakan sepanjang kurva
–Pergeseran kurva supply disebut sebagai perubahan supply.
–Pergerakan sepanjang suatu kurva supply disebut sebagai perubahan jumlah penawaran (akibat harga).
–Pergeseran kurva demandi disebut sebagai perubahan demand.
–Pergerakan sepanjang suatu kurva demand disebut perubahan jumlah undangan (akibat harga).
•Gambar 11 Bagaimana Penurunan Supply Mempengaruhi Keseimbangan
•Table 4 What Happens to Price and Quantity When Supply or Demand Shifts?
•Kesimpulan
•Ahli Ekonomi memakai model supply dan demandi untuk menganalisa pasar persaingan
•Pada pasar persaingan, terdapat banyak pembeli dan penjual, masing-masing tidak punya efek pada harga pasar.
•Kesimpulan
•Kurva demand menunjukkan bagaimana jumlah undangan barang tergantung pada harga
–Hukum permintaan: saat harga barang turun, jumlah undangan naik, maka kurva demand bergradien negatif
–Selain harga, faktor-faktor menyerupai harga barang suplemen atau substitusi, selera, harapan, dan jumlah pembeli juga mempengaruhi jumlah demand
–Jika salah satu faktor tersebut berubah, maka kurva demand akan bergeser.
•Kesimpulan
•Kurva supply menunjukkan bagaimana jumlah penawaran suatu barang tergantung pada harga.
–Hukum penawaran: saat harga barang naik, jumlah yang ditawarkan juga naik. Maka kurva supply memiliki gradien positif
–Selain harga, faktor-faktor lain seperti: harga materi baku, teknologi, cita-cita dan jumlah pembeli juga mempengaruhi jumlah penawaran.
–Jika salah satu dari faktor tersebut mengalami perubahan maka kurva supply akan bergeser.
•Kesimpulan
•Keseimbangan pasar ditentukan oleh perpotongan antara kurva supply dan kurva demand
•Pada harga keseimbangan, jumlah undangan sama dengan jumlah penawaran.
•Perilaku pembeli dan penjual secara alamiah akan membawa pasar menuju keseimbangan.
•Kesimpulan
•Untuk menganalisa bagaimana suatu tragedi mempengaruhi pasar, dipakai diagram supply – demand
•Diagram tersebut menunjukkan bagaimana tragedi tsb mempengaruhi harga dan jumlah kesetimbangan.
•Di dalam ekonomi pasar, harga ialah sinyal yang memilih keputusan ekonomi dan tentunya alokasi sumber daya.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kekuatan Pasar Berguru Ekonomi Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel