Pengertian Dan Makna Shalat Berdasarkan Bahasa Dan Istilah (Lengkap)

Pengertian shalat menurut bahasa berarti d'oa / berdo/a. Adapun pengertian shalat berdasarkan istilah syara' yaitu melaksanakan sesuatu (beribadah / penyembahan) kehadirat Allah SWT dengan ketentuan-ketentuan / tata cara (ucapan-ucapan dan gerakan gerakan) yang khusus, diawali dengan mengucapkan Takbiratul Ihram dan diakhiri dengan salam.

 Adapun pengertian shalat berdasarkan istilah syara Pengertian dan Makna SHALAT Menurut Bahasa dan Istilah (LENGKAP)



Shalat merupakan kewajiban bagi setiap muslim (orang Islam) yang sudah mukallaf, yaitu orang yang sudah baligh (dewasa) dan pintar sehat. kewajiban shalat ini dilarang ditinggalkan sama sekali. artinya harus dikerjakan sendiri dan selama satu hari satu malam lima kali berdasarkan waktunya yang telah ditentukan.

Shalat merupakan ibadah yang paling pokok, alasannya yakni sebagai rukun Islam yang tidak sanggup ditinggalkan sama sekali dalam keadaan apapun selama orang itu masih mempunyai pikiran dan hati yang sehat. kecuali bagi para wanita yang sedang menstruasi, nifas dan wiladah / bersalin atau bagi pria dan wanita yang sedang junub.


Disamping itu shalat sebagai tiang agama. Barang siapa yang mendirikan shalat berarti ia mendirikan Islam dan barangsiapa yang tidak mendirikan shalat berarti merobohkan agama. Islam bagaikan suatu bangunan rumah, maka niscaya rumah itu ada tiangnya. dan apabila rumah tanpa tiang, tak mungkin rumah tersebut sanggup berdiri. demikian pula Apabila sebuah bangunan rumah lalu tiangnya ditebang atau dirobohkan, Sudah barang tentu rumah itu akan roboh.

Karena shalat sebagai rukun Islam dan ibadah yang paling pokok maka kelak di alam abadi yang pertama kali dimintai ditanya pertanggung balasan yakni shalatnya dan apabila shalatnya baik, maka akan baik pula amal-amal ibadah yang lain. dan Demikian pula sebaliknya.

Shalat merupakan salah satu media yang paling andal untuk berkomunikasi dengan Allah sebagai khaliq. alasannya yakni dengan shalat kita sanggup berkomunikasi dan bermanja-manja eksklusif kepada Allah Swt. dan dengan shalat pula kita akan menjadi orang yang higienis baik jasmani maupun rohani. higienis jasmani alasannya yakni setiap hari 5 kali Kita harus membersihkan tubuh dari kotoran. dan higienis rohaninya alasannya yakni 5 kali juga sehari semalam kita akan diampuni dosanya oleh Allah SWT. bahkan dengan sholat kita akan sanggup terhindar dari sesuatu yang Jember / kotor (fahsya) dan acara ingkar mungkar baik kepada Allah maupun kepada sesama manusia. biar kita sanggup terhindar dari itu semua maka sanggup kan lah kita berdoa:

اَللَّهُمَّ اِعْنِي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنُ عِبَادَتُكَ

Artinya: ya Allah karuniakanlah Pertolongan Mu kepadaku biar saya sanggup berdzikir bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya kepadamu

Demikianlah ulasan artikel kami terkait dengan pengertian dan makna shalat berdasarkan bahasa dan istilah semoga artikel ini sanggup menawarkan pemahaman secara mendetail perihal apa yang dimaksud dengan shalat dalam Islam Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan dan terima kasih telah berkunjung di blog kami

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Makna Shalat Berdasarkan Bahasa Dan Istilah (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel