Pengertian Data Statistik Dan Data Mentah

Dalam statistic kita akan sering bertemu dengan yang namanya data statistic dan data mentah, namun bagi kau para pemula mungkin agak sedikit ambigu dengan apa itu data statistik dan apa itu data mentah. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas terkait dengan apa itu data statistik dan apa itu data Mentah ?.

Dalam statistic kita akan sering bertemu dengan yang namanya data statistic dan data menta Pengertian Data STATISTIK dan Data MENTAH

Pengertian Data statistik adalah data keterangan mengenai kasus baik berbentuk cirikhas, kategori, maupun bentuk bilangan atau angka. Sedangkan Pengertian data mentah adalah data yang gres dikumpulkan dan belum pernah sama sekali mengalami proses pengolahan apapun gaes. Nah itulah perbedaan dari data statistik dan data mentah yang ditinjau dari mana data tersebut berasal.

Data statistik dalam ilmu statistika terbagi menjadi dua jenis yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif merupakan data yang berbentuk bilangan angka – angka yang dan dalam data kuantitatif ini terdapat dua bab yaitu data diskrit ( data yang memiliki satuan lingkaran atau utuh) dan data kontinyu ( data yang memiliki satuan belahan dan satuan utuh.

Data kualitatif merupakan data berupa katetgori, sifat, atau ciri khas tertentu. Cara pengolahan datanya yaitu dengan cara mengumpulkan sendiri (data intern) yaitu data yang diperoleh dari sumber dalam obyek penelitian dan mengenai obyek yang diteliti tersebut. Cara pengumpulan data yang lain yaitu dengan memperoleh data dari sumber lain (data esktern) yaitu data dari sumber di luar obyek penelitian.

Nah gaes, itulah ulasana rinci terkait dengan Data Statistik dan Data Mentah yang kami rangkum dari aneka macam macam literatur dan biar lebih bermanfaat bagi kau gaes. Seteleh membaca artikel ini apakah ada yang ingin di tanyakan gaes?

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Data Statistik Dan Data Mentah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel