Pengertian Dan Pola Kalimat Simpleks Dan Kompleks [Lengkap]

Pengertian Kalimat simpleks yaitu suatu susunan beberapa kata yang membentuk suatu kalimat yang didalamnya hanya terdapat satu struktur satu kata kerja utama yang berkedudukan sebagai predikat dalam struktur kalimat. Dalam kalimat simplek juga hanya terdapat satu pola kalimat yang terdiri dari Subyek, Predikat, dan Obyek. Karena kalimat ini hanya terdapat satu pola klimat, Maka kalimat ini sering disebut juga dengan Kalimat Tunggal. 

Pengertian Kalimat simpleks yaitu suatu susunan beberapa kata yang membentuk suatu kalima Pengertian dan Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks [LENGKAP]

Pengertian Kalimat kompleks yaitu  kebalikan dari kalimat simpleks, yaitu susunan beberapa kata yang membentuk suatu kalimat yang didalamnya terdapat lebih dari satu struktur kalimat dan satu kata kerja / verba utama. Pada umumnya kalimat simplek terdiri dari dua kata kerja utama yang di hubungakn oleh kata penghubungan yang biasa disebut dengan konjungsi. Hal tersebut menyebabkan kalimat jenis ini sering disebut juga dengan kalimat majemuk.

Dalam penggunaannya kalimat kompleks di bagi menjadi dua bab yang mempunyai ciri tersendiri dalam penggunaannya, yaitu kalimat kompleks paratatik dan kalimat kompleks hipotaktik

#1. Kalimat Kompleks Paratatik

Kalimat jenis ini yaitu salah satu jenis dari kalimat kompleks yang tersusun atas struktur kalimat, namun keduanya mempunyai arti atau makna yang setara atau sama. Kalimat jenis ini juga sering kita temua dalam banyak sekali karya tulis baik ilmiah maupun non ilmiah. Ciri-ciri dari kalimat ini selalu ditandai dengan adanya kata penghubung atau konjungsi menyerupai kata "tetapi", "dan", "atau" dan lain sebagainya. 

#2. Kalimat Komplkes Hipotaktik

Sama halnya kalimat jenis paratatik yang dibahas sebelumnya. kalimat ini yaitu kalimat yang tersusun dari dua struktur kalimat  yang mempunyai makna sejajar atau sama, namun digabungkan menjadi satu kalimat kompleks. Kita juga sering menjumpai kalimat jenis ini pada karya-karya tulis. Ciri-ciri dari kalimat ini biasanya di tandai dengan adanya kata "Jika", "ketika", "Apabila" dan lain sebagainya. 

Contoh Kalimat Simpleks

Tipepedia.net memperlihatkan konten yang berkualitas dan menarik.
Kalimat diatas merupakan teladan kalimat simpleks. kalimat tersebut hanya tersusun oleh satu struktur kalimat /SPOK (yang terdiri dari subyek, perdikat, dan obyek) dan hanya terdapat satu verb utama.  "Tipepedia.com" Berkedudukan sebagai Subyek, "Memberikan" berkedudukan sebagai predikat, "Konten" berkedudukan sebagai Obyek, dan "yang Berkualitas dan Menarik" berkedudukan sebagai Kata Keterangan. 

Contoh Kalimat Kompleks

#1. Contoh Kalimat Kompleks Paratatik

Malik menanam pohon mangga dan beliau rajin menyiraminya.
contoh kalimat diatas merupakan salah satu teladan dari sekian banyak teladan kalimat kompleks paratatik. teladan kalimat diatas tersusun atas dua struktur kalimat, namun keduanya mempunyai arti atau makna yang setara atau sama. 

#2. Contoh Kalimat Komplkes Hipotaktik

Malik akan berangkat ke rahmatullah jikalau malik mempunyai banyak uang. 
Kalimat diatas merupakan teladan dari kalimat kompleks hipotaktik. alasannya yaitu kalimat tersebut tersusun dari dua struktur kalimat, namun keduanya mempunyai arti atau makna yang berbeda.

Demikian ulasan artikel terkait dengan Pengertian Kalimat Simpleks dan Kompleks Disertai Contohnya yang kami rangkum dari banyak sekali literatur online. agar bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Pola Kalimat Simpleks Dan Kompleks [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel