Pengertian Dan Perbedaan Kebutuhan Dan Impian Serta Pola Kongkritnya

Kebutuhan dan Keinginan - Kita sebagai mahluk sosial yang hidup di dunia ini, tidak akan pernah lepas dari yang namanya sandang, papan, dan pangan yang di gunakan dan di konsumsi dalam setiap harinya. Kebutuhan dan harapan mendasari insting insan dalam menentuan jenis sandang, papan, papan yang bagaimana yang hendak di pilihnya. 

 Kita sebagai mahluk sosial yang hidup di dunia ini Pengertian dan Perbedaan KEBUTUHAN dan KEINGINAN Serta Contoh Kongkritnya

Buruk atau baiknya keputusan yang di ambil di pengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu pemahaman kita terkait dengan kebutuhan dan keingingan serta perbedaan dari kedua hal tersebut. Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya secara singkat. 

Pengertian Kebutuhan Secara Umum 

Secara umum, Kebutuhan yaitu segala sesuatu yang keberadaanya sangat penting bagi insan untuk sanggup melaksanakan aktifitas dalam kehidupan sehari - hari, baik itu sandang, papan, ataupun pangan yang sanggup menawarkan kepuasan, kesejahteraan, kecukupan, dan kenyamanan. 

Berdasarkan prioritas dalam kehidupan sehari - hari, kebutuhan menempati posisi utama dari pada kinginan. dan yang paling penting, kebutuhan tidak sanggup lepas dari kehipan sehari - hari seseorang. terdapat beberapa pendapat para hebat yang mendefinisikan kebutuhan. Pendapat tersebut yaitu sebagai berikut:

Pengertian Kebutuhan Menurut Para Ahli

Kebutuhan yaitu sebuah konstruk yang memperlihatkan “sebuah dorongan dalam wilayah otak” yang mengatur banyak sekali proses menyerupai persepsi, pikiran, dan tindakan dengan maksud untuk mengubah kondisi yang ada dan tidak memuaskan. -  (Murray, 1938).

Kebutuhan Terbagi menjadi terbagi menjadi beberapa hirarki, yang pertama kebutuhan fisik, kedua kebutuhan rasa aman, yang ketiga kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan yang terakhir yaitu kebutuhan aktualisasi diri. - (Abraham Maslow, 1970)


Berbeda dengan pendapat maslow, Gardner Murphy mengklasifikasikan kebutuhan menjadi 4 dasar, yaitu: pertama kebutuhan dasar, kebutuhan akan kegiatan, kebutuhan sensori, dan yang terakhir yaitu kebutuhan untuk menolak akan suatu hal yang tidak sesuai dengan kehendak pribadi. - (Gardner Murphy, 1990)


Pengertian Keinginan Secara Umum

Secara umum, Keinginan yaitu segala kebutuhan yang lebih dan keberadaanya tidak begitu penting bagi insan untuk sanggup melaksanakan aktifitas dalam kehidupan sehari - hari. Pemenuhan harapan sesorang bertujuan untuk mendapat esejahteraan, kecukupan, dan kenyamanan yang lebih dari cukup. Berdasarkan prioritas dalam kehidupan sehari - hari, harapan menempati posisi kedua sehabis kebutuhan. 

yang paling penting, harapan tidak akan besar lengan berkuasa penting terhadap kelangsungan hidup insan walaupun harapan tersebut tidak terpenuhi (setelah kebutuhan terpenuhi). terdapat beberapa pendapat para hebat yang mendefinisikan keinginan. Pendapat tersebut yaitu sebagai berikut:


Pengertian Keinginan Menurut Para Ahli


Pengertian Keinginan yaitu suatu satu perilaku yang berlangsung terus menerus yang memolakan perhatian seseorang, sehingga menciptakan dirinya jadi selektif terhadap objek minatnya. selain itu, perasaan yang menyatakan bahwa satu aktivitas, pekerjaan, atau objek itu berharga atau berarti bagi individu. Dan di dalam kondisi yang lain, satu keadaan motivasi, atau satu set motivasi, yang menuntun tingkah laris menuju satu arah (sasaran) tertentu (Kamus lengkap psikologi dalam Chaplin, 2008).

Dalam harapan seseorang terdapak hal hal yang mendasari antara lain adalah, adanya ketertarikan terhadap objek tertentu, adanya perasaan bahagia dalam diri yang menawarkan perhatian pada objek tertentu, adanya kecenderungan berusaha lebih aktif, adanya acara atas objek tertentu, objek atau acara tersebut dipandang fungsional dalam kehidupan, kecenderungan bersifat mengarahkan dan mensugesti tingkah laris individu. (Rast, et al on Mulyati, 2004) 

Definisi Keinginan secara umum yaitu sesuatu yang bekerjasama dengan daya gerak yang mendorong kita cenderung atau merasa tertarik pada orang, benda, kegiatan ataupun sanggup berupa pengalaman yang efektif yang dirangsang oleh kegiatan itu sendiri. - (Crow & Crow on Abror, 1993).


Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan


Sifat Dampak Tolak Ukur
Kebutuhan Objektif/ Penting/ Mengikat Manfaat Fungsi
Keinginan Tidak Harus / Subjektif Kepuasan Selera
Tebal diatas memperlihatkan bahwa kebutuhan yaitu hal yang harus di miliki oleh seseorang. Hal tersebut dikarenakan tingkat urgensi tinggi atau keberadaanya sangat penting bagi seseorang. Pertimbangan yang penting dalam memilih kebutahan yaitu manfaat dan fungsi suatu barang atau jasa yang akan di konsumsi oleh seseorang. 

Berbeda dengan kebutuhan, Keinginan menempati posisi lain, dimana harapan yaitu hal yang tidak harus di miliki oleh seseorang. Pemenuhan harapan umumnya selalu di dasarkan atas kepuasan yang bersifat pribadi dan cenderung menyesuaikan terhadap selera atas suatu hal. Keinginan yang bernilai negatif akan berdampak jelek terhadap seseorang, namun sebaliknya apabila Keinginan bernilai positif kalau pemenuhannya memberi nilai tambah atau memberi pemberian terhadap pemenuhan kebutuhan seseorang.


Contoh Kongkrit Kebutuhan dan Keinginan


Kebutuhan: Dalam beraktifitas kita membutuhan kuliner sebagai sumber energi. Dalam memenuhi kebutuhan makanan, kita cukup mengkonsumsi nasi putih, sayur, susu, dan lauk pauk yang sanggup menawarkan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh.

Keinginan: Dalam hal makanan, tidak hanya cukup kuliner yang memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh, Namun juga harus enak, lezat, dan banyak yang sanggup meningkatkan kepuasan seseorang dalam mengkonsumsi makanan. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian dan Perbedaan KEBUTUHAN dan KEINGINAN Serta Contoh Kongkritnya yang kami rangkum dari banyak sekali macam literatur. Mohon maaf bila ada kesalahan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Perbedaan Kebutuhan Dan Impian Serta Pola Kongkritnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel