Pengertian Forum Sosial, Fungsi, Contoh, Ciri, Jenis, Dan Bentuknya [Lengkap]

Pengertian Lembaga sosial adalah forum yang sering dikenal dengan forum kemasyarakatan yang yang mempunyai kiprah penting dalam menjaga dan mengatur pola serangkaian tata cara atau proseder yang ada yang dipakai untuk melaksanakan korelasi sosial dengan satu tujuan utama yaitu menjaga keteraturan hidup bermasyarakat. 

adalah forum yang sering dikenal dengan forum kemasyarakatan yang yang mempunyai kiprah  Pengertian LEMBAGA SOSIAL, Fungsi, Contoh, Ciri, Jenis, dan Bentuknya  [LENGKAP]

Pengertian lain dari forum sosial berdasarkan para andal yaitu suatu sistem norma yang meliputi tatacara, prosedur, gagasa, peraturan, sanksi, ketentuan, kegiatan yang merupakan hasil dari akad masyarakat itu sendiri. 

Pelajari juga artikel lainnya:
Pengertian Stratifikasi Sosial dan Jenis Stratifikasi Sosial

Tanpa kita sadari, bahwa kita sering mendapati forum - lembag sosial di sekitar lingkungan hidup kita. forum sosial yang ada di sekitar kita terbentuk dari adanya moral istiadat, norma, nilai-nilai, tata krama, dan masih terdapat unsur lainya yang membangun adanya forum sosial. 

Semua itu bermula ketika masyarakat mengakui dan menghargai dengan adanya norma - norma dan nilai - nilai yang kemudian akan ditaati dan diterapkan kedalam kehidupan sehari - hari. Ketaatan tersebut tidak akan gampang hilang begitu saja kalau sudah mendarah daging didalam diri masing-masing anggota masyarakatnya. 


PROSES TERBENTUKNYA LEMBAGA SOSIAL

Dalam forum sosial (lembaga sosial kemasyarakatan) terdapat hal - hal penting yang harus di pegang dan dipakai sebagai aturan. Aturan tersebut akan mengkita anggota masyarakat yang merupakan perwujudan dari proses pertumbuhan kelembagaan. Terdapat tiga syarat terbentuknya forum sosial yaitu: 
  • Pertama, Norma yang ada harus mengandung hukuman jera yang akan sanggup mengikat setiap anggota masyarakat. 
  • Kedua, Norma menjiwai di dalam hati seluruh anggota masyarakat. Ketiga norama sanggup diterima oleh masyarakat.

KARAKTERISTIK / CIRI - CIRI LEMBAGA SOSIAL

Sebelum mempelajari atau memahami keberadaan sebuah forum sosial dalam kehidupan sehari - hari, kita perlu memahami ciri - ciri dari forum sosal itu sendiri. Terdapat beberapa ciri - ciri dari forum sosial yang kami rangkum dari pendapat Gilin, Berikut yaitu uraian singkatnya:
  • Aktivitas setiap anggota masyarakat mencerminkan pola pikir dan perilakunya.
  • Sama halnya forum lain, Lembaga sosial ini mempunyai satu atau beberapa tujuan.
  • Memiliki komponen pendukung yang berbeda untuk pencapaian suatu tujuan itu sendiri.
  • Nilai, Norma, dan Budaya menjadi suatu tingkat kekalan khusus dalam forum sosial yang merupakan hasil proses percobaan dalam waktu yang relatif lama.
  • Menggunakan simbol sebagai lambang yang menggambarkan tujuan dan fungsi forum tersebut. 
  • memiliki tradisi yang tersirat dan tersurat.

FUNGSI DAN TUJUAN LEMBAGA SOSIAL

Setiap lebaga yang berdiri diantara masyarat baik lebaga non-formal atau lebaga formal mempunyai kiprah dan fungsi tersendiri, begitu juga dengan forum sosial. Terdapat beberapa kiprah atau fungsi dari forum sosial yang diuraikan menyerupai dibawah ini:

#1. Pedoman Masyarakat
Fungsi utama dari forum sosial yaitu sebagai fatwa yang sanggup dipakai oleh setiap anggota masyarakat untuk beretika, bersikap, dan berprilaku menghadapi atau menuntaskan permasalah yang ada dimasyarakat.

#2. Menjaga Keutuhan
Fungsi kedua dari forum sosial yaitu sebagai sarana untuk menjaga keutuhan masyarakat serta anggota yang ada di dalamunya. dalam menjaga keutuhan masyarakat diharapkan adanya norma atau nilai yang menunjukkan batasan, kewajiban, hak, dan wewenang bagi setiap anggota masyarakat tersebut.

#3. Sosial Kontrol
Fungsi ketiga dari forum sosial yaitu sebagai pengendali atau pengawas terhadap sikap, prilaku, dan tingkah para anggota yang ada dalam naungan forum sosial. Dengan begitu, maka akan terciptanya suasana kehidupan yang serasi dalam masyarakat tersebut.

Ketiga fungsi diatas yaitu fungsi yang khusus dan harus ada pada setiap forum sosial. Selain dari ketiga fungsi diatas, terdapat beberapa fungsi lain secara umum yang dimiliki oleh forum sosial. 
  • Pertama Fungsi kasatmata (disebut juga dengan fungsi manifes) yaitu fungsi dari forum sosial yang keberadaannya disadari dan di harapkan oleh masyarkat yang ada di naungan forum sosial tersbut. Contohnya menyerupai forum keluarga yang mempunyai kiprah sebagai kawasan sosialisasi norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat. 
  • Kedua Fungsi laten yaitu fungsi yang dimiliki forum sosial yang tidak disadari dan tidak menjadi keinginan utama bagi masyarakat (Kata lain dari fungsi lain yaitu fungsi yang tidak tampak). Contohnya yaitu forum politik yang dipakai hanya pada ketika pemilihan pemimpin.

JENIS - JENIS / MACAM - MACAM LEMBAGA SOSIAL

Perlu diketahui, bahwa forum sosial terbagi menjadi beberapa macam yang mempunyai kiprah dan fungsi masing - masing dalam kehidupan masyarakat. Beberapa macam forum sosial tersebut akan kami jelaskan dibawah ini :

#1. Lembaga Edukasi / Pendidikan
Lembaga edukasi / pendidikan yaitu forum sosial yang mempunyai kiprah untuk menunjukkan pengetahuan dan pengalaman melalui proses pendidikan dari tingkat dasar dengan satu tujuan yaitu untuk meningkatkan kualitas sdm dan merubah sikap individu kearah yang lebih baik. 

Terdapat beberapa fungsi yang dimiliki oleh forum pendidikan ini yaitu Sebagai sarana pengembagangan dan pelestarian kebudayaan masyarkat, sebagai kawasan pengembangan bakat, memperpanjang masa rama, dan masih banyak lagi fungsi dari forum edukasi ini.

#2. Lembaga Ekonomi
Lembaga Ekonomi yaitu forum sosial yang mempunyai kiprah dalam kegiatan - kegitan yang ada di bidang perekonimian. Fungsi utama dari forum ini yaitu menjaga biar kebutuhan pokok masyarakat aka sanggup dapat terpenuhi secara keberlanjutan. 

Fungsi lain dari lebaga keuangan yaitu sebagai fatwa dalam memilih harga barang yang akan dijual, sebagai fatwa dalam mendapat moda, sebagai fatwa dalam kegiatan perputaran ekonomi masyarakat, dan lain sebagainya.

#3. Lembaga Kebudayaan
Lembaga budaya yaitu forum sosial yang berperan untuk menjaga dan mengembangankan kebudayaan, seni, lingkungan, dan iman yang di miliki oleh masyarakat yang merupakan hasil dari cipta, karya, karsa masyarakat itu sendiri. 

#4. Lembaga Keagamaan
Lembaga keagamaan yaitu forum sosial yang mengatur kehidupan insan dalam beragama, baik agama islam, hindu, buda, kristen, katolik, dan agama lainnya. Tujuan utama dari forum keagaan ini yaitu menjaga kerukurnan antar umat beragama.

Namun juga terdapat fungsi lain yang dimiliki oleh forum keagaamaan menyerupai sarana pembantu dalam pencarian identitas moral, sebagai sarana peningkatan solidaritas kelompok, kohesi sosial, dan keramahan dalam beraul, dan masih banyka lagi fungsi dari forum keagamaan.

#5. Lebaga Politik
Lembaga politik yaitu forum sosial yang berperan penting dalam menunjang keberlansungan proses pembentukan, pembagian kekuasan dalam masyarakat sebagai proses pengambilan keputusan. Lembaga politik ini juga mempunyai beberapa fungsi lain menyerupai mengatur proses kegiatan politik, mewujudkna ketertiban di dalam maupun di luar negeri, dan mengupayakan kesejahteraan masyarakat secara umum. 

#5. Lembaga Keluarga
Lembaga keluarga yaitu forum sosial yang terkecil yang ada ditengah -tengah masyarkat. forum keluar ini terbentuk atas dasar adanya perkawinan dan korelasi darah. Terdapat aneka macam macam fungsi yang ada di dalam forum keluarga menyerupai fungsi ekonomi, fungsi produksi, fungsi proteksi, fungsi sosialisasi, fungsi afeksi, fungsi pengawasan sosial, dan fungsi santunan status. Seluruh fungsi tersebut akan memantu keluarga / rumah tangga dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.


CONTOH LEMBAGA SOSIAL KELUARGA

Keluarga yaitu unit sosial terkecil yang ada di dalam masyarakat. Keluarga meliputi ayah, ibu, dan anak - anaknya. Hubungan yang ada di dalam keluarga telah diatuar berdasarkan norma dan nilai yang ada sehingga masing - masing anggota keluarga mempunyai kiprah dan fungsi yang berbeda. Seperti pola anak yaitu keturuan dari kedua orang bau tanah yang di besarkan dan di didik oleh mereka. Anak mempunyai kewajiban untuk taat kepada orang tua.

Ayah yaitu seorang kepala rumah tangga dan juga sebagai tulang punggung keluarga. Ayah mempunyai kewajiban untuk memenuhi kebutuhan istri dan anak-anaknya. Begitu juga dengan ibu. 

Ibu yaitu pendamping dari kepala rumah tangga. dan Ibu mempunyai kewajiban untuk menjaga keutuhan dan keharmonisan rumah tangga. Selain itu, ibu yaitu kawasan pertama untuk bersosialisasi bagi si anak. 

Untuk lebih memahami pola forum sosial keluarga, berikut kami sematkan vidio perihal pola lemaga sosial keluarga dari situs youtube :


Demikian ulasan artikel kami yang membahas tentang Pengertian Lembaga Sosial Lengkap dengan Contoh dan Fungsi Serta Macamnya. Semoga bermanfaat bagi kiprah makalah kalian dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Forum Sosial, Fungsi, Contoh, Ciri, Jenis, Dan Bentuknya [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel