Pedoman Pelaksanaan LDBI 2017

Pedoman Pelaksanaan LDBI 2017. Pada kesempatan kali ini, kami ingin membagikan informasi dan juga file Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia Tahun 2017. Bagi Anda yang sudah biasa mengikuti lomba debat bahasa Indonesia, silahkan saja mengikuti even lomba tahunan ini yang rencananya akan dimulai pada awal bulan maret 2017. Seleksi lomba akan diselenggarakan di tiap-tiap kabupaten/kota masing-masing, namun untuk  lomba tingkat nasional rencananya akan dilaksanakan di Daerah Ibukota Jakarta. 

 kami ingin membagikan informasi dan juga file Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indo Pedoman Pelaksanaan LDBI 2017

Download Pedoman Pelaksanaan LDBI 2017. Anda bisa mendownload Pedoman Lomba LDBI tahun 2017 pada link download di bawah. Namun, Anda juga dapat melihat beberapa cuplikan isi yang terdapat pada file Pedoman Pelaksanaan lomba tersebut. Pada file Pedoman lomba tersebut sudah dijelaskan detail mengenai persyaratan pendaftaran peserta lomba, hingga jadwal pelaksanaanya sudah terdapat pada file Pedoman pelaksanaan lomba LDBI yang dapat Anda download. Berikut ini merupakan cuplikan isi Pedoman Pelaksanaan LDBI; 


PEDOMAN PELAKSANAAN LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA (LBDI) JAKARTA 2017


KATA PENGANTAR

Globalisasi merupakan proses sosial dan alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara ke dunia yang semakin terikat satu sama lain dalam mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan mengesampingkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat. Fenomena ini memberikan tantangan bagi generasi muda untuk terus meningkatkan kompetensi.
Globalisasi mengharuskan generasi muda untuk bersaing dalam berkomunikasi secara universal, namun kemampuan analitis dan berpikir kritis menjadi sebuah kemampuan yang juga tidak dapat dikesampingkan lagi.
Peningkatan kompetensi dan keterampilan ini sejalan dengan semangat implementasi kurikulum 2013. Salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan kompetensi tersebut adalah dengan mewadahi siswa, dalam hal ini peserta didik SMA, dengan
kegiatan positif yang memacu semangat berkompetisi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan melalui bakat/minat, antara lain adalah dengan melaksanakan kegiatan Lomba Debat Bahasa Inggris dan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Tingkat Nasional.

Kegiatan LDBI yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 di Provinsi DKI Jakarta ini bertujuan untuk melatih peserta didik SMA agar terbiasa berpikir kreatif, analitis, dan mampu berkomunikasi secara efektif serta menyampaikan argumenasi di depan publik dengan bahasa Indonesia yang baik serta dapat menjadi modal yang baik dalam berkompetisi dalam persaingan yang semakin global.

Buku pedoman ini disusun dengan maksud memberikan gambaran pelaksanaan kegiatan, sehingga dapat digunakan sebagai acuan bagi pihak-pihak terkait yang membutuhkan informasi mengenai kegiatan  Lomba Debat Bahasa Indonesia(LDBI).
Semoga pedoman ini bermanfaat dan selamat berkompetisi.


LATAR BELAKANG
Sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, dampak dari demokrasi tidak selalu tampak dalam kebijakan yang dijalani pemerintah ataupun dalam kondisi yang terdapat di masyarakat. Untuk itu, diperlukan suatu masyarakat sipil yang aktif berpartisipasi dalam proses demokrasi, dalam hal menyuarakan pendapat, memberikan kritik membangun terhadap kebijakan yang tengah dijalankan, dan mengajukan solusi atas masalah-masalah sosial.

Lomba Debat Bahasa Indonesia(LDBI) merupakan lomba debat tingkat sekolah menengah atas yang mempunyai bakat dan minat dalam debat untuk memilih peserta yang terbaik. Peserta didik tersebut akan difasilitasi untuk mengembangkan kemampuan argumenasi, pemecahan masalah, dan penyampaian pendapat secara sistematis dan menarik. Seluruh kegiatan ini diharapkan dapat membangun kapasitas generasi muda Indonesia dalam berpartisipasi secara aktif dalam demokrasi dan pergaulan global.

TUJUAN UMUM
  1. Memperluas wawasan para peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) agar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, mampu bersaing secara kompetitif, berkomunikasi secara efektif, dan menyampaikan argumenasi di depan publik dengan Bahasa Indonesia yang efektif.
  2. Melatih peserta didik untuk menyampaikan pendapat dengan sistematis, dapat berpikir kritis kreatif analitis dan konstruktif, serta bersikap sportif.
  3. Membekali peserta didik sebagai anggota masyarakat yang potensial dengan wawasan pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi dengan baik melalui debat peserta didik.

TUJUAN KHUSUS
  1. Membangun antusiasme dan keinginan yang tinggi dari seluruh peserta untuk mengikuti perlombaan.
  2. Membangun kemampuan berpikir kritis, analitis terhadap isu-isu aktual yang sedang berkembang baik nasional maupun internasional.
  3. Membangun kesadaran dan kepedulian peserta didik akan pentingnya toleransi menghormati, kerja sama, dan perbedaan opini sebagai sikap yang harus tumbuh dalam demokrasi yang sehat.

PENGERTIAN
  1. Pendebat adalah tiga orang peserta yang mengikuti perlombaan.
  2. Ketua Panitia adalah orang yang mengatur jalannya perlombaan.
  3. Ketua Juri adalah seorang juri yang mengatur mekanisme penjurian.
  4. Wakil Ketua Juri adalah satu atau beberapa juri yang ikut membantu tugas Ketua Juri dalam penjurian.
  5. Juri Undangan adalah Juri yang diundang oleh lembaga penyelenggara LDBI.
  6. Juri n1adalah perwakilan juri guru yang berasal dari tim peserta LDBI.
  7. Tabulator adalah orang yang bertanggung jawab terhadap tabulasi penilaian dalam perlombaan.

KRITERIA PESERTA LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA
  1. Peserta LDBI adalah Warga Negara Indonesia.
  2. Pendebat adalah peserta didik aktif (kelas X, XI, XII) di SMA/MA negeri atau swasta yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Pelajar (KTP).
  3. Satu tim wajibterdiri atas tiga pendebat dan satu Juri N1.
  4. Satu tim debat adalah kumpulan pembicara terbaik yang terseleksi di tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsijuri n1adalah gurudari sekolah asal pendebat.
  5. Pendebat wajib mengikuti seminar debat dan juri N1 wajib mengikuti seminar penjurian.
  6. Anggota tim tidak boleh diganti dengan alasan apa pun.

TAHAPAN SELEKSI LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA
Tingkat Sekolah
Setiap sekolah mempunyai kewenangan untuk menentukan satu tim debat. Satu tim terdiri atas tiga peserta didik sebagai pendebat dan satu orang guru sebagai juri n1 yang selanjutnya berhak untuk mengikuti Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota.

Tingkat Kabupaten/Kota
Setiap Kabupaten/Kota mempunyai kewenangan untuk menentukan satu tim debat yang nantinya akan mewakili Kabupaten/Kota ke perlombaan Tingkat Provinsi. Tim debat tersebut harus diambil dari tiga pembicara terbaik hasil Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota dan satu orang guru sebagai Juri N1.

Tingkat Provinsi
Seleksi Tingkat Provinsi dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi. Satu tim debat terbaik provinsi akan berlomba di Tingkat Nasional. Tim debat tersebut harus diambil dari tiga pembicara terbaik hasil seleksi tingkat provinsi dan satu orang guru sebagai Juri N1.

Tingkat Nasional
Seleksi Tingkat Nasional akan diikuti oleh para pemenang tingkat provinsi se-Indonesia yang berjumlah 34 tim. Semua peserta berjumlah 136 orang yang terdiri atas 102 peserta peserta didik pendebat dan 34 guru Juri N1.

KRITERIA PENILAIAN
ISI
Isi adalah logika argumenasi yang disampaikan oleh para pembicara, terlepas dari gaya bicaranya. Isi dinilai dari kekuatan logika, relevansi argumen, dan penggunaan data-data yang terkait dengan topik debat. Sanggahan terhadap argumenasi lawan juga bobot yang sama dengan argumen, yang harus dibuktikan logika serta relevansinya.

gaya
Gaya adalah cara pembicara menyampaikan argumenasinya, menyangkut bagaimana pembicara mengontrol sikap tubuh, volume suara, kontak mata, dan variasi ekspresi untuk membuat pidatonya menarik dan enak didengarkan.

Strategi
Strategi menyangkut bagaimana pembicara memanfaatkan waktu yang diberikan dengan baik dan menggunakan strategi pembelaan dan perlawanan dengan baik. Struktur penyampaian juga termasuk dalam strategi.

JADWAL KEGIATAN LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA TAHUN 2017

 kami ingin membagikan informasi dan juga file Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indo Pedoman Pelaksanaan LDBI 2017


Informasi selengkapnya bisa Anda download pada link download di bawah ini. Semoga file ini dapat bermanfaat dan membantu anda dalam mempersiapkan lomba. Selamat berkompetisi semoga berhasil dan mendapatkan juara.

 Link Download: 

Sumber http://www.arsipguru.web.id/

Belum ada Komentar untuk "Pedoman Pelaksanaan LDBI 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel