Pengertian Etika Lengkap Dengan Macam, Contoh, Dan Penerapannya

Pengertian etika ialah aturan sikap yang didasarkan atas kebiasaan insan bergaul dengan sesama manusia. Fungsi sopan santun ialah untuk menegaskan mana yang benar dan mana yang salah dalam kekerabatan atau pergaulan manusia. Etika pada umumnya didasarkan pada norma-norma, nilai-nilai, kaidah, dan ukuran bagi tingkah laris insan yang baik.


Pentingnya adanya etika dalam kehidupan insan ialah untuk menjaga keberlangsungan hidup,  menjaga keharmonisan dalam kelompok sosial, dan juga menjaga kekerabatan baik diantara masing-masing anggota sosial.  Etika sanggup dipakai sebagai pedoman yang mengatur sikap insan yang baik, yang harus dilakukan, dan sikap yang harus ditinggalkan. oleh sebab itu, sopan santun sangat penting bagi keberlangsungan hidup insan dalam bermasyarakat.

Macam - Macam Etika dalam Kehidupan

Perlu diketahui bahwa dalam kehidupan insan terdapat banyak sekali macam sopan santun yang sanggup kita golongkan menjadi dua, yaitu sopan santun deskriptif sopan santun normatif. Berikut ialah klarifikasi singkat dongeng deskriptif dan normatif: 

Etika deskriptif 

Pengertian Etika deskriptif ialah sopan santun yang dipakai dalam menelaah secara kritis dan rasional terhadap sikap dan sikap manusia, apa yang menjadi tujuan oleh setiap insan dalam hidupnya sebagai suatu yang mempunyai nilai tertentu. Oleh sebab itu Etika deskriptif sanggup dikatakan sebagai ketiga yang dipakai dalam mengkritisi atau menilai seseorang dalam kehidupannya. 

Etika normatif 

Pengertian sopan santun Normatif ialah sopan santun yang menetapkan banyak sekali nilai Sikap sikap yang cocok ideal dan sudah seharusnya harus dimiliki oleh setiap individu masyarakat atau apa yang harus dilakukan oleh individu masyarakat tersebut dan tentunya mempunyai nilai dalam kehidupan. Oleh sebab itu sanggup disimpulkan bahwa sopan santun normatif merupakan sopan santun yang menuntun sikap insan semoga bertindak secara baik, sesuai dengan kaidah atau norma yang telah berlaku atau disepakati dalam masyarakat tersebut.

Perkembangan dan Penerapan Etika

Dalam kehidupan kita akan terus berkembang dan akan menghipnotis kehidupan manusia. Etika akan memperlihatkan citra atau orientasi kepada kau siap bagaimana beliau akan menjalani hidup dan melewati rangkaian-rangkaian tindaka dalam kehidupan sehari - hari.  Hal tersebut menginterpretasikan bahwa sopan santun sanggup membantu insan untuk mengambil sikap dan bertindak secara sempurna dalam menjalani hidup. Etika bersifat flexible, sanggup diterapkan dalam segala aspek atau sisi kehidupan kita.  Wujud dari penerapan sopan santun dalam  aspek kehidupan, misalnya etika bisnis dalam perusahaan, sopan santun pergaulan, sopan santun berbicara, sopan santun lingkungan,  dan lain sebagainya. 

Etika Bisnis

Pengertian sopan santun bisnis ialah aturan yang ada dalam kegiatan bisnis. Aturan atau cara-cara tersebut didasarkan pada kebiasaan-kebiasaan yang telah ada dan  yang telah dinilai baik oleh dominan kelompok dalam kegiatan bisnis tersebut.  Aturan yang ada dalam kegiatan bisnis meliputi seluruh aspek yang berkaitan dengan individu perusahaan dan stake holder diluar kegiatan bisnis. Contoh sopan santun bisnis  yang bisa dilakukan dalam kegiatan bisnis ialah ibarat menyebutkan nama lengkap, bangun ketika memperkenalkan diri, ucapkan terimakasih secukupnya, jangan duduk sambil menyilang kaki, mengirim ucapan terima kasih melalui email sehabis pertemuan kucing, dan lain sebagainya.

Etika Pergaulan


Pengertian sopan santun pergaulan ialah aturan-aturan perihal sopan santun dalam bergaul di masyarakat atau kelompok sosial. Aturan-aturan tersebut didasarkan atas situasi dan keadaan yang tidak melanggar norma-norma yang berlaku baik itu ialah norma agama, sopan santun istiadat, hukum, kesopanan, dan lain sebagainya. Pentingnya sopan santun dalam  pergaulan ialah untuk menjaga semoga tingkah laris insan sanggup diterima dan disenangi oleh masyarakat lain ada dalam kelompok sosial dalam pergaulan. Contoh sopan santun pergaulan yang sanggup diterapkan ialah ibarat contohnya bersikap sopan santun dan ramah, perhatian terhadap orang lain, toleransi dan rasa ingin membantu, dan bisa mengendalikan emosi diri.

Etika berbicara

pengertian sopan santun berbicara ialah aturan - aturan yang perlu dipakai pada ketika berbicara dengan lawan biacara, baik itu tua, muda, sebaya, kawan kerja, guru, dan lain sebagainya. Sama halnya dengan sopan santun dalam pergaulan diatas, sopan santun ini juga di dasarkan atas norma yang berlaku, namun lebih sepesifik kepada bagaimana seseorang itu berbicara yang baik sanggup diterima. Contoh sopan santun bicara yang sanggup dipakai dalam kehidupan sehari - hari ialah ibarat berbicara dengan memakai bunyi yang terdengar terang namun tidak membentak, memakai tata bahasa yang baik dan benar, Tidak memakai nada bunyi yang tinggi, Menatap lawan biacara, dan pembicaraan gampang untuk dimengerti lawan biacara.

Etika Lingkungan

Pengertian sopan santun lingkungan ialah aturan - aturan yang dipakai dalam menjaga kelestarian lingkungan. Aturan ini di dasarkan atas pentingnya lingkungan yang berkelanjutan untuk menunjang kehidupan masa depan, selain juga juga kesehatan, keasrian, dan kelestarian juga termasuk dalam dasar dalam implementasi sopan santun lingkungan. Contoh sopan santun lingkungan yang gampang kita jumpai dalam kehidupan sehari - hari ialah ibarat tidak mengeksploitasi tamanan yang langka secara berlebihan, tidak memakai obat - obatan kimia secara berlebihan dalam budidaya tanaman, tidak mencemari lingkungan, dan lain sebagainya. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Etika Lengkap dengan Macam, Contoh, dan Penerapannya yang kami rangkum dari banyak sekali macam literatur terercaya yang kami bahas dengan memakai bahasa pribadi . Semoga bermanfaat bagi makalah anda dan terima kasih telah berkunjung. 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Etika Lengkap Dengan Macam, Contoh, Dan Penerapannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel