Pembagaian Sosiologi Dan Duduk Masalah Pokoknya
Pembagaian Sosiologi
Secaragaris besar studi sosiologi dibagi menjadi tiga tahap, yaitu sifat dasar insan dan perkembangannya, interaksi manusia, serta adaptasi pada lingkungan.
Mensosialisasikan individu berarti menghubungkan seseorang dengan masyarakat. Hal tersebut inenunjukkan perlakuan atau persyaratan apa yang dituntut oleh masyarakat dan apa yang sanggup dilakukan seseorang dengan adanya masyarakat. Hal ini akan mengarah pada analisis atas perubahan personalitas atau kepribadian, tugas sebagai anggota kelompok dan penyebar kultur melalui keluarga dan forum lain, sebagai individu yang sanggup menyesuaikan din atau yang tidak sanggup rnenyesuaikan din pada pola sikap kelompoknya, sebagai individu yang turut serta dalam penyusunan kembali masyarakat. Manusia digambarkan sebagai orang yang patuh, pembawa, pencipta, dan dalang dan kebudayaan yang bisa menyelewengkan kebudayaan.
Masalah - Masalah Pokok Yang Tidak Bergantung Satu Sama Lain
Berikut ini akan diperlihatkan bebapa duduk kasus pokok yang tidak bergantung satu sama lainnya namun saling melengkapi.Perilaku kolektif dihubungkan dengan bangkitnya masyarakat gres dan unit-unit kemasyarakatan baru. Sejauh hal itu disusun atau dibuat dalam usaha-usaha kemasyarakatan dan kelompok-kelompok sosial untuk berbuat atau bertindak secara kolektif. Perilaku dan kebiasaan kolektif yakni gerakan dan organisasi yang bersifat sementara. Gerakan dan organisasi yang sifatnya sementara itu, melaksanakan kegiatannya sebelum tiruananya dilembagakan sebagaimana mestinya. Kebanyakan gerakan-gerakan sosial cenderung sanggup diakhiri oleh institusi-institusi dalamjarigka yang panjang.
Lembaga-lembaga sosial oleh sementara orang dianggap sebagai subjek dan ilmu sosial. Sosiologi yang tersusun sedemikian rupa cenderung diidenti-fikasikan dengan antropologi social atau etnologi. Etnologi yakni ilmu yang mempelajari kelembagaan dan sudut pandang evolusinya, sedangkan sosiologi mempelajari kelembagaan dan keterangan dan fungsinya yang kontemporer.
Kesukuan dan kultur memandang masyarakat dari sudut pandang etnologi. Sebagai suatu perkumpulan, dengan sifat fisiknya memiliki kekhususan yang sudah dibagi-bagi dalam banyak sekali kelompok yang berjauhan, yaitu kelompok besar dan kecil. Perangkat-perangkat kultur tertentu, menyerupai tradisi dan kebiasaan yang dimanfaatkan oleh kelompokk elompok individu untuk menyumbang pada kehidupan biar terus berlangsung. Begitu asosiasi dan peradaban insan berkembang maka kekuatan-kekuatan yang memisahkan dan yang tidak sanggup dielakkan membentuk dasar kenasionalan, kasta dan perbedaan kelas, cenderung merintangi perubahan yang diingini dalam organisasi dan susunan masyarakat.
Ekologi manusia dihubungkan dengan ragawi insan yang membedakan dan lingkungan kultur atau kelembagaan. Tatanan ekologi menjadi dewasa, sebagai jawaban adanya kompetisi dan kolaborasi yang secara kebetulan, timbul secara tidak terelakkan di antara individu dan orang-orang yang hidup bersama. Ekologi melihat masyarakat dan sudut pandang kependudukan, perkembangan dan penurunannya, penyebaran dan penempatannya. Dan sudut pandang ini, masyarakat timbul pertama-tama sebagai suatu tatanan biologis daripada tatanan peradaban atau moral.
Masalah-masalah sosial, atau yang sering disebut sebagai sosiologi terapan, berusaha memilih dan menguraikan secara mudah masalah-masalah sosial yang sedang terjadi. Agar terealisasi dengan efektifterlebih dulu perlu apresiasi terkena faktor-faktor sosial dasar yang membawa duduk kasus ini ke dalam eksistensinya. Bagian dan masalah-masalah social itu yakni kulminasi kebiasaan dengan pertimbangan yang lebih teoretis.
Masalah-masalah pokok tersebut tidak saling bergantung satu sama lain, namun saling melengkapi. Sebagai contoh, duduk kasus sosial sanggup timbul dan penyebaran penduduk pada tempat miskin atau kurang rindang (suatu faktor ekologi), di mana suatu suku bangsa yang kecil dijadikan samasukan akan perbedaan kasta (suatu faktor kesukuan dan kebudayaan). Mereka menghendaki adanya gerakan-gerakan masyarakat gres (penlaku kolektif) dan mengubah bentuk perwakilan masyarakat (lembaga-lembaga sosial). Semuanya itu berdampak pada sifat-sifat dan sikap kemasyarakatan dan para individu sebagai anggota kelompoknya masing-masing (pemasyarakatan para individu).
Sumber Pustaka: Bumi Aksara
Belum ada Komentar untuk "Pembagaian Sosiologi Dan Duduk Masalah Pokoknya"
Posting Komentar