Pengertian Dan Tujuan Penelitian Berdasarkan Para Ahli, Secara Umum, Dan Ciri - Cirinya

Penelitian diartikan sebagai suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan tertentu. pengumpulan dan analisis data dilakukan dengan memakai metode - metode ilmiah, baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif, eksperimental atau non eksperimental, interaktif atau non interaktif. metode-metode ilmiah tersebut telah dikembangkan secara intensif melalui banyak sekali ujicoba, sehingga telah mempunyai mekanisme yang baku.

 diartikan sebagai suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistem Pengertian dan Tujuan PENELITIAN Menurut Para Ahli, Secara Umum, dan Ciri - cirinya

Penelitian harus dilakukan mengacu pada akar filosofinya. Hakikat filosofi yakni kebenaran yang diperoleh melalui berpikir logis, sistematis, dan metodis. metode penelitian intinya merupakan cara ilmiah untuk mendapat data dengan tujuan tertentu. setiap penelitian mempunyai tujuan tertentu. secara umum terdapat tiga sifat tujuan penelitian yaitu penemuan, pembuktian, dan pengembangan. 

Penemuan berarti hasil penelitian bisa menemukan sesuatu yang relatif gres wacana suatu pengetahuan tertentu. Pembuktian berarti hasil penelitian bisa menandakan adanya keragu-raguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu. Pengembangan berarti hasil penelitian memperdalam dan memperluas pengetahuan yang ada.

Pengertian Penelitian yakni suatu kegiatan atau kegiatan ilmiah yang di landaskan pada suatu metode yang dilakukan secara sistematis dan konsisten dengan sebuah tujuan yaitu untuk mengungkap kebenaran akan suatu ilmu pengetahuan yang di hadapi oleh insan atau peneliti. Penelitian sanggup dilakukan di segala bidang ilmu pengetahuan yang mencakup ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, ilmu agama, dan ilmu-ilmu lainnya. 

Pengertian Penelitian Menurut Pendapat Para Ahli

#1. Pengertian Menurut Sanapiah Faisal
Sanapisah memperlihatkan pendapat terkait dengan penelitian yang menyatakan bahwa Penelitian Adalah suatu Kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji dan menelaah suatu permasalahan atau problem memakai suatu metode ilmiah yang disusun sistematis. Harapannya yakni untuk menghasilkan suatu pengetahuan yang gres terkiat dengan ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial dan yang sanggup dipercaya kebenarannya.

#2. Pengertian Menurut Woody
Woody beropini bahwa Penelitian yakni suatu cara atau suatu metode yang diguanakan untuk menghasilkan sebuah aliran yang kritis. Penelitian ini mencakup pertolongan definisi dan redefinisi terhadap masalah, menciptakan formulasi hipotesis atau mengadakan uji coba yang sangat hati-hati atas segala kesimpulan yang diambil dalam memilih apakah kesimpulan tersebut sesuai dengan hipotesis.

#3. Pengertian Menurut Mohammad Ali
Menurut Mohammad Ali, Penelitian yakni metode atau cara yang dipakai untuk mengkaji dan memahami sesuatu permasalahan, melalui beberapa proses penyelidikan atau perjuangan dengan mencari fakta-fakta yang mempunyai hubungan dengan permasalahan tersebu, dan penelitian tersebut dilakukan secara hati-hati sehingga diperoleh pemecahan yang sanggup di pertanggung jawabkan.

Syarat dalam Kegiatan Penelitian

sebelum melaksanakan penelitian, hendaknya anda sebagai peneliti harus mengetahui persyaratan yang ada dalam kegiatan penelitian. syarat dalam kegiatan penelitian tersebut yakni sebagai berikut :

#1. Penelitian Harus Sistematis

Penelitian dilakukan dengan urut-urutan atau tahap-tahapan tertentu, mulai dari hal paling paling hal yang berifat umum hingg hal yang bersifat khusus atau hal yang bersifat sederhana sampai hal-hal yang bersifat kompleks dengan melalui tahapan atau metode yang sempurna hing mecapai suatu tujuan yang efisien dan efektif.

#2. Penelitian Harus Terencana

Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam suatu kegiatan yakni perencanaan. Begitu juga dalam kegiatan ilmiah menyerupai penelitian. Perencanaan dalam penelitian wajib adanya lantaran sebelum terjun pribadi ke lapang penelitia harus mempersiapkan konsep, metode yang digunakan, data yang diperlukan, dll.

#3. Penelitian harus Berdasarkan Konsep Ilmiah

Maksud dari poin atau syarat ketiga ini yakni penelitian harus sesuai dari apa yang telah direncanakan dan mengikuti tahapan yang telah di konsep di awal kegiatan penelitian. tidak hanya hanya tahapan namun juga metode penelitian yang digunakan, apakah termasuk dalam penelitian kualitatif atau penelitian kuantitatif.  Jika anda memakai penelitian kualitatif maka gunakan panduan penelitian kualitatif, dan kalau anda memakai penelitian kuantitatif maka gunakan panduan penelitian kuantiatif.

Tujuan Penelitan  

Tentunya dalam suatu kegiatan terdapat sebuah tujuan yang ingin di capai oleh subyek pelaksana sebuah kegiatan. Begitu juga dengan kegiatan penelitian. pada kegiatan penelitian terdapat 3 tujuan utama penelitian, Yaitu:


#1. Development (Pengembangan)
Penelitian development ini bertujuan untuk memperluas, memperdalam, menggali, dan membuatkan suatu permasalahan atau teori wacana suatu keilmuan menjadi spesifik dan mendalam yang sanggup dipakai untuk sarana pemecahan permasalahan ang ada di dalam masyarakat.

#1. Verifikatif (Pemeriksaan Kembali atau Pengujian)

Penelitian dengan jenis ini bertujuan untuk melaksanakan investigasi kembali terhadap suatu teori atau terhadap suatu hasil penelitian pada masa lampau. Dengan penelitian verifikasi ini akan diperoleh suatu haril yang akan sanggup memperkuat atau bahkan menggugurkan suatu teori atau hasil penelitian yang dihasilkan oleh peneliti lain di masa lampau.

#3. Eksploratif (Pencarian atau Penjajagan)

Penenlitian ini bertujuan untuk mencari atau menjajagi suatu pengetahuan yang bisa dianggap gres dikarenakan sebelumnya belum pernah ada pengetahuan tersebut. Biasanya penelitian dengan tujuan eksploratif ini menghasilkan teori-teori gres yang sanggup dipakai dan diaplikasikan kedalam ilmu pengetahuan di masa yang akan datang.


Ciri-Ciri dari Penelitian

Sama halnya dengan kegiatan yang lainnya, kegiatan penelitian pun juga mempunyai ciri ciri tersendiri yang membedakan dengan kegiatan yang lainnya . berikut yakni uraian beberapa ciri-ciri dari kegiatan penelitian:

#1. Penelitian Harus Memberikan Kontribusi
Tentu saja kegiatan penelitian harus memperlihatkan kontribiusi. kalau tidak apa gunanya suatu penelitian. penelitian harus mempunyai unsur bantuan atau nilai tambah. Sehingga harus ada hal gres yang ditambahkan dalam sebuah penelitian ilmu pengetahuan  yang ada.

#2. Penelitian Bersifat Ilmiah

Penelitian bersifat ilmiah artinya penelitian tersebut dalam menggali suatu ilmu pengetahuan selalu tidak lepas dari mekanisme penelitian itu sendiri (sistematis), menyertakan bukti-bukti yang empiris dan sanggup menyakinkan yang dihasilkan oleh peneliti secara obyektif. Selain itu penelitian juga bersifat rasional dan juga di dukung oleh data-data yang valid

#3. Penelitian Bersifat Analistis

kegiatan penelitian yang dilakukan mencakup pengamatan, peninjauan, analisis, dll yang harus diuraikan dengan memakai metode ilmiah dan ada hubungan lantaran  akibat antar variabel-variabelnya.

#4. Penelitian yakni Proses yang Berkelanjutan

Suatu kegiatan penelitian tidak habis dan berhenti sehabis peneliti telah selesali menciptakan laporan penelitian. namun peneliti juga harus bertanggung jawab atas sebab-akibat dari penelitian yang dihasilkan oleh peneliti tersebut. dan juga , di lain kesempatan penelitian tersebut juga bisa di kembangkan dan di verivikasi oleh peneliti lain di masa depan.

Demikian Ulasan artikel terkait dengan Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli Lengkap dengan Ciri, Syarat, dan Tujuannya. Semoga bermanfaat dan terima kasih .

Sumber: Agung W.K., dan Zarah P.2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta; Pandiva Buku

    Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Tujuan Penelitian Berdasarkan Para Ahli, Secara Umum, Dan Ciri - Cirinya"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel