Past Perfect Continuous Tense (Pengertian, Pola Kalimat, Rumus, Fungsi) Lengkap

Secara sederhana, tenses berarti bentuk kata kerja yang mengatakan waktu. Penting sekali untuk mengetahui waktu dari tindakan atau acara dalam suatu kalimat itu terjadi ibarat present, past atau future. 

 tenses berarti bentuk kata kerja yang mengatakan waktu PAST PERFECT CONTINUOUS TENSE (Pengertian, Contoh Kalimat, Rumus, Fungsi) LENGKAP

Sebenarnya, ada empat bentuk waktu dasar (Four Fundamental Tenses) yaitu the present tense, the past tense, the future tense, dan the past future tense. semua bentuk yang lain berasal dari bentuk-bentuk waktu dasar. Pada bab ini akan dibahas lebih terang wacana past perfect continuous tense.

Pengertian Past Perfect Continuous Tense

Past perfect continuous tense (waktu sedang berlangsung selesai pada waktu lampau) merupakan kalimat yang dipakai untuk menyatakan perbuatan yang sudah dimulai dan berlangsung pada waktu lampau. dengan kata lain past perfect continuous tense merupakan bentuk kalimat yang sanggup dipakai untuk menyatakan suatu insiden yang mulai terjadi pada waktu lampau dan pada waktu lampau tertentu, juga pada waktu lampau insiden tersebut dalam keadaan terjadi atau berlangsung. 

Dalam hal ini, hampir sama dengan penggunaan past perfect tense. namun perbedaannya yakni bahwa past perfect tense dalam hanya mengatakan kontinuitasnya. sedangkan past perfect continuous tense, disamping menyatakan kontinuitas insiden tersebut, juga menekankan bahwa insiden tersebut sedang dalam keadaan terjadi (in action). Contoh kalimatnya yakni sebagai berikut:

  • I had been sleeping for two hours when i heard the explosion. - (saya telah sedang tidur selama dua jam saat saya mendengar ledakan tersebut)
Itu berarti bahwa saya sudah tidur selama dua jam sebelum mendengar ledakan tersebut dan waktu saya mendengar ledakan tersebut saya sedang tidur.

Rumus Past Perfect Continuous Tense

Layaknya macam - macam tenses lainnya. past perfect continous tense tense juga mempunyai dua rumus. yaitu rumus past perfect continuous tense ekspresi dan nominal. berikut yakni rumusnya:

Past Perfect Continuous Tense Nominal
Kalimat Rumus Contoh Kalimat Past Perfect Tense
Positif (+) S + had + been + nominal Malik had been a student for 3 years in 2015
We had been a team when you were a chairman
Negatif (-) S + had + not + been + nominal Malik had not been a student for 3 years in 2015
We had not been a team when you were a chairman
Introgatif (?) had + S + been + nominal had malik been a student for 3 years in 2015
had we been a team when you were a chairman
Past Perfect Continuous Tense Verbal
Kalimat Rumus Contoh Kalimat Past Perfect Tense
Positif (+) S + had + been + V1-ing/present participle Agus had been sleeping
I had been studying
Negatif (-) S + had + not + been + V1-ing/present participle Agus had not been sleeping
I had hot been studying
Introgatif (?) had + S + been + V1-ing/present participle Had agus been sleeping ?
Had I been studying ?
Fungsi Past Pefect Continuous Tense
Fungsi  Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense
Past perfect continuous tense dipakai untuk menyatakan suatu insiden panjang yang terjadi di masa lamapau sebelum insiden lain terjadi. We had been talking about him when he came in. (kami telah sedang membicarakannya saat beliau tiba)
I had been doing home work for 30 minutes when you called me. (saya telah sedang mengerjakan pekerjaan rumah saya selama 30 menit keti kau menelpon saya kemarin)
Past perfect continuous tense dipakai untuk menyatakan pemberitahuan berapa usang suatu insiden terjadi (period of time) atau berakhir pada waktu tertentu pada masa lampau. By the time the mother came, i had been dirnking a cup of tea. (pada waktu ibu datang, saya telah meminum segelas teh)
I had been doing my home work all day, and all i wanted to do was play game. (saya telah mengerjakan kiprah rumah sepanjang hari, dan yang ingin saya lakukan yakni main game.
Past perfect continuous tense digunakan dalam kalimat tidak pribadi (indirect speech) apabila penyataan dari the first speaker memakai present perfect continous. Doni remarked that anton had been sleeping when he had arrived.
He said that he had been joking about the price


Demikian ulasan artikel kami yang membahas wacana Pas perfect Continuous Tense mulai dari pengertian, pola kalimat, rumus, dan fungsinya secara lengkap, Semoga bermanfaat dalam pengembangan kemampuan bahasa inggris anda. Mohon maaf kalau ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Past Perfect Continuous Tense (Pengertian, Pola Kalimat, Rumus, Fungsi) Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel